1 TB Flickr, Tidak Ada yang Tahu?

Saya dulu pengguna setia Flickr, bahkan menjadi pelanggan premium yang bayar setiap tahun. Saya berhenti langganan ketika Flickr mengubah skema premiumnya dan saya melihat menjadi pelanggan biasa sudah lebih dari cukup dengan aturan baru ini. Flickr menawarkan storage sebesar 1 TB untuk semua penggunanya, baik yang biasa maupun yang berbayar.

Wait, 1 TB? Satu tera byte? 1000 GB? Rasanya saya susah membayangkan angka itu sehingga saya mengabaikannya dan baru menyadari kalau angka itu luar biasa besar. Tidak akan habis jika saya pakai untuk berboros-boros menyimpan semua koleksi foto saya di hardisk (yang kebanyakan sampah digital). Maksimal 100 GB paling, dan itu cuma 10% dari yang dikasih Flickr.

Tapi kenapa sepertinya ga banyak orang yang tahu ya? Saya juga tidak serta merta langsung memindahkan foto saya ke Flickr.

Mungkin karena cara orang berbagi sudah berubah. Orang sekarang lebih suka pakai Instagram, Path, Snapchat, Steller, Line, dan segudang layanan lain. Dan tentu saja jangan lupakan sang raja media sosial Facebook dan Twitter untuk berbagi foto. Mungkin juga itu yang membuat minat fotografi saya menurun. Fotografi, nowadays, sudah menjadi bagian dari social media life. Jadi bukan hobi yang spesifik seperti dulu yang setara dengan filateli atau memancing. Semakin mudah dan instan membuat foto dan meng-upload ke media sosial. Bukan jamannya lagi membawa-bawa kamera semi pro yang berat, yang setelah itu masih harus melalui proses editing. Sudah lewat momentumnya.

Kembali ke Flickr, mungkin Flickr masih menjadi tempat utama para fotografer profesional, saya tidak tahu. Yang jelas tidak ada kawan-kawan dalam circle saya yang pakai Flickr. Saya sekarang juga pakai Instagram. Belum tahu itu storage 1 TB di Flickr mau dipakai apa.

Capture

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

One thought

  1. Aku masih pake, selain yang langsung upload via instagram kadang upload langsung ke flickr, yang kira-kira rada pribadi (termasuk alaya yang udah ngerti kapan dia merasa ‘ugly’) diset private.

    Seneng sekarang udah gak perlu bayar dan dapet storage gede 😀

    Upload foto foto landscape lagi dong, Lih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *