PHP XML Parser

Hari ini aku suntukkk!!! Tidak tahu caranya mendapatkan nilai kekontrasan dari image, akhirnya aku beristirahat bentar dari TAku. Aku kembali memikirkan rancangan untuk internationalization (or I18N for short) di website ITS. I18N akan sangat mudah jika dikerjakan dengan Java/JSP karena pemisahan data dan presentasi yang benar-benar nyaman. Tidak seperti PHP. Meskipun ada cara untuk memisahkannya (PHP Smarty) dan PHP Object Oriented, idealisme-ku menjerit bahwa PHP bukanlah sesuatu yang bisa digitukan. Itu namanya mekso. Daripada mekso mending pindah sekalian ke J2EE!

Sementara ini, aku memutuskan tetap untuk bertahan di PHP daripada mengeluarkan tenaga sia-sia untuk migrasi ke Java Enterprise. Banyak pertimbangannya, tapi yang paling vital adalah masalah regenerasi. Siapa penerusku? Menemukan seorang yang paham PHP jauh lebih mudah daripada menemukan seorang yang paham akan J2EE.

Dari pertimbangan itu, dan idealisme-ku yang sombong untuk tidak memakai framework, aku mencoba memakai XML untuk I18N. Berita baiknya, PHP telah mendukung XML sejak awal. Sayangnya, parsernya adalah event-based mirip SAX-Parser, padahal aku lebih familiar dengan parser yang DOM. Ya udah, akhirnya aku terpaksa memakai parsernya dengan kode yang jauh lebih panjang. Pertanyaan berikut muncul, dengan kerumitan ngoding XML seperti ini, masih yakinkah aku tetap memakai XML untuk I18N?

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

8 comments

  1. sekali php tetap php……
    zend engine tetap siap tempur di medan apapun…
    gw juga lagi belajar php juga…
    o ..ya, gw baru baca blog lo,, terutama ttg loving her (kenapa ?), ternyata kita senasib.. tapi yg penting JOKER (joomlo2 keren) maju terus
    thnx

  2. Lih…aku gak ngomentari isi blogermu…
    cuman aku pengin ngomong….wajah wanita ke opo menipu kik kik kik kik……

  3. Framework .NET sangat mudah digunakan, dengan tangan kanan saja kita bisa membuat program yang canggih, mendukung banyak bahasa: VB, C++, C#, J#. Visualisasi yang sangat user friendly. Tidak memerlukan pengertian konsep OOP yang dalam. Sangat khas Microsoft.

  4. minta saran bro..
    bs g si php bwt generate data d mysql ke formar xml? klo bs gmn caranya?

    thx infonya bro..

  5. Hehe, sama-sama keras nih dalam bidang framework.. ndak mau pake.. mungkin framework akan mempermudah kita dalam kerja team, tapi rasanya lebih bebas independent aja..

    Hidup PHP !! Free & Opensource is the best..
    Mas, kok ga bikin blog sendiri pakai ilmunya?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *