Pengalaman Service MacBook Pro

Seperti yang saya ceritakan di sini, tiba-tiba MacBook saya mati total. Alhamdulillah sekarang sembuh kembali. Sekarang saya ingin cerita pengalaman service MacBook Pro di bengkel-bengkel Apple di Jakarta.

Pertama kali begitu si Mac ini mati, pikiran saya membawanya ke service centre resminya, yaitu iBox. Lokasinya di Ratu Plaza dan di Menteng. Ini kali kedua saya dikecewakan oleh service center ini (pertama kali waktu LCD iPhone isteri saya jatuh dan pecah). Saya mencoba menghubungi nomor-nomor kontaknya, tidak ada yang mengangkat. Kesimpulan: bengkel iBox tidak bisa diharapkan.

Kemudian saya mencoba mencari bengkel lain yang dekat kantor. Ketemu bengkel Warung Mac (Mac Arena) di mal Ambasador. Dari websitenya sih cukup menjanjikan karena teknisinya bersertifikasi. Waktu ke sana, laptop dibuka, dicolek sana-sini. Kemudian si masnya berkata, “Ini biaya pengecekan 3,8 juta, waktu pengecekan seminggu.”

Kaget dong saya, ngecek doang masak bisa jutaan gitu. Iye, saya maklum kalau barang-barang Apple itu kemahalan overpriced, tapi masak sampe segitunya. Saya tanya lagi ke masnya buat memastikan, “Ini ngecek doang mas? Belum sama spare part kalau ada yang rusak?”

“Iya, paling ini IC powernya biasanya minta diganti.”

“Ya udah sini saya bawa lagi kalau gitu”. Dari hasil saya telpon ke beberapa bengkel lain, mereka mengenakan biaya pengecekan cuma 50-100 ribu saja. Sampai sekarang saya tidak tahu pasti apa iya ngeceknya sampai segitu mahal. Saya kadung ilfil. Kesimpulan: Warung Mac mengecewakan.

maclogicboard

Perjalanan saya kemudian berlanjut ke bengkel OPIANS di Roxy Square. Orangnya ramah dan baik, tapi sayang tidak bisa mereparasi karena harus ganti mesin (mother board/logic board). Mereka tidak punya spare part nya. Mereka sudah mencoba mengganti IC powernya dan tidak berhasil. Kalau mau ganti motherboard, harganya USD $700 atau sekitar 9 jutaan. Sudah bisa buat beli laptop Windows baru. Tapi ya buat apa laptop Windows? Saya sudah ada laptop Windows punya kantor. Ini yang saya bikin pupus harapan dan memutuskan untuk belajar Android ketimbang belajar iOS.

Dari OPIANS, saya menyiapkan rencana B. Saya mau beli logic board bekas dari ebay. OPIANS bilang bisa masangin dan biayanya 600 ribuan. Saya mulai searching-searching di eBay dan rata-rata yang jual lokasinya di Amerika. Harganya sekitar USD $320. Jadi kalau ditambah biaya kirim dan pajak, kira-kira saya harus siap 5 jutaan. Uang yang tidak sedikit.

Tapi saya atas saran isteri memutuskan untuk mencari second opinion. Dokter aja kita mintai pendapat dari dokter lain, masak ini engga. Saya menemukan Zapplerepair, bengkel Mac cabang Singapura yang katanya teknisinya langsung dari Foxconn. Saya makin semangat waktu tahu ternyata ada cabangnya di Melawai, cukup dekat dengan kantor. Asli males juga kalau harus ke kantor pusatnya di Jakarta Pusat.

Jadi sabtu sore, hari ketiga puasa, saya bawa Mac ke Zapplerepair. Hari Selasa saya dikontak kalau logic boardnya memang kena, sama seperti pendapat Opians. Tapi mereka bisa mengusahakan spare part karena motherboard saya akan dibawa ke Cina. Saya setuju karena secara budget jauh di bawah jika saya beli dari eBay.

Hari Selasa kemarin saya dikontak Zapplerepair bahwa Mac saya sudah bisa diambil. Penyakitnya sesuai dengan yang diramal Warung Mac: IC Power. Saya dikenakan biaya 2,3 juta. Alhamdulillah, normal kembali, sudah bisa untuk menulis postingan ini. Bersiap buka XCode lagi.

macisback

Berkah Ramadhan.

Update 20 Okt 2015
Ada klarifikasi dari Warung Mac mengenai biaya pengecekan tersebut. Ada di komen di bawah. Saya kutipkan berikut supaya fair.

pertama tama terima kasih telah berkunjung ke toko kami

kami ingin meluruskan bahwasannya kami tidak pernah mematok “Biaya Pengecekan” sampai 3,8 juta seperti bapak galih posting disini.

biaya pengecekan unit pada kami di kisaran 150 ribu ( menurut kami masih di range wajar apabila pengecekan kerusakan pada LogicBoard)

3,8 juta itu harga Tertinggi apabila kerusakan pada IC power seperti yg di utarakan sebelum nya

Kami mohon maaf atas kekeliruan penyampaian / penerimaan informasi yang terjadi

sekali lagi terima kasih atas kunjungan ke toko kami
salam

warungmac – Mac Arena

Terima kasih klarifikasinya Warung Mac.

Update 18 April 2016 (buset ini hampir setahun)
Setelah menyelesaikan satu proyek iOS (terima kasih PT. DOT atas kesempatan magangnya), saya teledor membiarkan Mac ini kehujanan dan mati lagi. Sejak itu Mac ini tidak pernah normal. Terakhir baterainya tidak bisa terdeteksi sehingga berjalan sangat lambat. Saya bawa ke Zapplerepair lagi, hanya dibersihkan — standar pembersihan kalau kena air. Kumat lagi waktu saya bawa ke Bandung.

Saya bawa lagi ke Warung Mac, kali ini dengan pelayanan yang jauh lebih baik. Saya sudah akan beli baterainya, tapi ternyata tetap tidak bisa. Warung Mac bahkan tidak mengenakan saya biaya pengecekan untuk ini.

Saya memutuskan untuk menyudahi cerita Macbook Pro early 2011 ini. Apalagi izin dari “menteri keuangan” sudah turun. Jadi saya mengambil Macbook Pro generasi Retina Display. Semoga barokah. Amiin.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

34 thoughts

  1. Akhirnya bisa bener lagi dengan biaya yang tidak begitu memberatkan ya mas, syukurlah deh,, kalau saya pengguna hackintosh, paling kalau ada hardwarenya yang rusak ya dibenerin atau diganti biasa, sama kalau PC rusak doang 😀

  2. Haha.. karena di atas sudah ada blogger Indonesia, maka blogger Surabaya tidak mau kalah dong, ikut komentar juga 😉

    beyuh, masih terkagum-kagum sama biaya pengecekan yang 3.8 juta itu. Itu bayarnya uang semua apa boleh pake daun bro? hehe.. Saya bisa maklum sih, pengguna mekbuk ini kan ndak banyak jika dibanding komputer ‘biasa’, tentulah yang rusak juga sedikit, artinya si dia jarang dapat pasien. Mungkin sebulan sekali baru dapat pasien. Makanya 3.8 itu sama dengan gaji teknisinya :3

    Eh jadi penasaran, kok bisa rusak ki piye sebabnya? Konon prodak apel ki awet-awet ndak bisa rusak kecuali atas kelalaian pemiliknya sendiri?

  3. pertama tama terima kasih telah berkunjung ke toko kami

    kami ingin meluruskan bahwasannya kami tidak pernah mematok “Biaya Pengecekan” sampai 3,8 juta seperti bapak galih posting disini.

    biaya pengecekan unit pada kami di kisaran 150 ribu ( menurut kami masih di range wajar apabila pengecekan kerusakan pada LogicBoard)

    3,8 juta itu harga Tertinggi apabila kerusakan pada IC power seperti yg di utarakan sebelum nya

    Kami mohon maaf atas kekeliruan penyampaian / penerimaan informasi yang terjadi

    sekali lagi terima kasih atas kunjungan ke toko kami
    salam

    warungmac – Mac Arena

    1. Oke terima kasih konfirmasinya. Saya sudah konfirmasi bertanya ulang itu ngecek doang apa sudah biaya servis. Ternyata belum termasuk biaya servis. Andai itu sudah termasuk, saya pasti setuju untuk dikerjakan. Mohon diarahkan tim yang di depan untuk lebih informatif dalam menjelaskan.

      Thanks!

  4. Baik pak…
    terima kasih atas masukan nya

    Semoga kami bisa lebih baik dalam melayani pelanggan

    ** Terakhir… Dengan segala kerendahan hati
    Mohon dicantumkan “Klarifikasi” kami ini pada postingan Bapak diatas, dikarenakan ada beberapa pembaca yg mungkin enggan untuk melihat Komen2 di bawah nya

    terima kasih
    salam

  5. gan, itu aman ya service di Zapplerepair? saya mau service hp yang mati total di Zapplerepair melawai, tapi agak ragu, mohon infonya.

  6. Bro, bisa sharing ga? macbook pro sy lcd nya muncul garis2 warna warni (ada 3 garis), kayanya kena LCD nya.. btw klo service LCD nya bisa kena brp ya?

    Trims…

  7. Terima kasih buat Mas Galih telah mengulas pengalaman-nya mampir ketempat kami yang sederhana, mohon maaf kami tidak bisa perbaiki Mac nya tempo hari di karenakan part yg sesuai tidak memadai..

    Salam Hormat
    ——————
    OPIANS -Team

  8. Pengalaman yg menarik pak,..
    kalo pengalaman saya beda lagi… saya dapet pasien macbook retina yg ke kunci (terpasword) kemungkinan besar sudah terkunci di efi nya.. berhubung bidang servis saya hanya menguasai basic windows atau laptop biasa maka saya mencoba cari ahlinya dengan gugling di internet.. singkat cerita ketemu dengan Zapplerepair yang di jembatan 3. menurut situsnya ada artikel yg menyebutkan bisa memperbaiki persis dengan kasus saya kemudian macbook saya bawa kesana.. cuma anehnya saat sampai disana bagian teknis nampak bingung dan kurang ngerti dengan unit mac yg saya bawa.. terlihat gak nyambung dan malah banyak tanya ke saya.. bahkan dia mengakui baru satu kali itu dia melihat model mac yg saya bawa. aneh juga ya ?
    kalo saya sih memang jelas awam sama barang beginian apalagi jenis rusaknya.. smentara pihak Zapplerepair khan ahlinya masak iya nampak bingung gitu.. singkatnya Zapplerepair tidak bisa menangani dan katanya brng tsb harus di bawa ke singapore dengan biaya yg belum tahu juga.. wah repot kalo gak ada kejelasan begini.. akhirnya barang saya tarik kembali cancel servis dan saya kembalikan ke pemiliknya alias saya cancel.
    oh iya lupa model mac nya Macbook Retina A1534

          1. Halo mas galih, mas saya juga punya pengalaman dengan macbook saya suka restart sendiri tapi nanti bisa nyala lagi.
            Kira itu kenapa apanya ya mas?
            Sampai saat ini saya belum menservicenya..
            Mohon pencerahannya mas Galih….
            Terimakasih

        1. @Mas Drajat:

          Mungkin karena software dan OS nya aja sedang tidak stabil. Istilahnya kernel panic. Pertolongan pertama bisa dengan install ulang OS X secara clean install (hapus hardisk lalu install dari awal). Jika masih kumat, baru kemungkinan masalah hardware-nya.

          Link berikut mungkin bisa jadi referensi: https://support.apple.com/en-us/HT200553

          1. halo mas, wah.. kebetulan problem mbp saya (mid 2010) sm dgn bung drajat.. suka restart sendiri. yg sy sdh lakukan: smc dan nvram reset, downgrade OS sampe ke mountain lion, pake macfancontrol app, delete dan create ulang partisi hardisk, sampe sy copot pasang memorynya satu-satu (sy pakai 2 memory). tp masih tetap suka restart berulang. kejadian ini sepertinya ketika sy pindah ke kosan baru (listrik ga stabil di kos baru), apakah ada hubungannya? soalnya kalau pake mbp sy suka colok magsafe sih, jd kalau listrik tiba2 turun / padam si magsafe dlm keadaan tercolok ke mbp nya.. apa itu penyebabnya? takutnya merembet sampe ke logicboard atai ic… aduhhh.. any advice gan? mksh *sebelumnya sy juga udah sempet ke mac arena ambas, waktu itu ganti memory tp ga ngefek terus untungnya bisa di kembaliin dan mac arena bilang memory yg di pasang (baru) tdk kompatible dgn mbp sy* :/

  9. Salam kenal. Terimakasih buat infonya. Kebetulan bgt seminggu belakangan VGA saya mulai aneh.sering mati dan bergaris.macbook 15 saya keluaran tahun 2011.kalo boleh minta info soal pergantian dr apple soal logic board, saya musti ke service center mana ya? Mumpung masih berlaku.terimakasih infony

  10. Halooo mas, mau tanya mungkin mas bisa membantu atau cukup tau. macpro saya early 2011 dan semenjak upgrade OS yang terbaru (skrg sih sierra ver.10.12.22) itu jadi lemot abis suka buffer kl buka suatu aplikasi. harus saya downgrade kah? atau perlu nambah slot memorynya jadi 8GB ya mas?

    Thanks before 🙂

    1. Halo mba Uwi, iya pastinya. Aslinya OS-nya kan Snow Leopard, lompat ke Sierra kan sudah jauh banget. Meskipun dari Apple-nya bilang bisa, tapi pasti konsumsi memory-nya lebih banyak sehingga terasa lambat banget. Alternatif selain downgrade OS adalah upgrade RAM ke 8 GB atau ganti Hardisk-nya jadi SSD. Kalau ga mau upgrade hardware atau downgrade OS, coba waktu install Sierra pakai clean install (hapus isi disk) bukan upgrade.

  11. Halo Mas, senang ketemu artikel Mas Galih mengenai bengkel repair Macbook (atau produk Apple). Macbook Air (Late 2010, MacOS Sierra) saya sedang bermasalah nih, sudah dari seminggu yang lalu. Sejak seminggu yang lalu, unit hanya bisa nyala kalau dicolokin ke listrik saja, dan ada keterangan Battery is Not Charging, padahal Cycle-nya masih normal. Magsafe-pun warna lampunya tetap hijau. Kira-kira itu kerusakan karena apa ya? Saya ingin dengar opini Mas Galih sebelum saya benar-benar ke bengkel reparasinya, soalnya agak deg-degan nih bawa unit ke bengkel.

    1. Halo Mba, coba direset SMC (System Management Controller) nya. Kalau tidak berhasil mungkin memang batrei atau IC power nya kena.

      1. Reset SMC adalah hal yang pertama kali saya lakukan setelah baca-baca di grup diskusi Apple, tapi tidak ngaruh, Mas. Karena ini MacBook Air, batre tidak bisa diganti kan?

  12. Nah ini ada pengalaman, saya mengalami hal serupa, tiba2 macbook air 11′ 2013 milik istri mati tiba2, dan sudah segala cara dicoba, reset PRAM, SMC, tetapi tetap mati. Lalu menggunakan eksternal monitor tidak ada masalah, bisa normal di layar eksternal. Pertama ke Servis Resmi di Ratu Plasa, bilang kemungkinan backlight dan harus dibawa ke Singapore, wak jauh. Sempat cek di Drgadget, kabel2 normal kemungkinan besar LED yg mati. Kemudian, kita bawa di Berry Corner di STC Senayan, nah katanya LED mati dan IC Backlight dia menyebutnya begitu mati juga, cuma saya jadi penasaran kok bisa dua-duanya Mati? Dan jarganya tentu saja membuat saya ingin mempesiunkan MAC, sampe 5 jutaan. Mungkinkan penyakit yg sama juga, zappelreapir di Melawai deket mana Mas? makasih Infonya

  13. Selamat sore mas galih & agan2 semuanya.

    Saya mau ikut nimbrung nih. Kebetulan MacBook pro saya saat ini lg eror. Stuck di logo apel lamaaa sekali & ga ada perubahan berapa lama ditunggupun.

    Saya mau coba bnerin nih,,
    Baikny langsung k ibox, Zapplerepair atau ada opsi lain ya gan??

    Udah harus siap2 duit jg nih yaa???.

    Thnks gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *