Nyaris Realtime, Transfer dengan SKN

Beberapa bulan terakhir ini, saya baru tahu ternyata Bank Mandiri mematikan fasilitas transfer real time-nya (RTGS – Real Time Gross Settlement). Bukan dimatikan sih, tapi diberi pesan kalau jumlah limit yang ditransfer tidak mencukupi batas minimal. Beberapa kali saya mencoba transfer ke rekening ibu saya di BRI, diberi pesan yang sama. Ternyata si Nilla mengalami hal yang sama, dia bilang kalau batas minimal transfer Bank Mandiri lewat RTGS sekarang adalah Rp. 50 juta.

Well, tentu peraturan ini untuk mengarahkan nasabah supaya menggunakan metode SKN (Sistem Kliring Nasional) yang berbiaya lebih murah. Bank Mandiri memasang tarif sepertiga lebih murah ketimbang sistem RTGS. Permasalahannya adalah, SKN ini terlanjur dipersepsikan sebagai sistem yang lambat, bahkan ada yang bilang kalau lewat jamnya, tiga hari bisa baru nyampe. Nah, tentu saja orang sekarang lebih memilih yang lebih mahal tapi langsung sampai daripada sistem yang kurang lebih mirip wesel tiga hari baru sampai.

Apa sih bedanya SKN dan RTGS? Jika RTGS, proses settlement dilakukan satu per satu transaksi dan sesegera mungkin. Sedangkan SKN, setiap transaksi dikumpulkan dahulu lalu pada periode tertentu BI mengkreditkan dana transfer ke bank penerima. Dari sinilah muncul persepsi kalau lewat jam angkut terakhir di hari Jumat, dana bisa baru sampai di hari Senin pada saat angkutan berikutnya.

Nah, dengan adanya peraturan batas minimal transfer untuk RTGS, mau tidak mau masyarakat dipaksa untuk memakai SKN yang lebih murah. Dan sekarang BI telah meningkatkan pelayanan sistem SKN ini dengan memperbanyak jam angkut. Yaitu tiap dua jam mulai pukul 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00 dengan waktu operasional pukul 08:00-16:00. Sehingga diharapkan sistem ini kecepatannya sudah mendekati RTGS atau close to the real time.

Saya sendiri kemarin sudah mencobanya untuk melakukan top up reksadana. Saya melakukan transfer SKN dari rekening saya di Bank Mandiri ke rekening Panin Dana Maksima di Deutsche Bank AG. Saya melakukannya melalui Internet Banking pukul 09:47 dengan harapan dana itu akan diangkut pada jam 10. Pada pukul 10:15, saya mendapatkan pemberitahuan dari CS-nya Panin bahwa dana sudah diterima dan akan segera dieksekusi proses top-up-nya.

Referensi:

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

15 thoughts

  1. wah, postingan ini nggak terlalu nyantol di jajaran otak saya, hehe
    ntar masalah duit2an, minta diajari sama suami aja lah #emang siape suaminye

    1. Yaaa intinya mekanisme transfer duit antar bank begitu. Calon isteri harus pinter ngatur keuangan keluarga lho, kebanyakan calon suami-suami kan acakadul keuangannya :mrgreen:

      1. wah, kalo saya mah pinter ngatur duit dan pinter BELANJAIN duit, wkwk

        saya alokasikan dana2nya, biar suami yg bagian nyimpen di bank nya gitu #halah

  2. Iya, aku taunya gara2 mention2an sama bank Mandiri-nya via twitter waktu itu. Hooo… SKN udah secepat itu ya sekarang? Sip sip… Thx infonya, gan. ;P

  3. Sekadar sharing. Tgl 2 Jan 2013 mentransfer dari Bank Mandiri ke Bank Niaga secara kliring via internet banking, dan belum sampai di Niaga pada tgl 3 Jan 2013, pdhl di Bank Mandiri nya sdh terkurangi. Kata CO dari phone banking Niaga dan Mandiri, biasanya memang sekitar tiga hari. Jadi disarankan mencheck ulang besok Jumat pagi, atau malah CO Mandiri nya bilang, bisa Senin pagi..
    Dari info CO Mandiri, minimal RTGS Rp 100 juta. Atau jika mau melakukan via transaksi online di internet banking (bukan kliring atau rtgs) jumlah maksimum adalah sesuai batas maksimum transfer via atm bersama.

  4. Setahu aku kalau keliring ditransfer pada waktu jam mau tutup,jadi misalkan hari ini anda tranfer jam 8 pagi maka dana akan sampai tujuan jam 15.30 Wib begitu juga berlaku pada hari berikutnya

  5. Kenapa ya sy dapat tferan bukti sistem.Skn tapi ngk.pernah masuk uangnya kenapa ya apa sistem skn mudah di cancel dengan pengirimnya. Soalnya penipu ngasih bukti skn berhasil tapi tidak pernah masuk uangnya. Tolong dijawab. Tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *