Piala Dunia dan Kenangan yang Dibawanya Padaku

Sehari lagi, ajang empat tahunan Piala Dunia 2006 digelar. Media sudah siap sedia menyambut gelaran besar ini, para gibol-gibol pun sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk melahap pertandingan demi pertandingan yang digelar di Jerman. Entah beli kopi satu kardus, entah menyiapkan camilan, beli receiver atau televisi baru, dll.

Aku sebenarnya bukan penggila sepak bola. Tapi aku jadi ingat, ajang piala dunia selalu bersamaan dengan masa-masa transisi penentuan masa depan. Piala Dunia 1998 adalah transisi dari SMP 2 ke Smuboy, piala dunia 2002 adalah yang paling kritis, karena itu adalah transisi dari Smuboy ke Teknik Informatika, dan yang sekarang adalah masa-masa akhir tugas akhirku sebelum aku maju sidang Juli nanti.

Well, Piala Dunia 2002 digelar pada saat hot-hotnya persiapan menghadapi SPMB 2002. Meskipun sedang semedi di kamar tidak pernah keluar namun aku tidak melewatkan event ini dengan menonton siaran langsung yang ditayangkan RCTI. Diagram jadwal pertandingan yang kusobek dari koran Jawa Pos aku pasang di dinding sebelah televisi, dengan jago Brazil sebagai juara dunia. Dan yang menarik, partai final digelar hanya berselang 3 hari sebelum genderang perang SPMB. Akankah partai final harus terlewatkan?

Teman-temanku sudah banyak yang berangkat jauh-jauh hari ke tempat ujian SPMB. Aku yang ujian di Universitas Negeri Malang (UM) memilih berangkat agak terlambat. Aku menonton pertandingan final Brazil versus Jerman yang berakhir dengan kemenangan Brazil dengan mutlak. Keesokan harinya, pagi-pagi, aku berangkat ke Malang menuju Jalan Jombang 10 (nomer rumahnya aku udah lupa), kos-kosanku untuk menginap di Malang selama SPMB. Siangnya sampai sana, setelah merasakan angin dan air Malang yang dingin, aku berangkat melihat-lihat lokasi tempat aku ujian. Kalo nggak salah ingat aku ujian di Fakultas Ekonomi.

Besoknya pagi-pagi sekali aku sudah menyiapkan seluruh jiwa raga untuk menghadapi event yang amat menentukan masa depan itu. Pilihan ada pada hari itu, apakah aku akan di dunia IT (Informatics), ekonomi (Depkeu STAN), ataukah nganggur dan mengulang tahun depan? Dan memang akhirnya aku sekarang ada di sini, sedang menulis blog, di dalam gemerlap dunia IT, Informatics ITS, dan sedang menunggu event Piala Dunia 2006 yang mungkin juga menjadi saksi masa transisi… ^_^

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 comments

  1. Edisi flashback ya? Kalo 2010 transisi juga?
    Saya malah gak pernah ingat momen piala dunia bersamaan dengan momen apa dalam hidup saya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *