Empuknya Suara Yamaha C-370

Sebenarnya jika urusan bermain gitar, aku tak pernah rewel tentang gitar yang aku pakai. Asal genjreng-genjreng dengan stem-an yang pas, sudah lebih dari cukup. Maklum, aku tidak terlalu pandai bermain gitar, hanya sekedar hobi dan pelipur kesepian.

Aku tak pernah punya gitar sendiri. Gitar pertamaku adalah sebuah gitar Osmond tua pemberian Paklik. Gitarku di rumah adalah Prince yang dibelikan oleh kakak waktu ia lulus dari STAN. Uang tabungan sisa-sisa hidup di Jakarta ia gunakan untuk membeli gitar ini. Nah, beberapa hari yang lalu, gitar Osmond legendaris itu telah purna bakti. Lem lehernya copot sehingga lehernya patah. Legendaris, karena gitar ini kupegang sejak aku SMP dan aku bisa nggenjreng sebuah gitar karena gitar ini.

Ketika akan memperbaiki gitar ini, aku ingat waktu masih belajar dulu, aku sempat berujar, “Jika kelak aku sudah bekerja, gaji pertamaku akan kubelikan gitar Yamaha!” Waah… gaji pertamaku kuterima kapan yah? hehehe…. ^__^ Berawal dari situ, akhirnya aku memutuskan untuk membeli sebuah gitar baru. Yamaha C-370. Senar nilon (Classic). Sudah bosan dengan senar string (Folk) karena dua gitar terdahulu itu memakai senar string. Ah, akhirnya… aku bisa juga beli gitar pakai keringat sendiri 🙂

Test drive dengan gitar ini: ENAK!! EMPUK!! Mungkin juga karena tidak pernah memainkan gitar Yamaha yang terkenal empuk itu, mungkin juga karena gitarnya yang benar-benar empuk, entahlah. Yang jelas, sensasi suara nilon dan dengung akustiknya begitu terasa (kempel orang Jawa bilang). Meski dentingan nada tingginya tidak sejernih dentingan Prince-ku di rumah, namun nada rendahnya sangat mantap, sangat khas gitar klasik. Tak satupun dari dua gitar terdahuluku yang memiliki suara bas seperti ini. Biasanya jika membunyikan nada bas ini, aku selalu menyamarkannya dengan dentingan nada tinggi agar basnya tidak terlalu terdengar cacat. Namun jika pakai gitar baru ini, aku bisa saja membunyikan nada rendah tanpa ikut campur nada-nada tinggi. Top Markotop!!


nggitar

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

9 comments

  1. Sudah lama aku meninggalkan dunia gitar menggitar, kalaopun di sugguhi gitar dan lirik lagu, aku masih sedikit yakin kalo aku bisa memainkannya 🙂

  2. Halo.

    Waduh, coba kamu beli yang YAMAHA c-390, suaranya lebih mantaap !!
    Dan yang penting, senar gitar nya harus yang merk SAVAREZ ! coba deh. selamat bergitar 🙂

  3. keren tuh yamaha c-370 suaranya enak banget di telinga(ngga ngrusak telinga, Hhe). Walaupun aku masih belajar tapi udah cocok sama gitar itu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *