Debian Stretch dan Touchpad yang Tidak Mau Bekerja (dan Cara Mengatasinya)

Gara-gara mas Warm di artikel ini, saya jadi ikutan iseng upgrade Linux saya dari Debian 8 (Jessie) ke 9 (Stretch).

Linux adalah sistem operasi yang saya install di “bekas” MacBook Pro early 2011 yang sudah “rusak”. Saya kasih quote karena yang rusak bagian baterai-nya. Komponen lain seperti layar, keyboard, hardisk, memory masih sehat wal afiat. Dia masih mau menyala dengan charger. Celakanya, OS X tidak mau jalan dengan baik jika tidak mendeteksi baterai. Saya coba install Windows, kena masalah driver. Display dan suaranya tidak keluar. Jadilah saya install Linux karena driver-nya sudah jadi satu.

Proses upgrade cukup mudah, yaitu dengan beberapa langkah:

  • apt-get update
  • apt-get upgrade
  • Edit sources.list dan ganti repository-nya dari jessie menjadi stretch
  • apt-get update
  • apt-get upgrade
  • apt-get dist-upgrade

Sudah begitu saja. Yang dibutuhkan cuma koneksi internet yang kencang dan bebas kuota. Saya mengarah ke mirror repository Kambing di Universitas Indonesia.

Masalah muncul setelah selesai upgrade. Touchpad yang sebelumnya support multitouch (tap to click, dua jari klik kanan, scroll dengan dua jari) jadi tidak jalan. Males banget. Kesannya jadi kayak belum stabil. Saya sudah mau downgrade ke Jessie lagi. Caranya ya, hapus format ulang dan install dari awal. Tidak ada mekanisme resmi untuk downgrade.

Tapi sebelum kesana saya iseng browsing-browsing dulu. Inilah kekurangan Linux, kalau ketemu masalah ya harus cari sendiri dan mau berlagak gila (freak/geek). Maksudnya mau repot-repot ketik perintah di command line.

Saya menemukan panduan di sini. Rupanya ada pergantian driver yang membuat fungsi yang sebelumnya jalan ter-disable. Saya ikuti saja saran panduan itu (cukup sederhana: bikin folder dan copy file) kemudian restart. Masalah touchpad terselesaikan.

One thought

  1. Stretch ini sepertinya memang belum sestabil Jessie, saya jd kepikiran downgrade lg, habis suka bermasalah dg wifi leptop ini. Tp musti instal dr awal lg ya, duh euy haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *