RC5_CBC Implementation, sebuah jingkrak-jingkrak yang sia-sia

Sudah lama sekali aku tidak mengalami hal seperti ini sejak awal-awal aku belajar mrogram (sekitar praktikum BP dulu). UTS Take Home NetSecurity-nya Pak ROyan aku kebagian enkripsi RC5_CBC. Kucari di google yang ada cuma enkripsinya doang, ya udah… tidak ada lagi yang dapat menolongku kecuali aku sendiri!

Sungguh…. tugas ini benar-benar menguras tenaga, sampai-sampai alam bawah sadarku ikut mencoba membantuku dengan mimpi ngoding RC5.. :(. Meski setengah linglung, tiba-tiba tadi menjelang buka aku menemukan cara untuk melakukan algoritma itu. Duh! melonjak senang aku! tinggal nulis ke file saja urusan gampang, pikirku…

dan.. ternyata untuk urusan nulis ke file saja tidak semudah biasanya. format bit yang sudah dirancang rusak ketika ditulis di file dengan mode teks dan karakter. Sudah kucoba dengan memakai mode binary, sama saja. kelihatannya aku salah dari awal dengan tidak memakai blok kode untuk mengimplementasikan algoritma ini… ya udah… sampek di sini saja… aku tahu kapan aku harus menyerah….

Well.. besok aku pulang ke Tulungagung. Mau melepaskan dari semua ini, kuliah, tugas, kerjaan, TA, dan masalah yang menyesakkan ini… Wellcome home galih.. dan tak lupa aku mengucapkan “Taqaballahu mina wa mingkum, taqabal ya kariim… Minal Aidin wal faizin.. Selamat hari raya idul fitri 1426 H, Mohon maaf lahir dan batin”

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *