Membuat Display dengan LCD dan Arduino Uno

Langkah berikutnya dalam perjalanan membuat Internet of Things ini adalah mencoba menghidupkan display LCD dengan Arduino UNO. Display yang saya pakai adalah LCD 1602A, bisa menampilkan 2 baris dengan panjang masing-masing 16 karakter (makanya dinamakan 16×02). LCD ini murah meriah, hanya 30-an ribu dan lebih efektif daripada pakai display seven segment.

Saya menggunakan panduan yang ada di web Electronicshub ini. Ada satu komponen tambahan yang diperlukan, yaitu potensiometer 10K. Saya cari di toko komponen elektronika di dekat rumah tidak ada, paling kecil adanya 50K. Mereka hanya nyetok komponen populer yang sering dipakai untuk audio, tidak sedia untuk robotika. Saya coba pakai potensio ini kemudian menyolder perkabelannya.

Setelah selesai, LCD-nya tidak menyala! Tapi saya melihat kotak-kotak di LCD itu pertanda ada arus yang masuk. Proyek akhirnya ditunda akhir pekan berikutnya. Kesimpulan sementara saya potensiometernya tidak cocok. Saya harus beli dari toko online. Males banget, ongkirnya lebih mahal ketimbang harga komponennya.

Saya baca-baca lagi dan menemukan halaman panduan dari Adafruit ini. Di sini, kaki 15 dan 16 LCD dihubungkan ke catu daya untuk menghidupkan backlight-nya LCD. Keranjang belanja yang sudah mau saya pencet checkout saya batalkan. Saya mau coba cara ini dulu.

Jeng… jeng… Ternyata hasilnya mantap. Backlight LCD-nya menyala dan ternyata masalah bukan pada potensiometernya. Ukuran potensio hanya membedakan sensitivitas pengaturan kontrasnya saja.

Saya kemudian upload sketch yang ada di web Electronicshub dan senang sekali melihat apa yang diprogram muncul di LCD ini.

Next challenge adalah memasang sensor dan menyambung ke Wi-Fi. IoT tanpa koneksi jaringan dan sensor seperti sayur tanpa garam. Saya mencoba pakai modul ESP8266 yang murah meriah, tapi masih bermasalah. Terakhir sepertinya saya telah merusak modul itu karena salah kasih tegangan. Waktu reflash, saya salah kasih tegangan 5V, harusnya 3.3V. Risiko belajar, wkwkwk…

3 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *