Apa Bedanya A# dengan Bb?

Sampai sekarang, jarang sekali ada chord lagu Indonesia yang baik, benar, serta akurat. Jarang sekali saya temukan ada situs yang menampilkan chord kombinasi (misalnya A/C# — chord utama A tapi bass-nya ada di C#, bukan root note di A-nya). Dan kalau sudah ada yang rilis, website lainnya biasanya mencuri dengan copy paste tanpa memperbaikinya. Ini salah satu yang saya temukan, dari situs ChordFrenzy.com.

Capture

Selain tidak detail, situs ini juga ada kesalahan mendasar, yaitu penulisan chord keempatnya. Di sini ditulis A#. Apa beda A# dan Bb? Toh tempatnya sama saja. Tapi kalau penulis chord ini pernah baca teori musik sekolahan, seharusnya dia tahu kalau A# tidak sama dengan Bb.

Lagu Aku Cuma Punya Hati ini dinyanyikan penyanyinya, Mytha, dengan nada dasar F mayor. Nada dasar F mayor masuk di kelompok tangga nada satu flat (mol), yaitu F (do) – G (re) – A (mi) – Bb (fa) – C (sol) – D (la) – E (si) – F (do’). Sehingga, penulisan chord keempat yang benar adalah Bb, bukan A# meskipun letak dan posisinya sama persis.

Kebanyakan orang bermain musik dengan feeling. Feeling adalah karunia alias bakat. Guru piano saya dulu juga bermain musik dengan feeling. Telinganya tajam bisa mendeteksi nada-nada yang sedang dimainkan dan ia bisa memainkannya kembali dengan asik sekali di piano. Saya tidak seberuntung itu. Saya lemah sekali kalau disuruh mendengarkan musik lalu menebak chord detailnya apa. Meskipun saya juga malas disuruh baca not balok, paling tidak saya tahu chord-nya apa sehingga setelah itu bisa main dengan akurat. Musisi nanggung ya begini ini hehehe…

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

4 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *