Transmutasi Virus Cinta Romantis

Well, rasanya blog ini akan kehilangan jiwa aslinya jika tidak bercerita soal patah hati. Baiklah, kali ini.. untuk kesekian kalinya.. Saya akan menulis mengenai patah hati lagi.

Saya pernah membaca buku psikologi, ketika kita sedang dibutakan oleh cinta, gunakan akal sehat untuk mengendalikan diri agar tidak tersesat. Tetapi Saya baru menyadari, betapa zat kimia yang meracuni otak itu membuat logika telah mati. Peran akal sehat hanyalah meredakan api, namun dia sama sekali tidak dapat memadamkannya meski akal sehat sangat ingin memadamkannya. Suatu saat, ketika jiwa sedang dalam keadaan damai, tiba-tiba api itu bergejolak lagi, mendorong zat kimia beracun yang bernama ‘cinta romantis’ ke otak dan menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga jantung berdebar-debar, nafas terasa sesak. Kondisi itu akan lebih parah jika didukung lingkungan sekitar, misalnya, lagu soundtrack yang mengingatkan masa-masa bersama dengannya.

Cinta dan daya tarik memang aneh. Mungkin akan ada banyak wanita yang bisa berbicara, tertawa, merajuk dan bersikap dengan cara yang sama namun dengan efek yang berbeda. Banyak wanita yang lebih cantik, lebih mempesona, yang bisa berkata, “Hai Galih” dengan cara yang sederhana. Namun yang bisa membawa efek menyesakkan hanya seorang saja. Dan jika dianalisis secara logis, paling tidak ada 10 alasan kenapa dia tidak layak untuk Galih dan ada 1000 alasan kenapa Galih tidak layak untuknya. Tetapi ternyata tetap saja, api cinta itu tidak bisa padam oleh logika. Jika hal ini terjadi pada Anda, setahu saya, hanya sedikit hal yang bisa menyembuhkan Anda:

  1. Dapatkan wanita itu apapun caranya
  2. Jika nomor 1 tidak mungkin, carilah figur yang benar-benar berbeda. Cobalah cintai dia, dan Anda akan mendapatkan cintanya pula. Jangan pernah mencoba mencari pengganti opsi nomor 1, karena itu hanya akan menambah lebar luka Anda

Jika dua hal itu pun sudah tidak menolong, patut dicurigai kalau virus di otak Anda telah mengalami transmutasi menjadi varian baru. Mungkin virus itu telah merusak suatu tempat di hati Anda dan berkembang biak di sana. Bukan cinta romantis lagi yang Anda rasakan. Bukan keinginan untuk mendapatkan dan memilikinya sebagai kekasih/pacar/isteri (karena memang tidak memungkinkan lagi, jika mungkin kenapa harus patah hati?). Yang Anda rasakan adalah sesuatu yang lebih mengerikan daripada cinta romantis. Virus ini bermutasi paling tidak karena dua sebab. Pertama, wanita itu terlalu baik untuk tetap berhubungan dengan ramah dengan Anda (bukan cuma sekedar TTM, lebih dari itu). Dan kedua adalah: pasca patah hati, Anda tidak memiliki ready stock untuk bisa Anda cintai.

Tidak ada yang dapat dilakukan untuk menghadapi virus ini. Jangan pernah mencoba melupakannya karena semakin Anda melupakannya, semakin Anda akan mengingatnya. Jangan pernah mencoba membencinya, karena itu akan membuat Anda semakin mencintai dan tidak pernah bisa lepas darinya. Untuk menghambat perkembangan virus ini, jangan pernah berpikiran romantis dengannya, jangan pernah mencoba mengenang hal-hal bersamanya, dan jangan pernah berharap suatu saat Anda menaiki kuda perang Anda dan memacunya ke menara tempat ia dikurung Sang Naga Jahat untuk menyelamatkannya dan melarikannya ke istana yang jauh dan hidup berbahagia bersamanya selamanya.

Namun ketika virus itu menyerang, jangan sekali-kali melawan. Angkat telepon, bicara dengannya sepuasnya. Tulis SMS sepanjang-panjangnya dan kirimkan ke nomornya. Tulis puisi seromantis mungkin untuk mengenang dan memujanya. Melamunlah tentangnya sepuas-puasnya. Kenang segala hal lucu dan menyenangkan bersamanya. Atau… tulislah blog bertemakan patah hati sepuas-puasnya, hingga hati Anda tenang kembali! ^___^

Tulungagung, 1 April 2006

Published
Categorized as Melankolis

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

4 comments

  1. 1. Dapatkan wanita itu apapun caranya
    2. Jika nomor 1 tidak mungkin, carilah figur yang benar-benar berbeda. Cobalah cintai dia, dan Anda akan mendapatkan cintanya pula. Jangan pernah mencoba mencari pengganti opsi nomor 1, karena itu hanya akan menambah lebar luka Anda

    ada lagi…
    no 3:
    Browsing, coding, walking, jumping, meet other wonderful woman, or do all that in the same time. Buat diri kita sibuk, sangat sibuk sampai kita nggak sempat berhenti untuk merindukan dia, selama yang diperlukan.
    no 4:(what i do)
    Terima aja. Biarkan dia tahu aku mencintainya, lalu tinggalkan dia berpikir,"maybe i just miss one great man" Then go away, never meet, never call, until the virus gone.

  2. No 5 :
    Nangis sepuas2nya, ampe bantal dan guling basah semua, biarkan mata mbentul kayak abis tinju…… hehehe

    No 6 :
    Pergi kesuatu tempat yang indah agar dapat inspirasi baru buat dilakukan , apalagi kalo mbawa kamera, tambah asyik 🙂

  3. -> D-nial:
    opsi 3 aku setuju!
    opsi 4: aku pernah melakukannya. bekerja dengan baik jika bener-bener never meet. tapi ketika dia yang menghubungi kita, efeknya jadi tambah sakit. virus itu tambah berkembang biak jadi gede….

    -> ciplux:
    opsi 5: aduh, aku kan cowok.. nggak bisa nangis bombay gitu
    opsi 6: setuju!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *