Hunting di Hotel Yamato

Inilah salah satu bangunan yang paling bersejarah di kota Surabaya. Bisa menebaknya? Yap! Dari tiang benderanya, sudah ketahuan bahwa inilah Hotel Oranye, atau Hotel Yamato, atau sekarang menjadi Hotel Majapahit. Hotel inilah saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo dalam merebut kemerdekaan dari tangan Belanda, pada pertempuran heroik 10 November 1945, tepatnya tanggal 19 September 1945, ketika arek-arek Suroboyo merobek bendera Belanda yang terpancang di tiang itu, merobek warna birunya sehingga tinggal warna merah putih bendera kita, sebagai tanda perlawanan kepada Belanda.

Bangunan bersejarah ini aku kunjungi tadi malam, kelayapan di jalanan Surabaya untuk mengambil foto bertema city light. Dari seberang jalan, aku memasang tripod dan mengarahkan lensa ke Hotel ini. Arsitekturnya masih terawat dengan sangat baik, meskipun auranya agak aneh kukira. Pasti di dalamnya banyak hantunya, pikirku jahil. Bangunan tua, bersejarah lagi, apalagi kalau tidak menjadi sarang hantu, hehehe…

Aku menghabiskan sekitar dua jam di depan hotel ini dengan tingkah polah yang bikin satpam di seberang sana curiga. Jongkok, nungging, memicingkan mata, semuanya kulakukan demi mendapatkan view yang bagus. Maklumlah, kameraku berkemampuan terbatas, tidak bisa seenaknya saja seperti kalau pegang DSLR (kapan yah bisa punya kamera DSLR *dreaming…*).

Overall, aku puas sekali bisa mendapatkan foto hotel Yamato ini. Masih banyak bangunan-bangunan bersejarah di Surabaya yang menungguku. Acara penutup dari syukuran karena program TA-ku jalan selesailah sudah. Masih banyak pekerjaan yang menunggu. Cheers!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

  1. #mbak ren:
    kayaknya cara ngambilnya yang cantik deh mbak (sombong mode: on). yang jelas kelayapannya ngga sama cewek lah… sama cowoook…

    #om jon:
    TA ne durung mari mas, iki isik paruh pertama, ngono… ga po po toh lek dirayakne disik… ngge nambah semangat, wekekekeke….

  2. wah, bisa tuh dijadiin bad habit "kebiasaan kelayapan sama cowok" … kan jelek tuh …
    eh, tapi kelayapan sama cewek juga jelek deng yah …
    wekekeke …

  3. nggak sering kok.. apa asiknya berdua dengan cowok.. masih jauh lebih enakan berdua dengan cewek.. hehhe…. udah aku buat tu mbak… silakan dibaca :p

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *