Tiga Menit yang Berharga

Setiap hari, saya sangat menggantungkan diri terhadap Waze sebagai salah satu usaha menghindari kemacetan. Pokoknya sami’na wa atho’na, pejah gesang ndherek Waze. Nah, si Waze ini seringkali memberikan alternatif jalan yang memutar yang menurut dia lebih cepat. Seringkali jalan alternatif ini adalah jalan tikus yang mobil tidak bisa masuk (mobil saya pernah sampai baret-baret karena mengikuti Waze di Tanah Baru, Depok). Seringkali juga, alternatif yang diberikan Waze diperkirakan hanya tiga menit lebih cepat daripada lewat jalur utama.

Tiga menit, di kota lain mungkin akan ditertawakan dan dicibir habis. Tapi ini Jakarta bung. Tiga menit lebih cepat mencapai titik A bisa berarti bisa 10-15 menit lebih cepat sampai tujuan.

Jarak rumah ke kantor saya adalah 14 km. Saya berangkat jam 05:50, masuk kantor jam 07:00. Waze biasanya memberi dua kali alternatif. Pertama, untuk mencapai perempatan Departemen Pertanian di Ragunan, lewat Kebagusan Raya diklaim tiga menit lebih cepat daripada lewat Cilandak KKO. Yang kedua, lewat Tegal Parang belakang Trans TV lalu naik flyover Kuningan diklaim lima menit lebih cepat daripada lewat Mampang Prapatan. Total penghematan waktu saya di atas kertas hanya delapan menit. Tapi nyatanya, saya bisa setengah jam lebih cepat sampai. Jika saya ikut jalur utama yang lebih dekat secara jarak, saya bisa baru sampai jam 7:30. Sementara jika ikut Waze, jam 7:00 saya sudah sampai kantor dan masih bisa masuk jalur Ganjil/Genap.

Ini dikarenakan lalu lintas Jakarta di jam kerja itu selalu berkembang. Building up istilahnya Waze. Makin siang makin padat dan makin macet. Karena itu tiga menit perbedaan waktu bisa berefek besar. Bisa mencapai perempatan Deptan sebelum jam 6, artinya sampai kantor bisa hanya dua puluh menit. Tapi jam 6:10 baru sampai, bisa dipastikan sampai kantor setengah jam paling cepat, 40-45 menit rata-rata.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *