Cara Mengetahui IP Address Raspberry Pi

Raspberry Pi, komputer kecil luar biasa itu, saya gunakan untuk server kecil-kecil. Jadi setelah tersetup, dia jarang disambungkan ke monitor dan keyboard.

Tadi pagi, Raspberry Pi saya bawa ke kantor dan saya sambungkan ke network kantor. Masalah timbul, bagaimana mengetahui alamat IP-nya? Kalau tidak tahu alamatnya, percum tak bergun.

IMG_3972

Dari hasil Googling, saya menemukan cara dengan menggunakan perintah nmap:

nmap -n -sP -PE [blok range ip]

Idenya adalah mendeteksi dari satu subnet network, IP mana saja yang up. Sebelum Raspberry Pi dicolokkan ke network, saya jalankan perintah di atas dan di-dump ke file teks. Setelah itu, Raspberry Pi dicolokkan ke network dan tunggu sebentar sampai dia mendapatkan IP address dari DHCP server. Setelah itu jalankan perintah yang sama dan di-dump lagi ke file teks kedua. Lalu kedua file itu dibandingkan. Pasti ada satu IP yang muncu. Dan itulah IP Raspberry Pi. Membandingkannya pakai perintah:

diff ip1.txt ip2.txt

Kira-kira begitu. Untuk pengingat saya pribadi saja ini.

Saya jadi kepikiran, kalau kotak Raspberry Pi ini berisi alat-alat untuk hacking, betapa mudah menyelundupkannya ke sebuah jaringan korporasi, lalu scanning ke semua komputer dan menemukan berbagai macam kelemahan yang bisa dibobol. Wew…

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

4 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *