Uang Milyaran itu Kecil Lho

Saya sering merasa amaze kalau baca berita koruptor ditangkap karena dugaan suap sekian M, padahal secara jabatan dia sudah menerima penghasilan yang menurut saya besar sekali. Seperti salah satu mantan Dirut yang diduga kasus suap. Ada yang komentar, gajinya di situ “cuma” 150 jutaan sebulan, kalau di bank dia bisa dapat jauh lebih gede dari itu.

Gaji 150 juta sebulan dianggap kecil? How on earth?? Flat earth!!

Tapi sejenak kemudian saya menyadari, saya mengukur besarnya uang dari kacamata ekonomi saya. Jelas saja uang itu besar sekali. Tapi jika saya mencoba berada di sepatu orang yang bergaji 150 juta sebulan, saya mulai maklum. Jika saya bergaji segitu, tentu saya tidak akan tinggal di rumah kecil, tentu saya beli mobil yang mewah, tentu saya punya sopir, tentu saya akan menyekolahkan anak ke luar negeri, bukan di dalam negeri. Sampai di sini saja sudah terbayang 150 juta itu menjadi kecil, bahkan mungkin kurang.

Lalu saya membayangkan, kenapa koruptor itu tega korupsi sampai milyaran. Uang yang sangat besar itu. Tapi saya kemudian berpikir lagi, gampang lho menghabiskan uang milyaran dalam sekejap. Uang lima milyar di Jakarta hanya bisa beli rumah yang tidak terlalu besar. Atau jika mau lebih cepat, belikan tas Hermes, Louis Vuitton, dan brand-brand gila lainnya. Beli mobil sport. Selesai sudah uang itu. Habis tak bersisa.

Pelajaran moralnya adalah: bukan seberapa besar uangnya, tapi seberapa besar berkahnya. Uang milyaran kalau tidak berkah, cepat sekali hilangnya. Uang kecil jika penuh berkah, akan membekas lama sekali. Uang hasil korupsi, seberapa pun besarnya, tidak akan membawa berkah, adanya membawa masalah yang bisa terbawa hingga anak keturunan kelak.

Ujung-ujungnya, seberapa banyak kita bisa bersyukur dengan setiap rezeki dan keberkahan dari Allah SWT. Seberapa besar kita bersyukur dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepada kita. Karena jika kita tak mampu bersyukur, hingga mengejar harta tak halal, hasilnya seperti yang saya bilang tadi: tidak ada keberkahan sedikit pun. Uang 10 Milyar pun akan hilang dalam sekejap mata.

Sekian tausiyah singkat pagi ini, wkwkwk….

3 thoughts

  1. aduuuh, sangat menyentuh, hehehehe, aku ya kadang mikir gitu sih, duit2 dia ya, yang penting dia kasih apa ke orang lain, berkah gak buat dia, siapa tau dia nggak nunjukin aja 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *