Networking Tool Imut: TCPView

Hari ini aku menemukan tool networking yang imut tapi cukup asik juga. Namanya TCPView. Fungsinya mirip-mirip dengan netstat di Windows, tapi lebih banyak fitur dan berwindow-window. Fungsinya persis netstat, yaitu memonitor paket-paket TCP yang masuk dan keluar berikut alamat lokal dan alamat remote yang sedang berhubungan dengan menggunakan port berapa. Asyiknya lagi, tool ini dapat meressolve DNS IP Address yang terkoneksi jika memungkinkan. Jadi, Anda tidak akan menemukan entri dengan tampilan 10.126.14.109 tetapi yang muncul adalah IBS09.

Selain itu, dia punya fungsi yang tidak dimiliki netstat. Setiap entri process dapat diklik kanan dan muncul beberapa pilihan menu yaitu:

  1. Process properties, berisi path program dan command line lengkap dari proses
  2. End process, untuk mengakhiri proses
  3. Close connection, untuk mengakhiri koneksi
  4. Ada fasilitas whois juga — untuk mengetahui detil siapa yang sedang terkoneksi dengan menggunakan tool whois. Anda harus punya program whois untuk membuat menu ini bekerja
  5. Dan menu copy, untuk meng-copy string koneksi

Asyik kan? kalau ingin mencegah ada orang yang masuk lewat pintu belakang komputer Anda, atau sekedar iseng ingin memonitor arus lalu lintas yang keluar-masuk komputer Anda, tool ini sangat saya rekomendasikan. Silakan mengunjungi websitenya. Gratis!

Published
Categorized as Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *