Mengubah Layout Blog di Blogsome

Posting ini khusus aku dedikasikan mbakyuku di Cilacap yang bingung bagaimana mengubah layout blog. Ia punya account di blogsome. Protas-protes mlulu, padahal langkahnya semudah membalik telapak tangan loh. Baiklah, karena aku juga lagi nunggu kelahiran ponakanku yang pastinya cerewet kayak ibunya, aku kasih tunjuk neh caranya bagaimana. Dengerin yaa, Mbak Rena!

Langkah Pertama!

Diasumsikan bahwa kita sudah punya account di blogsome (Buset, Aku mesti bikin account dokterwatson.blogsome.com). Oke, sekarang kita masuk menu administrasi. Blogsome memakai engine wordpress (aku jadi bingung apa strategi diferensiasi blogsome dengan wordpress kalau begini — wait! bahkan versi wordpress-nya masih 1.5.x!). Neh screenshot-nya: Ini namanya Dashboard.

dashboard

Kemudian, pada panel navigasi sebelah atas (di kelompok tulisan Dashboard), di sebelah kanan tulisan Dashboard, ada tulisan Manage. Setelah itu halaman akan reload dan memunculkan submenu dari Manage. Klik pada bagian Themes. Screenshotnya kira-kira jadi seperti ini:

manage-themes-links

Nah, halaman tersebut berisi banyak ragam dan bermacam-macam tampilan layout (jika pinjam istilahnya Mbak Rena) atau jika menurut terminologi wordpress/blogsome disebut themes. Nah, Mbak Rena sendiri menggunakan theme default jelek bikinan Alex King. Nah, jika ingin mengubah, pilih-pilih theme yang tersedia, scroll sampai ke bawah jika perlu. Seperti aku, aku suka dengan desain layout Pink Lilies milik Naoko M. Desainnya manis kukira. Aku sampai pada halaman seperti di bawah ini:

milih theme

Kemudian, jika sudah sreg dengan layout yang akan dipilih, klik link Use This Theme di sebelah kanan gambar screenshot dari layout tersebut. Kamu akan disuguhi dialog konfirmasi yang memastikan bahwa kamu yakin memilih theme tersebut. Jika yakin, klik OK, jika tidak klik Cancel. Halaman akan reload jika kamu memilih OK dan memberitahumu bahwa theme baru tersebut telah diaktifkan. O iya, peringatan: segala macam kustomisasi atau perubahan theme secara hardcoded/manual dengan theme lama akan hilang (meskipun aku nggak yakin kalau blogsome punya fitur ini — aku belum dan tidak akan mencoba). Setelah itu, klik link View Site di sebelah judul blogmu yang besar itu (di kiri atas, gede mencolok mata kok, kebangetan kalau nggak tahu), dan pastikan bahwa wajah blog-mu di blogsome telah berubah.

Sampai di sini ada pertanyaan? Selamat mencoba!

Ini Lho tampilan blogku, klik buat memperbesar
Published
Categorized as Internet

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

18 comments

  1. sebelumnya trima kasih atas penjelasanmu sejauh ini …
    kalo yang ini dah tau.

    tapi gimana cara ngutak-atik gambar yang di atas (apa istilahnya?), trus ngubah tulisan yang ada di pinggir. misal “Archives” jadi “Tulisan” … “Most Recent Post” jadi “Paling Baru” … etc.
    trus, warna background keseluruhan, juga pernak-perniknya …
    yah, bisa dikatakan, bikin theme baru bikinan sendiri gitu, deh … gimana caranya???

    ih, jadi malu … gapteknya ketauan seantero dunia jagad maya ini … *tersipu*

  2. maaf…
    ni aq alul,pengguna baru blogsome. aku mau tanya nih? bagaimana cara lain kalo pengen dapet layout yang lebih bagus….

    trus kalo pengen ngubah font nya bisa gak ya??
    thanks!

  3. @Toekang Masak

    Gampang aja, kamu pilih aja template yg kamu inginkan : kamu bs liat di
    http://templatemania.blogsome.com/

    Download aja!!

    setelah download,
    u buka adminmu…..
    kemudian, pada panel navigasi sebelah atas (di kelompok tulisan Dashboard), di sebelah kanan tulisan Dashboard, ada tulisan Manage. Setelah itu halaman akan reload dan memunculkan submenu dari Manage. Klik pada bagian files.

    nah nanti ada file :
    index.txt isinya u replace khan ke index.html
    css.txt isinya u replace khan ke wp-layout.css
    post.txt replace khan ke post.html
    comments.txt replace khan ke comments.html

    dan file-file di folder images harus kamu upload pada menu UPLOAD.

  4. saya dah coba beberapa kali untuk ngganti layout blog, tapi gagal terus. tapi tak coba deh, cara yang di atas, tapi kayaknya rumit juga. smoga aja berhasil. tapi thanks banyak, buat bagi-bagi ilmunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *