Fenomena Blogging

Saya baru saja menambahkan dua link baru di blogroller blog dan daftar newsfeed pada agregator saya, yaitu Planet Terasi dan Merdeka.or.id. Dua link tersebut merupakan agregator blog online yang merangkum hasil tulisan banyak orang yang di-publish di blog mereka. Cukup bermanfaat untuk blog walking saat sarapan pagi-pagi saya kira, sarat akan informasi, hal-hal baru, hal-hal unik, ataupun guyonan khas blogger.

Menyaksikan fenomena blogging, sungguh merupakan hal yang sangat menarik untuk dicermati. Banyaknya situs yang menyediakan fasilitas blog dengan gratis dan mudah membuat rasanya semua orang yang akrab dengan internet memiliki blog. Apalagi ketika Friendster menambahkan fitur blogging pada layanannya, semua orang semakin semangat buat menulis blog, entah menulis puisi ataupun sarana curhat online. Saya sendiri agak tidak terlalu nyaman dengan Friendster, bagi saya, friendster merupakan sarana gratis buat bernarsis-narsis dan mejeng ria (hehe.. termasuk saya sendiri lho!). Oleh sebab itulah, saya telah memutuskan untuk menghentikan memposting entri yang memiliki kategori Melankolis pada blog ini dan memindahkannya ke friendster.

Saya sendiri tidak bisa lepas dari hiruk pikuk blogging ini, ketika saya memutuskan untuk mengubah Dear Diary pada homepage pribadi menjadi sesuatu yang mirip blog. Sebelum tahu blog itu apa, saya sudah menuliskan diary online, menceritakan kegiatan harian saya yang kebanyakan adalah patah hati karena seorang wanita yang amat dipuja. Orang mungkin akan mengira saya adalah orang yang sangat terbuka yang nyaris tidak memiliki rahasia. Hmm.. mungkin, tapi siapa yang menjamin bahwa saya menuliskan perasaan saya yang sebenarnya tanpa didramatisir?

Saya tidak mau jika saya disebut blogger. Tidak. Saya tidak tertarik untuk menjadi blogger. Saya hanya meneruskan kebiasaan saya menulis diary harian dengan gaya yang mirip blog. Karena itulah kenapa saya memilih membuat aplikasi blog sendiri yang berbasis Java daripada menggunakan WordPress dan semacamnya yang kaya fitur. Saya juga tidak berusaha blog ini terkenal, misalnya rajin berkomentar di blog-blog populer, atau memasukkan blog ini di database Technorati, atau membuat aplikasi yang mirip dengan WordPress sehingga menaikkan page rank. Saya hanya mencari kepuasan pribadi dengan menulis dan bermain-main dengan bahasa Java. Jika Anda menemukan halaman ini dan mendapat manfaat darinya, syukur Alhamdulillah. Tetapi jika Anda tidak suka, just go on and please don’t come back. Okay?

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

7 thoughts

  1. Salut dg pemikiran seorang galih…. yg begitu apa adanya.

    Seperti yg pernah aku utarakan beberapa waktu lalu, sebagian orang suka blusukan ke blog-blog pribadi dg harapan mereka bisa menggali 'cerita' pemikiran serta bentuk exception handler dari berbagai masalah yg seolah-olah dihadapi oleh sang penulis. Apa adanya, ataukah berbalik ratusan derajat sebenarnya merupakan hal yg wajar tertulis dalam suatu blog.

    Ali-asnawi pernah menulis; melatih pemusatan fikiran, penataan tata bahasa, itu salah satu alasan mereka spt itu. Mau alasan apapun, mau menggunakan speaker, friendster, jroller, atau sbuah pesan singkatpun sebenarnya tidak menjadi masalah. Anggep ae moco cerpen atau dongeng. Toh saya rasa banyak imaginasi yg kita daptkan dari sana asalkan kita mau pinter-pinter membaca cerita sang cerpenis tsb.// sik tak hapus lih!!! Kakean

  2. #1:
    Haha, betul sekali Ted. Namun demikian, ada orang yang tahu persis tentang diriku, yang selalu bisa membedakan mana yang kudramatisir mana yang bukan, yang tak lain dan tak bukan adalah orang yang menjadi tokoh utama tulisan-tulisan melankolisku… Forever in love with her… @};-

  3. public final class Writer{}

    public class Journalist extend Writer implements IMainStreamMedia {}
    public class Blogger extend Writer implements IGrassRootMedia{}
    public class Diarist extend Writer implements ITraditionalDiary{}

    public class Galih extend Diarist implements IGrassRootMedia{}

    Well, suffice to say that you're a blogger to me 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *