Selamat Ramadhan 1432H

FLICKR
Lokasi: Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan
Nikon D90 | Sigma 70-300 mm APO Macro

Meskipun terlambat (tapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali?), izinkan saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1432H bagi yang melaksanakan. Maafkan saya jika ada salah-salah ucap dan tulis baik yang saya sengaja dan (utamanya) yang tidak saya sengaja. Maafkan saya atas segala kesalahan, untuk hati yang saya sakiti. Sebenarnya tidak ada maksud kecuali hanya saya yang khilaf sebagai manusia yang darahnya sering bergejolak.

Saya mengambil foto burung merak sebagai tema Ramadhan ini karena dua hal. Burung Merak mengepakkan ekornya yang indah hanya untuk menarik lawan jenisnya. Ia mengembangkan ekornya selebar-lebarnya, menunjukkan semua hal yang dimilikinya. Tulus, tidak ada yang ditutup-tutupi.

Dua hal yang bisa kita tarik pelajaran dari burung Merak ini. Ketulusan dan keikhlasan harus menjadi semangat kita dalam setiap tingkah laku kita. Sekaligus menjauhi sikap sombong dan riya’ yang suka ditunjukkan oleh si Burung Merak untuk menarik pasangannya. Dua hal yang nampaknya bertentangan, tetapi sesungguhnya tidak.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

4 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *