Liputan Workshop Oracle Bussiness Intelligence

Kami, yang mengikuti kuliah Data Warehouse-nya Pak Darlis mesti menggelar workshop Data Warehousing jika kami ingin mendapatkan nilai A. Well… workshop yang publikasinya terlalu bombastis dan berlebihan kukira. Tapi ternyata perkiraanku salah besar, workshop yang kukira sepi peminat ini ternyata pesertanya membludag sehingga pantia mesti membaginya menjadi 2 gelombang, Sabtu 17 Desember 2005 dan Minggu 18 Desember 2005.

Liputan Hari Pertama

Aku kebagian jadi pemateri BI Application yang sejatinya ngoprek kode-kode Java hasil bikinan Wizard-nya JDeveloper tidak sempat mempersiapkan diri karena mesti membantu seksi acara menyiapkan Lab. Hmm… semua workstation harus memiliki Oracle Database 10g Release 2 yang benar-benar baru lengkap dengan skema FOODMART, JDeveloper 10.1.2 dengan plug-in BIBeans. Alhamdulillah.. meskipun agak kacau akhirnya menjelang pagi 17 Desember, Lab IBS telah siap.

Acara dimulai pukul setengah sembilan pagi. Yang bikin kepercayaan diri agak pudar adalah hadirnya dua Database Administrator (DBA) dari indodba. Bahkan yang satu (Pak Evarra) adalah pemegang OCP (Oracle Certified Program). Yang benar saja?? kita-kita yang masih mahasiswa ini disuruh ngajari seorang pemegang OCP?? beliaunya kan udah terkenal di dunia Oracle Indonesia… weleh..weleh…. Tapi sudahlah, aku nggak boleh drop, apalagi koordinator pemateri kan aku. Amiril, master OLAP Metadata yang akan present setelah Pak Darlis kuhibur-hibur biar pe-de-nya balik lagi.

Workshopnya seru, pertanyaan-pertanyaan yang muncul semuanya kritis. Untung masih bisa kujawab. Amiril juga tampil prima, bener-bener calon DBA dia itu, hehehe…. Sayang, Oracle OLAP Metadata yang dibuat peserta hampir semuanya error, dan kami tidak mengantisipasi hal itu. Jadi terpaksa… Eliza-ku sayang mesti diperkosa, Oracle-nya diakses rame-rame dari IBS. Duh kasihan….

Sesi yang aku memberikan materi di situ, BI Application, berlangsung pada saat semua peserta mencapai titik jenuh. Apalagi, materi yang harus kuantarkan adalah materi yang cukup susah, karena harus bermain-main dengan Java dan hampir semua peserta yang notabene adalah DBA hanya mengenal Java secara sepintas lalu saja. Akhirnya materi yang kurencanakan ngoprek Java habis kuhabiskan hanya di permukaannya saja dan acara segera ditutup.

Liputan Hari Kedua

Hari kedua pesertanya tidak “semenakutkan” hari pertama. Kebanyakan adalah mahasiswa, dan karena sudah ada pengalaman hari kemarin, semua pemateri termasuk pak Darlis sendiri tampil sangat percaya diri. Meskipun untuk asistennya mesti kerja lebih keras karena peserta yang lebih lambat daripada hari kemarin. BI Application yang kubawakan pun jadi lebih lancar karena hampir semua sudah mengenal Java, maklum, karena background-nya yang akademik, bukan profesional. Dan rasanya… badan juga tidak selelah kemarin.

Acara selesai tepat pada pukul 15:30 18 Desember. Overall, workshop kali ini berlangsung sukses dan lancar. Seneng sekali aku pada kerjasamanya. Terimakasih untuk semua panitia yang telah bekerja keras, tidak tidur dalam 4 hari ini. Purna, Nizar, Bawah, DimDim, Kempol, Mbah Rendy, Ririn, Nana, Catur, Uwid, Wawan, Mas Hasan, dan semua jajaran panitia yang nggak sempat kusebut. Bos Purna, yang sampek sibuknya hanya tidur di meja yang sempit. Dan akhirnya terimakasih untuk Amiril, man of the match kita, pemateri yang paling all out di workshop ini. Mulai dari menyiapkan Oracle Database hingga harus meladeni “guru”nya: Pak Evara, hehehe… Dan juga untuk Elizaku sayang, yang telah menolongku. Oracle-mu pancen top! oce dee… thanks for all!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *