File /etc/hosts di Linux dan Windows

Anda pengguna Linux atau keluarga Unix tapi sekaligus pengguna Windows? Jika ya, Anda pasti tahu atau paling tidak pernah mendengar tentang file /etc/hosts. File ini berisi daftar nama-nama DNS dan mapping ke IP Address yang berhubungan dengannya. File ini akan dihubungi sistem operasi terlebih dahulu sebelum sistem menghubungi DNS Server (tergantung setting). Jika daftar nama yang dicari tidak ada di file ini, maka sistem akan segera menghubungi DNS Server untuk menanyakan IP Address dari nama yang sedang dicarinya.

Untuk mengaktifkan model ini, buka file /etc/host.conf dan pastikan parameter order adalah hosts, bind. Sementara format dari file /etc/hosts adalah [IP ADDRESS] =TAB= [NAMA DNS LENGKAP] =TAB= [NAMA DNS PENDEK].

Tapi tahukah Anda, bahwa Windows juga memiliki file ini? Haha.. Anda kaget yah? Ternyata Windows juga memiliki mekanisme yang sama persis dengan yang dipunyai Unix/Linux, yaitu menyimpan local DNS berada dalam file yang ternyata namanya juga sama: hosts. Letaknya? Jauh dikubur dalam-dalam oleh si Windows: yaitu di %SYSTEMROOT%\system32\drivers\etc\hosts. Nama yang mirip bukan? Formatnya sedikit berbeda, yaitu [IP ADDRESS] =TAB= [NAMA DNS PENDEK] =TAB= [NAMA DNS LENGKAP].

Pertanyaannya? Kenapa letaknya jauh di dalam folder system32 yang hukumnya makruh untuk dilihat? Mungkin windows malu kali yah? ^__^

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *