Tentang Giliran Presentasi

Buat teman-teman yang masih sering presentasi bergiliran (biasanya yang masih kuliah, hehehe), mana yang lebih Anda suka, presentasi di awal atau di akhir? Jika bicara tentang giliran, menurut saya giliran yang paling enak itu di tengah-tengah agak awal, sekitar urutan tujuh sampai dua belas. Itu adalah waktu yang ideal baik buat presenter maupun dosen penguji.

Menjadi giliran awal menurut saya kurang menguntungkan. Kita akan menjadi standard setter bagi para penguji. Kalau dianggap buruk maka akan jadi relatif lebih buruk, tetapi kalau dianggap baik maka tidak akan jadi yang terbaik. Kalau ada peserta berikut yang serambut dibelah tujuh lebih baik, maka lebih baiknya akan cukup jauh daripada peserta pertama. Logis karena penguji adalah manusia biasa yang menilai secara subjektif dalam ke-objektif-annya.

Di sesi-sesi awal, penguji juga masih memiliki energi yang berlebihan. Ia akan menggonggong dengan pertanyaan-pertanyaan yang dalam. Selain mood yang masih menyala-nyala, ia juga harus menunjukkan kompetensinya di antara semua audience. “Pertempuran” seru memang akan terjadi di babak-babak awal sesi presentasi.

Seiring bergulirnya waktu, energi semua orang semakin terkuras (lebih-lebih pengujinya). Gonggongan (baca: pertanyaan) akan semakin tidak tajam. Dikejar waktu juga. Kalau batas waktu presentasi misalnya sepuluh menit, maka giliran awal biasanya molor sampai lima belas menit. Giliran terakhir akan mendapatkan jatah waktu yang semakin sedikit, dengan keuntungan gonggongan yang semakin tidak tajam dan dalam.

Dari catatan presentasi final paper kuliah Competitive Dynamics & Rivalry. Dari tiga jam waktu yang disediakan, saya mendapat giliran nomor dua dari belakang, baru presentasi pukul 22:20. Sepuluh slide yang saya siapkan akhirnya terpaksa dikebut dalam empat menit.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

  1. Aku pengen liat mahasiswaku mempresentasikan competitive dynamics and rivalry selasa besok, hehehe, mereka berempat, dan cuma satu kelompok, pastinya gak bakal berlama2 :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *