Lika-Liku Perjalanan Itu

Saya diberi judul TA ini sebenarnya sudah sangat lama dan terkesan mencuri start yaitu pada akhir September 2005. Tertanggal 26 September 2005 adalah email laporan pertama saya pada pak RL. Saat itu masih sangat ngeblank dan kacau balau mau memulai dari mana.

5 Oktober 2005 adalah postingan pertamaku soal TA di blog ini.

10 Oktober 2005. Menerima email dari pak RL untuk diskusi hari kamisnya. Saat itu hari senin. Hari Kamis itu, Apa yang saya harus saya kerjakan mulai sedikit terkuak, Fractal Coding harus saya kuasai. Melihat saya kesulitan membaca paper utama yang terbit di jurnal IEEE Agustus 2005 itu, bapak memberi referensi lain, sebuah catatan kuliah dari Prof. Yuval Fisher dengan satu pasang kode untuk mengkompres citra berbahasa C murni. Tahun 1992.

18 November 2005. Mutung Episode I. Kode C punya Yuval tidak berhasil dijalankan! Nah lho.. bayangan gelap… pesimis bisa menyelesaikan TA ini tepat waktu… menyiapkan diri melepas gelar cum laude… Saya mulai mencoba menyusun kode sendiri, membaca JAI (Java Advanced Imaging) sampai setengah mampus karena tergiur di dalamnya ada class Histogram. Mulai melebar dari fokus…

30 November 2005. Kembali ke kode Yuval. Sedikit demi sedikit saya memetakan keanehan program ini. Meskipun tidak bisa dijalankan di komputer modern, logika berpikirnya masih bisa dipakai. Itu nasihat bapak.

22 Januari 2006. Menyadari bahwa saya tidak mungkin lepas dari notasi dan rumus matematik, saya habis-habisan membaca catatan Yuval yang penuh rumus itu. Saya tinggalkan sifat kurang sabar dan ingin segera menulis kode program. Saya baca baris demi baris dengan sabar. Sangat menyakitkan. 10 menit baca paper, 2 jam bermain-main. AC ITSnet saksi bisu bagian ini. Namun mulai titik inilah arah perjalanan ini mulai terlihat. Saya mulai mengerti konsep kontraktivitas, partisi quadtree, blok domain, blok range…

07 Februari 2006. Masih berkutat pada kode fraktal. Dengan email-email yang penuh bingung dan kacau. Dan pas bimbingan ke pak RL, saya agak salah tulis SMS (bernada mutung). Wah.. saya dimarahi habis-habisan (bukan dimarahi sih, tapi lebih ke dimotivasi).

Bulan Februari selain menyiapkan proposal TA adalah saat-saat mulek dengan kode fraktal. Akhirnya saya mengambil jalan lain. Saya tidak mampu membaca konsep algoritme dan membangun kode saya sendiri. Saya putuskan untuk “menjiplak” kode Yuval yang berbahasa C ke dalam Java. Karena kode Yuval tidak terjamin berjalan, saya mempertaruhkan waktu untuk ini. Tak sadar, ternyata sambil memprogram, saya semakin mengerti konsep fractal coding.

April 2006. Titik Terang Itu Mulai Terlihat. Kode fraktal Java saya berhasil berjalan. Akhir terowongan ini mulai terlihat. Setitik cahaya tampak jauh di depan. Yow!!

Mei 2006. Tiap hari bimbingan dengan pak RL. SMSan tak henti-hentinya seperti orang pacaran saja. Telepon seperti tidak mengenal waktu. Dini hari, larut malam, siang hari… Membahas inti permasalahan TA! Pengenalan pola dan pengenalan citra dan akhirnya membangun indeks pengenalan citra.

Program teknis TAku telah selesai.

Juni 2006. Setengah bulan pertama digunakan untuk testing dan sisanya hingga 30 Juni digunakan untuk menulis buku. Menulis buku juga tak kalah sulitnya dengan membangun TA itu sendiri. Sempat jatuh sakit beberapa kali karena terlalu memforsir tenaga.

Juli 2006. Dari beberapa email terakhir yang saya kirimkan, saya melaporkan sistem yang telah dipercantik untuk kebutuhan presentasi dan draft presentasi. Dengan persiapan yang matang, 24 Juli 2006 tampil mempresentasikan apa yang saya lakukan dengan penuh derita dan air mata ini. Alhamdulillah, semuanya lancar 🙂

Published
Categorized as TA/Kuliah

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

10 comments

  1. mo nanya2 ttg fraktal boleh ga?…aku mo bkn skripsi ttg pembuatan tekstur dengan pemrograman fraktal, tp msh blm ngerti algoritmanya, aku mo pake matlab. tengkyu…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *