Workshop Linux

Anda seorang Oracle Database Administrator? Jika ya, Anda pasti kenal tool dahsyat bernama TOAD keluaran Quest Corp. Tool ini mungkin merupakan software administrator paling lengkap untuk database Oracle. Berbagai dukungan tersedia mulai dari basic administration, PL/SQL Debugger, hingga pengaturan spatial database. Namun sayang beribu sayang, fitur yang kaya ini diiringi harga yang selangit pula (kenapa praktikum basis data di IF masih pakai Toad?).

Nah, berangkat dari harganya yang selangit, saya mulai mencari alternatif-alternatif pengganti Toad. Saya menemukan PL/SQL Developer sebagai alternatif pertama. Sayang sekali, tool ini juga mbayar.. Alternatif kedua yang ketika mencoba versi trial-nya saya sangat tertarik, yaitu SQL Detective. Cukup menarik, tapi harus mbayar lagi.

Akhirnya saya ingat bahwa masih ada satu lagi tool yang bagus: TOra. Open source, gratis, dan multiplatform. Software ini dibangun diatas library Qt. Cukup handal untuk administrasi database sehari-hari karena mencangkup PL/SQL debugger, schema browser yang sefleksibel dan se-menyenangkan Toad, code completion, Server tuning, backup manager, session manager, rollback manager, dan segudang fungsi lainnya.

Performance

Di Debian Linux, TOra merupakan paket standar dan dapat langsung diinstall lewat apt-get install. Secara default, koneksi TOra adalah MySQL. Di Windows, koneksi default adalah Oracle. Berjalan di Windows Server 2003, performa TOra sangat baik meski masih banyak terdapat bug-bug yang harus diperbaiki. Kemungkinan bug ini disebabkan oleh library windowing TOra menggunakan Qt: library windowing keluarga *nix yang “dipaksa” diporting ke Windows.

Overall, untuk ukuran software gratis dan open source, TOra sangat saya rekomendasikan. Silakan kunjungi website-nya! Mari kurangi kecanduan terhadap software-software ilegal.

Semuanya perlu proses, karena tidak ada sesuatu tercipta tanpa melalui suatu proses

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *