Kenapa Saya Ngeblog?

Dalam dunia blogosfer, saya adalah pemula. Saya baru serius ngeblog baru beberapa bulan yang lalu. Memang archive blog saya menunjukkan postingan awal pada bulan Desember 2004, namun itu hanyalah sebatas catatan harian atau diary dan memang waktu itu saya belum tahu apa itu blog. Berangkat dari sini, saya tertarik untuk menjawab 9 pertanyaan dari Pak Budi Putra dalam rangkaian tulisannya tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula. Thanks Pak! Artikel yang bagus sekali.

BP = Dikutip dari blog Pak Budi Putra; GS = Saya

BP: Anda suka menulis?
GS: Saya sangat suka menulis. Bagi saya, menulis adalah satu cara untuk mengungkapkan isi dari otak maupun hati. Saya bisa mendokumentasikan apa yang saya pelajari hari ini (Siapa tahu saya membutuhkannya lagi kelak sehingga saya tidak perlu repot-repot belajar lagi), Saya juga bisa curhat tentang kisah cinta saya — saya adalah orang yang sangat terbuka, dalam curhat saya, saya bebas berperan apa saja, menjadi orang yang patah hati, melankolis, apa saja yang saya inginkan. Dan syukur, jika salah satu tulisan saya itu bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya akan senang sekali.

BP: Apa yang ingin Anda sampaikan?
GS: Saya ingin menulis tentang apa yang saya lakukan dan saya pelajari hari ini. Juga ide-ide yang kadang-kadang gila namun sayang jika pemikiran tersebut hilang ditumpuk pikiran lain esok. Kebanyakan isi blog saya adalah catatan harian dan dokumentasi tentang apa yang saya pelajari serta sedikit opini mengenai sesuatu hal.

BP: Anda tipe self-starter?
GS: Sangat! Saya suka mengutak-atik sesuatu yang baru. Saya mulai menulis catatan ini mulai dari CMS buatan sendiri, mulai berbasis ASP classic, pindah ke PHP, hingga ke JSP Struts, sampai akhirnya mentok di CMS buatan WordPress.

BP: Punya waktu dan bisa disiplin?
GS: Tentu saja. Jika ada sesuatu yang ingin ditulis, langsung saya tulis. Meminjam istilah Paman Tyo yang terkenal itu, terbit setiap sempat dan ingat, tanpa mengenal tenggat.

BP: Cukup Tahan banting?
GS: Saya hampir selalu berusaha membuat postingan yang tidak provokatif dan kontroversif ( πŸ˜€ bener nggak sih kata ini?). Hanya sesekali saja ketika saya ingin mendulang komentar di blog, saya baru menulis hal-hal yang memancing komentar kontroversial.

BP: Mau terus belajar?
GS: Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan dari blogosphere. Sangat sesuai dengan rasa haus saya untuk selalu mempelajari hal-hal yang baru. Jadi benarlah kata Pak Budi Putra, “Jika Anda punya eager untuk terus belajar, blogosfer adalah tempat yang cocok untuk Anda“.

BP: Suka membaca?
GS: Mungkin jika tidak ada buku di saat saya menganggur, saya akan kebingungan. Saya gandrung dengan kebiasaan membaca sejak kecil. Sejak baru bisa membaca, setiap makan saya selalu ditemani lauk yang wajib ada, yaitu tulisan apapun yang bisa dibaca, entah sobekan koran dari bungkus nasi, entah tabloid yang terbit tiga tahun yang lalu, entah novel yang telah dibaca lebih dari sepuluh kali, pokoknya harus ada sesuatu yang bisa dibaca.

BP: Anda jujur dan transparan?
GS: Dalam hal tertentu, saya sangat jujur namun juga sangat subjektif. Namun dalam hal lain, khususnya dalam topik melankolis, saya sendiri tak tahu apakah saya berperan menjadi seseorang yang lain dalam tulisan saya, ataukah orang dalam tulisan saya itu adalah saya sendiri, saya tidak tahu. Jadi jika ditanya jujur atau tidak, saya tidak tahu πŸ™‚

BP: Suka berjaringan?
GS: Hmm… Saya akan senang sekali mungkin jika blog ini bisa seterkenal bintang-bintang seleb blog di Planet Terasi dan Merdeka. Saya senang punya banyak teman, jadi saya akan selalu menjawab komentar-komentar di blog ini dan saya juga mulai rajin berkomentar di blog-blog lain. Go networking! Yo!

Ditunggu tips dan trik berikutnya, Pak Budi! πŸ˜€

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

9 comments

  1. 1. Anda suka menulis?
    hmmm, suka sih cuman suka bingung mo nulis apa πŸ˜€
    2. Apa yg anda ingin sampaikan?
    itu dia yg bikin bingung ;))
    3. Anda self starter?
    kemauan ada tp pelaksaannya kadang ga beres πŸ™
    4. Punya waktu dan disiplin?
    punya banyak waktu tp kadang ga disiplin πŸ™‚
    5. Cukup tahan banting?
    tergantung sekeras apa bantingannta πŸ˜€
    6. Mau terus belajar?
    maulah…
    7. Suka membaca?
    suka tp kalo yg berath2 ga masuk di otak πŸ˜€
    8. Anda jujur dan transparan?
    lg mencoba jujur n transparan πŸ™‚
    9. Suka berjaringan?
    suka…

    wah kalo jawabannya gini, belum serius ya ngeblognya? hehehe
    salam…

  2. Posting ini bagus sekali! Dengan mencoba menjawab pertanyaan dari posting blog lain, ternyata Anda berhasil membuat posting yang bagus juga. Posting semacam ini, menurut saya, Ò€œblog bangetÒ€!

  3. berperan dalam tulisan? hmmmmmm…………… kok bisa ya? aku justru mending berperan diatas panggung (baca ketemu orang lain) daripada di tulisan. Susaaaaaaaaah banget πŸ˜›

  4. blog itu sebenernya darimana sih..?
    sejarahnya orang nge-blog??
    bingung aku..

    lagi pusing mas,

    nb: tanya tentang java
    # kalo mau bikin konversi string huruf depannya aja diubah jadi kapital.
    >> contoh: input: nokia
    output: Nokia

    # pake method apa? package apa?
    # thx.

  5. #adji:
    Jika ingin tahu soal blog, buka aja blognya pak budi putra, yang komentar pertama di posting ini. kunjungi aja. Ada method toUpper yang menjadikan huruf kecil jadi huruf besar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *