Memformat Angka di Java

Jika kita biasa dengan C/C++, tentunya kita dengan mudah memformat tampilan variabel bertipe double atau float dengan menggunakan printf. Format yang ditampilkan bisa bermacam-macam, presisi bilangan di belakang koma, tampilan dalam heksadesimal, oktal, dll. Misalnya, printf( “%.2f”, var ) akan menampilkan variabel var yang bertipe float dengan presisi dua angka di belakang koma.

Bagaimana hal ini di Java? Hmm.. simpel juga kok. Ada kelas java.util.Formatter yang bisa bekerja mirip printf. Hanya dengan melakukan instansiasi objek ini dan memanggil method format, kita bisa mendapatkan String yang telah diformat. Listing contohnya ada di bawah ini:



Formatter format = new Formatter(); // instansiasi

// format 4 angka di belakang koma

String hasil = format.format( "%.4f", 123.12345 );

// print return value yang berupa String

System.out.println( hasil );

// bisa juga langsung print objeknya

System.out.println( format );

Keterangan lebih lanjut tentang format ini bisa didapatkan di manual-page nya printf (man 3 printf) karena gaya class ini memang meniru printf. Keterangan lebih lanjut mengenai class Formatter ini ada di Dokumentasi Online Java API. Oh hiya, sayang sekali class asik ini baru muncul di Java SDK versi 1.5 ke atas, jadi buat versi 1.4.x, cari cara lain yah!! 🙂

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *