Jakarta Smart City: CCTV Online

Jakarta memiliki portal bernama Jakarta Smart City (http://smartcity.jakarta.go.id), sebuah portal berbasis peta yang menampilkan banyak sekali informasi menarik. Berbagai data dipublikasikan berdasarkan lokasi geospasial dan kategori dari sudut pandang birokrasi Pemprov. Tapi saya merasa portal ini jadi terlalu besar dan berat, apalagi jika diakses melalui mobile web. Saya yang fakir kuota bandwidth rasanya tidak mungkin membuka web peta dan mengaktifkan layer informasinya satu per satu.

Nah, waktu peluncuran portal Jakarta Smart City ini, developernya juga mengeluarkan fitur API (Application Programming Interface) dalam bentuk RESTful services dengan data berformat JSON. Saya sempat diminta bantuan untuk demo sedikit mengenai pemanfaatan API ini di iOS app waktu ada event Pekan Raya Jakarta beberapa bulan kemarin. API ini memungkinkan kita mengambil data yang diperlukan saja dan menyajikannya kembali dalam format yang berbeda.

Salah satu data menarik yang dikeluarkan API ini adalah CCTV Bali Tower yang menayangkan streaming CCTV di setiap titik di Jakarta. Kita bisa melihat berbagai tempat di Jakarta secara live seperti seolah-olah kita berada di Control Room Jakarta Smart City yang ada di Balai Kota sana. Sampai sekarang, jumlah CCTV yang dipublikasikan terbuka ini sudah mencapai dua ribuan lebih kamera.

Kadang-kadang saya ingin tahu kondisi suatu tempat di Jakarta hujan atau tidak. Atau, perempatan tertentu lagi ada polisinya atau tidak, hehehe… Saya tinggal mengintip dari CCTV Bali Tower ini yang jumlahnya ada ribuan ini. Tapi kalau saya akses dari portal Jakarta Smart City, itu berat sekali jika dari mobile. Karena itu saya membuat website tersendiri¬†memanfaatkan API-nya.

Sampai saat ini hanya data CCTV saja yang menurut saya menarik dari semua data yang dikeluarkan oleh API. Mudah-mudahan kelak fiturnya ditambah misalnya data keramaian halte busway dan tracking busway.

Website ini saya host di cloud OpenShift Online (http://openshift.com) versi gratisan (Developer Preview). Data disediakan dari API Jakarta Smart City di http://api.jakarta.go.id. Web ini menggunakan Laravel, source code saya share di https://github.com/galihsatria/jakcctv. Silakan di-clone atau di-fork jika menginginkan untuk dikembangkan lebih lanjut. Bebas. Gratis. Free.

Oh iya, website-nya sendiri ada di alamat ini: http://laravel-mysql-example-mycctv.44fs.preview.openshiftapps.com/cctv¬†. Mohon maaf atas nama domain yang panjang, maklum, gratisan, wkwkwk…

Seperti biasa jika ada pertanyaan lanjutan, silakan kontak saya di sini atau via email. Terima kasih!

3 thoughts

  1. Ngomong-omong soal CCTV sih Mas, kapan itu ada yang bilang kalau beberapa maling/copet sekarang takutnya bukan sama Tuhan tapi sama CCTV… :))))
    Sempet muter di internet juga beberapa video pencurian yang dibatalin sama pencurinya sendiri gara-gara mereka nyadar kalau ada CCTV dan pas nggak lagi pakai penutup wajah buat nyamarin identitas XD

  2. mohon dibantu perkenalkan saya dari diskominfo kab. klungkung, kabupaten klungkung akan pasang beberapa titik cctv. bisa tolong dibantu akses mobile supaya tidak berat. tolong dibalas.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *