Jembatan Keledai Alias Mnemonic

Mnemonic adalah kalimat bantu yang mengandung sesuatu yang harus dihafal atau diingat. Istilah bahasa kita adalah jembatan keledai. Ini untuk mengatasi otak yang cenderung visual dan imajinatif.

Saya jadi ingat waktu SMA dulu di pelajaran Kimia. Salah satu kunci sukses ulangan adalah hafal sistem susunan periodik. Menghafalkannya secara sendiri-sendiri tentu sulit, misalnya kelompok gas mulia yang terdiri dari He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn. Di les-lesan saya diajari jembatan keledai gas mulia adalah Heboh Negara Arab Karena Xeksi Ratunya. Kalau ga ada jembatan keledai ini, pasti hari ini saya lupa. Ada beberapa jembatan keledai lain untuk kelompok lain seperti halogen tapi saya lupa karena jembatan keledainya tidak terlalu berkesan.

Jembatan Keledai Not Balok

Nah, selama ini saya selalu kesulitan membaca not balok. Bagaimana cara menghafalkan nada-nada yang ada di baris tertentu di not balok? Apalagi kalau ada dua cleff (atas bawah), masing-masing garis menunjukkan not yang berbeda.

Waktu nonton Youtube, ada yang memberikan jembatan keledai yang bagus. Ini untuk menghapalkan nada yang berada di garisnya (bukan di spasi antara garis).

Untuk bagian atas yang memakai tanda G, jembatannya adalah Every Good Boy Deserves Food, menunjukkan nada E, G, B, D, dan F. Sedangkan bagian atas yang memakai tanda F, jembatannya adalah Good Boys Do Fine Always, menunjukkan nada G, B, D, F, dan A.

Yang spasi ada juga jembatannya tapi saya merasa cukup dengan dua jembatan ini dulu karena saya sudah bisa mulai lancar membacanya. Meskipun ujung-ujungnya kalau sudah agak sedikit mirip dan tahu chord-nya, saya sudah ga sabar dan memainkan nada sesuka hati.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *