Idul Adha 1431H

Meskipun sudah empat tahun tinggal di Jakarta, ini adalah Idul Adha pertama saya di Jakarta. Biasanya saya selalu mudik ke Tulungagung. Tetapi karena tahun ini lebaran haji ada di tengah minggu, jadi saya memilih untuk berlebaran di ibukota Jakarta. Menariknya, lebaran haji ini juga tidak serempak — saya ikut pemerintah berlebaran di hari Rabu, dan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah di hari Selasanya.

Awalnya saya ingin melaksanakan sholat Ied di masjid Istiqlal bersama presiden SBY. Pukul setengah enam, setelah mandi pagi, SCTV menyiarkan liputan langsung persiapan sholat Ied di Istiqlal. Masya Allah jamaah yang hadir sudah banyak sekali, tidak mungkin bisa masuk ruang utama dan memotret presiden. Jadi saya mengubah rencana dan melaksanakan sholat Ied di Masjid Sunda Kelapa.

Foto-foto bisa dilihat di halaman Flickr saya seperti biasa, dan berikut adalah beberapa foto favorit hasil jepretan Nikon D90 dan lensa kit-nya yang luar biasa: Nikkor AF-S 18-105 mm.

Sholat Ied diselenggarakan di taman Masjid Sunda Kelapa. Di sisi sayap sebelah kiri diperuntukkan untuk jamaah pria, sementara bagian dalam masjid dan pelatarannya semua diperuntukkan untuk jamaah wanita.

Karena outdoor, maka koran bekas dipakai sebagai alas sajadah. Selain membawa sendiri dari rumah, banyak juga yang menjual koran bekas ini dengan harga Rp. 1000 untuk beberapa lembar. Kemudian setelah selesai, mereka mengumpulkan kembali koran-koran yang ditinggalkan oleh jamaah untuk dijual secara kiloan. Seperti ibu ini misalnya.

Masjid Sunda Kelapa terkenal oleh pengunjungnya yang modis-modis. Ini juga salah satu alasan saya memilih sholat di sini. Keluarga-keluarga yang berada merayakan Idul Adha dengan membawa semua keluarga besarnya di masjid ini. Seperti misalnya nona ini dan ibunya yang sedang bercakap-cakap dengan saudaranya yang ada di lantai bawah.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

4 thoughts

  1. Saya masih saja kagum atas kejelian Mas Galih untuk mencari moment seperti pada foto Nona dan Ibunya ini. Foto ini diambil pada jarak lensa berapa ya Mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *