Java WebService

Salah satu tugas saya yang baru adalah menangani masalah integrasi banyak sekali aplikasi dengan berbagai macam platform teknologi. Sebuah tantangan yang sangat menarik setelah bertahun-tahun menangani sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Integrasi yang diimplementasikan pabrik tempat saya bekerja menggunakan pendekatan Service Oriented Architecture (SOA), memakai produk Oracle Fusion SOA Suites Middleware.

Berbicara tentang SOA, tentu tak lepas dengan WebService. Setiap aplikasi yang SOA-ready paling tidak harus bisa memberikan layanan lewat media WebService. Oleh karena itu, saya membuat panduan kecil bagaimana membuat WebService dari sebuah aplikasi Java. Bagaimana menyulap sebuah method di Java menjadi bisa dipanggil dari luar melalui WebService. Dengan beberapa annotation, hal itu sangat mudah dilakukan.

Di sini teknologi yang saya pakai adalah: Java SDK 6, JAX-WS, Oracle Weblogic 11g Release 1, Eclipse dengan plugin Oracle Weblogic Server Tools.

Silakan didownload panduan kecilnya di Dropbox Public Folder saya di sini: Introduction to Java WebServices. Sengaja pakai judul bahasa Inggris mengikuti tren judul-judul buku di toko buku itu. Sepertinya kalau nggak pakai Bahasa Inggris nggak keren dan menjual ya? Padahal isinya juga Bahasa Indonesia ndeles… hehe…

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

  1. Bahasa Indonesia ndeles itu mana bro, yang deket ITATS itu ya? Jalan Raya DELES yang sekarang berubah jadi Jl.Ir.Soekarno MERR II C

    Langsung menuju ke lokasi, baca sekilas isinya langsung ngelu *user full*

    1. haha mas Budiono ini, masak bhs Indo ndeles artinya bahasa orang daerah Deles Surabaya sini?
      mungkin maksudnya mas Galih: bhs Indonesia “asli” atau Indo notog njedhug 😀
      *mengomentari hal yg sama2 gak paham*

      iya, saya jadi ikutan ngelu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *