Memperkenalkan, AJAX

Jika sekarang Anda membuka halaman depan homepage saya, Anda akan menemukan ikon loading untuk menunggu pengambilan headlines secara realtime selesai. Bagian itu terupdate secara asinkron tanpa harus merefresh keseluruhan halaman. Asinkron maksudnya, bagian itu dimuat secara terpisah dengan bagian utama, sehingga halaman utama bisa tampil dahulu tanpa menunggu pemuatan bagian headlines yang memakan waktu lama (karena harus akses ke berbagai macam situs berita).

Anda memiliki account GMail? Jika ya, berarti Anda sudah tidak asing lagi dengan kelakuan seperti itu — halaman yang mereload dirinya hanya dalam bagian tertentu saja dan tidak semuanya. Bagian itu menggunakan teknik yang dinamakan Asynchronous Javascript And XML yang disingkat AJAX. AJAX juga digunakan dalam Yahoo!Mail beta, dan Google Maps. Teknik ini menggunakan gabungan teknologi DHTML, yaitu (1) XHTML dan CSS untuk presentasi, (2) DOM untuk pembangunan presentasi, biasanya menggunakan Javascript, dan (3) XMLHTTPRequest untuk mengirim data secara asinkron ke server, sehingga tidak membutuhkan page loading, karena data diproses di background

Hal yang terpenting di dalam AJAX adalah objek XMLHttpRequest dan DOM Javascript. Objek XMLHttpRequest bukanlah objek Javascript standar, di IE menggunakan ActiveX Object, dan di browser lain menggunakan objek native mereka sendiri. Dalam DOM Javascript, yang paling penting adalah tiga fungsi berikut ini:

  1. getElementById( ‘nama id’ ) untuk mendapatkan tag yang akan dimanipulasi
  2. Akses atribut dari DOM: Misalnya document.getElementById( ‘image’ ).src=”halo.jpg”
  3. Mengubah isi DOM dengan properti innerHTML, misalnya document.getElementById( ‘teks’ ).innerHTML = ‘new value’;

Saya akan membahas AJAX lebih mendetail lain kali di artikel-artikel saya di galihsatria.com. Tulisan ini hanya sekedar mengingatkan saya agar tidak lupa saja. Saya tidak akan heran jika banyak di antara Anda yang tidak mengerti dengan tulisan aneh di atas.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 comments

  1. iyah.. artikel yang bagus, berisi. akan tetapi akan lebih bagus lagi jika tidak dibahas dengan singkat. 🙂 ditunggu artikel selanjutnya.

  2. Software yang dipakai: Oracle JDeveloper 10.1.3. memakai platform Java (JSP) yang memang relatif lebih cepat daripada website kebanyakan (PHP). Terus, situs ini juga tidak banyak memakai gambar-gambar sehingga load-nya bisa cepet. gitu.. terima kasih apresiasinya… ^_^

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *