Kembali ke Masa Silam: Secangkir Kopi Java

Liburan semester waktu sekolah S1 dulu memang tiada duanya. Liburannya bisa sampai dua bulan dan bagi saya yang cukup beruntung tidak harus mengulang mata kuliah di semester pendek, saya bisa menghabiskan waktu-waktu itu dengan nganggur di rumah. Bermalas-malasan, bersantai-santai, tidak dibebani rutinitas. Hal yang kini sungguh merupakan kemewahan yang jarang sekali bisa dinikmati.

Tetapi mungkin juga saya adalah orang yang tidak bisa diam terlalu lama. Setiap liburan semester selalu saya isi dengan belajar bahasa pemrograman yang tidak diajarkan di sekolah, macam Visual Basic, ASP, dll. Sekitar enam tahun yang lalu, liburan saya pakai buat mendalami bahasa Java (waktu itu masih versi 1.4). Dan tiba-tiba sebuah ide muncul: menulis buku tentang Java.

What an idea! Gara-garanya saya ingin memberi hadiah ulang tahun kepada seorang gadis pujaan! Hahaha… beginilah kalau seorang geek memberikan hadiah ulang tahun, bukannya sesuatu yang macho atau romantis, tetapi si gadisnya malah disuruh berpusing-pusing baca buku pemrograman. Ah, masa yang telah berlalu, tetapi itu memberikan saya sebuah milestone untuk menulis tutorial dan panduan-panduan berikutnya (lihat di halaman Publikasi).

Buku pertama saya ini, Secangkir Kopi Java, sempat hilang karena hardisk saya terbakar sehingga file-file isi bahan pelajaran di sekolah (termasuk Tugas Akhir saya: Implementasi Sistem Temu Kembali Citra berdasarkan Fraktal Histogram) hilang semua. Tetapi suatu hari pernah ada yang mengirim email ke saya menanyakan salah satu materi yang saya tulis di buku itu. Sembari menjawab pertanyaannya, saya sekalian minta copy PDF-nya. Alhamdulillah, meskipun tak punya dokumen MS-Word-nya, saya punya PDF-nya lagi, he he he… (Thanks to Anggi-Nanaq).

Waktu baca ini lagi, saya ketawa-ketawa sendiri lihat gaya bahasa yang saya pakai. Yeah, seperti jika lihat archive blog ini di tahun-tahun segitu (2004-2005), saya memakai kata ganti “aku” dan lebih bergaya tidak formal. Lebih tersenyum lebar lagi waktu baca kata-kata penutupnya. Ah… masa yang telah berlalu… 🙂

Download

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *