BATAN

FLICKR
Lokasi: Jl. Kuningan Barat 1, Jakarta Selatan
Panasonic Lumix F3 | Leica 5-20 mm (28 mm equivalent)

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah sebuah badan pemerintah yang melakukan penelitian terhadap kemungkinan energi nuklir di Indonesia. Salah satu megaproyek-nya adalah rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Gunung Muria yang menimbulkan kontroversi tanpa henti.

Pihak yang kontra dengan gagasan ini selalu mengaitkan risiko bencana radiasi nuklir dengan tragedi Chernobyl. Chernobyl adalah tragedi meledaknya reaktor nuklir di PLTN di kota Chernobyl, Ukraina pada tahun 1986. Karena sudah termasuk lama, para ilmuwan BATAN mulai bisa meredam isu ini. Namun pukulan bagi mereka tentu saja musibah PLTN Fukushima Daiichi, Jepang baru-baru ini. Akan ada lebih banyak lagi resisten publik mengenai keamanan energi nuklir, apalagi jika media berpihak kepada pihak yang kontra.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

6 thoughts

  1. Seandainya BATAN bisa memberikan lebih banyak lagi edukasi kepada masyarakat (baca: wartawan) mengenai manfaat PLTN, tentu tidak akan ada resistensi publik terhadap
    keamanan energi nuklir.

  2. Sebenarnya saya termasuk pendukung dibangunnya PLTN di Indonesia. Secara teknologi, PLTN lebih murah dan ‘ramah lingkungan’. Hanya saja, kalau nantinya akan ditangani oleh putra putri bangsa Indonesia yang (maaf) tingkat disiplinnya kurang, maka adanya PLTN di Indonesia akan menjadi momok yang luar biasa.

    Menjalankan PLTN memerlukan ketelitian dan kedisiplinan yang luar biasa. Bisakah hal ini dilakukan sementara kebiasaan kita adalah senang membangun tetapi tidak senang merawat.

  3. huufftt.. Masih belum bisa menerima ketika PLTN dibangun di Indonesia. Tidak hanya karena kedisiplinan SDM yang masih kurang atau ‘kengerian’ terhadap bahaya PLTN ketika terjadi gempa dll, tetapi juga karena PLTN di Indonesia hampir pasti produk impor semua. Ya bahan, ya ahlinya..
    Masih pesimistis deh..

    PLTN di Indonesia, sebaiknya dijadikan pilihan terakhir dari yang paling akhir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *