Kupu-Kupu dan Kopi

Kupu-Kupu

Kopi

FLICKR
Lokasi: Rawa-Rawa Sweden, Tulungagung, Jawa Timur
Nikon D90 | Sigma 70-300mm APO Macro

Rawa-rawa Sweden (baca: se-we-den — wedi — pasir, kurang lebih artinya rawa berpasir), dulu ketika terowongan Niama belum dibangun menembus perbukitan kapur selatan menuju Samudera Hindia, adalah rawa-rawa yang sangat luas dan tak pernah surut. Itu terjadi ketika saya masih balita, ketika Tulungagung masih terkenal dengan sebutan kota banjir. Sekarang area ini berubah menjadi persawahan yang subur dengan meninggalkan bekas-bekas identitasnya sebagai rawa-rawa: tanah yang labil, sungai yang banyak ikannya, dan bermacam-macam tumbuhan liar.

Ketika lewat sini, saya sekilas melihat beberapa tanaman yang cantik jika difoto. Tiga tahun menekuni fotografi membuat mata saya mulai terlatih untuk mengisolasi objek tanpa diganggu oleh benda-benda sekitarnya. Jadi saya menyempatkan berkunjung ke sini. Orang-orang yang sedang memancing tampak sedikit terusik ketekunannya melihat seseorang membawa kamera bermoncong panjang membungkuk-bungkuk di tengah bekas rawa — tidak jelas apa yang difoto.

Saya cukup puas dengan hasil yang saya bawa pulang. Taman Bunga Nusantara saja lewat. Tidak sia-sia berpanas-panas di tengah hari yang terik membakar (karena sorenya hujan deras). Sebenarnya ada beberapa bunga yang sangat cantik, tapi saya tidak berani mendekatinya, takut ada ular sekonyong-konyong datang minta difoto. Meskipun sekadar ular sawah, tapi saya fobia ular.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 thoughts

  1. hwkwkwkw… ular itu kan lucu gal, kenapa fobia sama dia? kwkw..

    eniwe fotomu emang keren, tajem sekaligus ‘pas’ gitu, sy emang ndak suka foto karya anak jaman sekarang yang banyak pake efek, bagus yg natural kayak gini serasa melihat aselinya..

  2. Wah..ternyata di daerah sweden..jadi inget jaman kecil renang pake ban di sweden(he.he.he…) ..foto bunga tunjung, bunga Lingi, ma tanaman gejernya ada gak mas galih?? biasanya banyak disana..Salut..Mantebs bgt fotonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *