Canon EOS400D versus Nikon D70

Ini juga posting buat melayani kangmasku yang lagi bingung milih kamdig DSLR yang mau dibelinya, Mbah Ronnie Muhadi. Maklum, begitulah kalau sudah kebanyakan duit, jadi bingung ;)). Review berikut ini bukan berdasarkan pengalamanku memakainya — secara gw ngga punya kamera SLR bo’! — melainkan comot sana dan comot sini beserta sedikit pengetahuanku mengenai kamera digital.

Menurutku, hal terpenting dari sebuah kamera bukanlah pada jumlah mega piksel-nya. Ini sudah merupakan kesalahan konsep secara umum. Tapi, seperti halnya mata, bagian kamera yang amat vital adalah terletak lensa, diafragma, dan shutter speed. Kita lihat satu per satu:

Lensa bawaan EOS adalah: Canon ZoomLens 18-55 mm. Lensa bawaan D70 adalah: Nikkor Lens 18-70 mm F3.5-4.5 G. Apa yang langsung terlihat mata di sini? Zooming EOS hanya sampai mata normal saja, terlihat dari maksimal lensa-nya yang 55 mm. Sedangkan zooming D70 bisa hingga 4x optical zoom. Artinya, jika kamu ingin memotret cewek idamanmu secara diam-diam dan mendapatkan ekspresi tercantiknya (ah.. tentu saja mata sayu, senyum menawan, dan wajah putih bersih dengan kerudung lembutnya…. @};- ), kau harus pakai D70, atau pakai EOS dengan lensa pinjaman ;))

Dalam dunia persilatan, Nikon terkenal dengan lensanya. D70 mewarisi kemapanan ini dengan kemampuannya dipasang dengan berbagai lensa. Tak harus Nikkor, D70 bisa dengan mantab dipadukan dengan lensa dari pihak ketiga (macam Sigma atau Tamron). Hebatnya, D70 bisa juga dipadukan dengan lensa Nikkor manual kuno untuk SLR-SLR tua. EOS tak bisa melakukannya (dipadu dengan lensa kuno).

Diafragma/Apperture

EOS memiliki jangkauan bukaan F/2.8 (wide) hingga F/32 (CMIIW). D70 memiliki jangkauan bukaan F/3.5 hingga F/32. Jangkauan apperture yang lebih lebar tentu saja membuat kita bisa membuat foto yang lebih bervariasi.

Shutter Speed

EOS memiliki shutter speed antara 30 detik (paling lambat) hingga 1/4000 detik. D70 memiliki shutter speed antara 30 detik (paling lambat) hingga 1/8000 detik. Mantabnya, D70 memiliki fitur Bulb, artinya kamu bisa membuka lensamu hingga 15 menit kalau kau mau. Aku sendiri suka menggunakan kecepatan Bulb ketika memotret Night Shot.

Well jadi bagaimana dong?

Secara kualitas dari sudut pandang SLR manual film, D70 jelas-jelas lebih berkualitas. Kemampuannya untuk membuat berbagai macam foto jauh lebih luas daripada EOS. D70 lebih “manual”. Asal tahu saja, Aku lebih puas jika berhasil membuat foto dengan mode manual daripada dibantu oleh kamera. Lebih susah, tapi orgasme-nya jauh berbeda. D70 tentu saja lebih sulit digunakan, tapi proses pembelajarannya untuk mendapatkan sense of photography akan lebih cepat dapatnya.

Canon EOS sendiri, dalam sisi teknologi dan fitur telah menghabisi Nikon D70 hingga ke akar-akarnya. EOS memiliki teknologi terdepan dalam melakukan focusing, shooting mode, dan metering. Rasanya, fotografer paling tak tahu fotografi pun bisa membuat foto yang luar biasa karena dibantu oleh fitur-fitur ini. Juga dalam olah digital gambar yang dihasilkan, Canon lebih jago.

Secara ergonomi, kurasa Nikon D70 jauh lebih enak dan nyaman dipegang daripada Canon EOS. Ketika dalam posisi “menembak”, D70 sangat nyaman dan bisa mengurangi shutter lag alias goyang-goyang. Meskipun keduanya jauh lebih nyaman daripada jika kamu menembak pakai Nikon FM10, kamera SLR manual film yang kuno itu 😀

Tambah bingung? Seterusnya sangat tergantung selera masing-masing individu kok. Juga lingkungan. Jika teman-teman dekat banyak yang pakai Canon, pilih saja Canon. Jika Nikon, pilih Nikon. Dalam perjalanan dan hunting bareng, akan ada banyak pengalaman dan berbagi tips dan trik jika kita menggunakan merek kamera yang sama. Apalagi soal lensa, kita bisa saling pinjem 😀

Aku sendiri jika disuruh memilih… akan memilh Nikon :p *dreaming… duwit soko ngendi Lih Lih….*

Update 7 Januari 2007:
Memenuhi request Bu Yuhana, ini dia skrinsyut (meminjam istilah ID-Gmail ) dua kamera itu. Gambar dari http://www.dpreview.com

Canon EOS400D
Nikon D70s
Canon ES 400D Nikon D70

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

22 comments

  1. Faktor kamera sih emang penting dalam dunia fotografi untuk menghasilkan jepretan-jepretan yang keren. Tapi ada satu lagi Lih, sense of art nya.. Aku punya temen, cuman modal Sony Ericsson K750i (kalo gak salah, yg kameranya 2 MP itu lho), tapi hasil jepretannya menohok banget.. keliatan banget unsur seninya.. cuman jadi ilfeel kalo gambarnya di-zoom, hehehe..

  2. #Budi:
    Yap tul.. duwite sopo? 😀

    #Buchin:
    Jangan-jangan webhostingmu cuma reseller?

    #Bugz:
    Yeah… yang penting bukan kameranya, tetapi… the man behind the gun B-)

    #d-nial:
    Maksudmu opo jeh??!? X(

  3. Duh, kapan yaa kebeli… (daydreaming..)

    Suka bete juga kalo ada yg kameranya bagus jadinya fotonya keren banget padahal sebenernya fotografernya gak jago2 amat. (sirik ajah gw :p)

    Soal sms, biarpun ada 60 perhari gw salin. Percaya gak? Dats why I luv being cewek 😀

  4. EOS memiliki jangkauan bukaan F/2.8 (wide) hingga F/32 (CMIIW)

    aparture itu tergantung lensannya..
    bukan kameranya.. kl shutter baru tergantung kameranya..

    sebenernya 400D itu penerusnya 350D
    jadi bukan kelasnya D70/D70s
    kl D70/D70s ini dulu bandingannya sm 20D yang sekarang
    penerusnya 30D..
    dulu bandingannya 350D sm D50..
    cm 400D keluaran baru.. dibanding D70s yang uda satu
    taun lebih..

    kl mau LSR murah ada tuh.. baru keluar lih..
    D40.. liat aja di jpckemang.com 😀

    yang paling penting ya man behind the gun.. 🙂

    oya.. kemaren sabtu abis hunting lho sm pak.was,
    pa.nunut,pak.suhadi sm pak.faisal, hunting ke kenjeran
    baru, lanjut ke nambangan, trus lanjut ke tambak wedi..

    salam..

  5. #dede’:
    Yap! butul de’, tapi maksudku di sini adalah spek yang pengen dibandingin mas ronnie kok, artinya lensanya juga bawaan pas menjual kamera itu (nikon vs canon lensa kit). maap jika ada ambiguitas. thanks buat tambahannya 🙂

  6. Hehe…Lucu artikelnya… Menghibur & informatif…
    Saya yang lagi nyari DSLR jadi agak punya pengetahuan…
    Hmmm…antara EOS400D ato D70….??….katanya, buat pemula yang masih oon kayak saya…mending 400D…hehe..
    Jadi beli gak yaaaa….

    Makasih infonya, berguna banget:)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *