Menyerah dengan Aquascape, Ganti Pake Plastik!

Sebenarnya anak-anak lebih suka ikan daripada tanaman di aquarium. Saya hanya mengikuti tren, mencoba menanam tanaman air di dalam aquarium yang disebut aquascaping. Ternyata perawatannya sangat susah. Pada awalnya memang bagus sekali, tanaman hijau tumbuh subur, dengan ikan-ikan kecil Cardinal tetra yang bercahaya hilir mudik. Dua minggu kemudian, welcome to reality, ketika muncul lumut dan keong yang memakan daun-daun. Pelan-pelan, tumbuhan mati karena akarnya putus. Ditambah lagi filter canister-nya mati, jadilah berhenti dan kosong aquarium itu berbulan-bulan.

Semingguan yang lalu, saya mencoba menghidupkannya lagi. Filter canister saya belikan baru merk Atman 3336, lebih kecil kapasitasnya daripada sebelumnya, Jebo 839. Tumbuh-tumbuhannya saya ganti dengan plastik dari Ace Hardware. Sekarang lagi ngetren tumbuhan plastik, di Ace dan IKEA bagus-bagus dan murah-murah. Bahkan rumput-rumputan juga ada karpet hijaunya. Praktis ga perlu repot-repot merawatnya.

New photo by Galih Satriaji / Google Photos

Untuk ikan, anak-anak memilih ikan koi kecil. Saya tahu ikan koi sangat sulit untuk dipelihara. Mari kita lihat bertahan berapa lama. Anak-anak senang sekali begitu aquarium dihidupkan lagi. Alhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *