Passion

Ayah saya memasuki masa purna tugas sudah lima tahun yang lalu, tepat ketika saya menyelesaikan pendidikan dan bisa berdikari. Beliau pensiun sebagai pengajar Matematika SMP Negeri 01 Bandung, Tulungagung. Jumlah muridnya sudah tak terhitung. Tiap kali ada foto politikus lokal yang sedang mencalonkan diri jadi kepala daerah, ayah sering nyeletuk, “Dulu itu muridku, pernah kulempar kapur tulis karena bodohnya ga ketulungan…” sambil memperlihatkan ekspresi yang lucu.

Mengajar ternyata sudah mendarah daging. Sekarang beliau mengajar di rumah, membuat semacam bimbingan belajar untuk anak-anak SD. Lumayan daripada sepi katanya, karena semua anak-anaknya bekerja di luar kota — apalagi saya yang merantau di ibukota. Sekarang kalau sore halaman rumah penuh, suasana riuh rendah oleh anak-anak yang semangat belajar.

Inilah cara ayah saya mengisi masa pensiun. Mengajar lagi. Tentu saja bukan uang lagi yang dicari. Ini yang menginspirasi saya bahwa pekerjaan tidak hanya melulu uang. Ini lebih tentang kecintaan mengajar. Ini adalah bagaimana memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion, sehingga uang menjadi faktor nomor sekian yang menjadi tidak terlalu penting lagi.

Lokasi: Rumah, Tulungagung, Jawa Timur
Kamera: Panasonic Lumix DMC F3 

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

8 thoughts

  1. Baca tulisanmu ini jadi inget Alm Mbah Kakungku mas. Beliau juga dulu adalah seorang guru. Aku inget dulu pas lg liburan main kerumah (baca:nengok cucu *pake tercinta gak yah (heuheu) ), lagi enak2 nonton tivi, tiba2 disodori kertas bertuliskan 10 pertanyaan tentang pembagian dlm matematika. Haduww, pdhl cucunya ini gak jago hitung2annya (huks). Tapi Alhamdulilah angka 100 bertengger di kertas itu. 🙂 . Hoo.. what a memory 🙂

    Nice story. Bagus. 🙂

  2. Saya tidak terlalu suka Matematika. Makanya nilai Matematika saya selalu jeblok. Tali sumur dibelakang itu lho yang membuat suasana ndeso masih kental. Uh….jadi kangen pulang kampung lagi nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *