Melukis Cahaya di Pantai Nambangan, Surabaya

Kemarin, sebelum naik shalat Jum’at, di tempat wudlu ketemu pak waswib ama pak nunut. pak was ngasih tau kalo besok pagi mau hunting di nambangan. Wah mana itu pak? mmm udreg-udreg jam 10 malem digambarkan denahnya ama pak was di ruangannya di Labprog. Wah, sayang, anak-anak kuajak ngga ada yang mau. ya wes.. besok sendirian aja.

Berangkat nyengklak tornado jam setengah 5 pagi tet meluncur lurus ke timur utara. busyet, sampai di depan kenjeran lama jalan lurus ke utaranya gelap banget. setelah lika-liku lewat perkampungan nelayan, sampai pula akhirnya di lapangan kecil di tepi pantai. Nambangan.

Cuaca masih gelap gulita dan dingin. lampu penerangan jalan di sono masih menyala. untuk mengusir dingin aku sekedar jalan-jalan ke sana ke mari cari angle yang bagus sambil sesekali njepret. Tak lama kemudian seorang kurus kacamataan datang. Hmm.. ini pasti mas slamet a.k.a ameck. foto-foto dahsyat-nya udah sering kulihat di FN. sudah kuduga, senjatanya sebuah kamera SLR yang puanjaaang. tapi kayaknya Ia nggak terlalu gembira. Maklum, cuaca memang tidak mendukung 100% untuk diambil gambarnya. akhirnya satu per satu para master itu datang, mas rama, pak suhadi lili dengan Canon EOS 350D-nya, pak waswib dengan Sony Cybershot-nya dan mas .. duh lupa aku. terakhir yang muncul pak nunut. senjatanya adalah kamera yang kayaknya menjadi “SLR Sejuta Umat”: Canon EOS 350D dengan lensa Sigma Macro. Karena matahari udah ditelan mendung — dia cuma muncul indah selama 15 menit! – akhirnya semuanya memberondong pohon kering yang ada di situ. Langit di sebelah barat emang lagi biru dengan seleret awan yang indah. pak was sampek jongkok ndlosor buat ngambil itu. pak suhadi juga ngga mau kalah, dosen yang pas ngajar aku senengane mbukak dotNet ini lebih suka ngambil tingkah polah orang-orang lagi beraksi dengan kamera masing-masing.

Lumayan, cukup banyak ilmu yang kuambil pada hunting kali ini. meskipun cuma bersenjatakan Canon Powershot A400, namun itu sudah lebih cukup untuk belajar komposisi. bapak-bapak kalau ngadain hunting lagi ajak-ajak yah…. cheeers!

[ket.gambar: pak suhadi lili dan pak waswib beraksi]

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *