Sinkronisasi Waktu pada Windows Server 2003

Jika komputer Anda terkoneksi dengan internet, agak sayang juga jika jam pada komputer Anda tidak sinkron dengan waktu standar dunia. Dengan protokol NTP (Network Time Protocol), Anda dapat membuat jam komputer selalu cocok. Utiliti ini sudah built-in pada Windows Server 2003 (sangat mungkin pula pada Windows NT dan Windows 2000). Hanya karena banyak sekali tool-tool windows yang well-hidden-documented (:P), utilitas berguna ini kerap terlewat dalam ingatan (klendran, kata orang Jawa).

Bagaimana detil tool ini? Seperti biasa, konfigurasi sinkronisasi disimpan dalam registry yang masing-masing adalah sebagai berikut:

  • HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Services/W32Time/Parameters/Type
    Handle ini mendefinisikan tipe protokol yang digunakan. Gunakan NTP daripada model default NT5DS.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Services/W32Time/Config/AnnounceFlags
    Flag ini menunjukkan bahwa komputer merupakan sebuah server waktu yang reliable. Ganti nilainya menjadi 5 (decimal-base).
  • HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Services/W32Time/Parameters/NtpServer
    Handle ini menunjukkan server waktu yang menjadi rujukan. Defaultnya adalah time.windows.com. Anda bisa mengubahnya dengan mengganti nilainya. Nilainya bisa berupa nama domain (misalnya: tock.usno.navy.mil) ataupun berupa IP Address (misalnya: 192.5.41.209).

Kemudian, setelah semua konfigurasi siap, buka command prompt dan restart Windows Time Services dengan perintah berturut-turut:

net stop w32time
net start w32time

Waktu akan langsung tersinkronisasi, namun belum sepenuhnya karena sistem service windows time. Biasanya akan tersinkron setelah satu atau dua jam. Jika Anda menginginkan langsung tersinkronisasi, langsung jalankan perintah ini:

w32tm /resync /rediscover

PS: Aku harus mensinkronisasi jam BIOS karena baru saja reset setting BIOS 😀

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 comments

  1. aku ada pertanyaan nih… 🙂 mungkin pakar-pakar disini bisa menjawab.

    Kebetulan di tempat kerjaku ada 3 server pakai windows 2000 semua. Semua jam komputer ke 3 server sudah sama, masalahnya jamnya nggak sesuai dengan jam kerja kantor. Bagaimana mengubahnya supaya sama semua (sinkron).

    Pernah server DC nya kuset sesuai jam kantor, eh ke dua server member lain beserta semua kompi client tidak bisa konek, karena waktu server domain tidak sesuai. Jadi kukembaliin jam ke semula, tolong nih.. aku butuh caranya karena akan kukembangkan aplikasi sesuai jam kantor.

    terimakasih sebelumnya…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *