Perpustakaan UI – 2010

FLICKR
Lokasi: Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat
Nikon D90 | Nikkor AF-S 18-105 mm

Kata beberapa pakar, Presiden Soekarno terlalu dini mendirikan TVRI di saat budaya baca belum tertanam di kehidupan rakyat Indonesia. Padahal, negara-negara besar selalu identik dengan budaya membaca. Budaya baca juga sangat kental di zaman keemasan Islam; ilmuwan-ilmuwan seperti Ibnu Sinna, Abu Yusuf Al-Kindi, adalah sang pencerah kegelapan Eropa. Buku-bukunya diterjemahkan dan dipelajari sehingga mengakhiri masa aufklarung.

Makanya, saya sangat berharap megaproyek perpustakaan UI ini segera jadi. Bangunan berarsitektur nyleneh ini terletak di pinggir danau UI yang asri. Melihatnya, mungkin seperti melihat piramida terbalik di depan museum Louvre. Di luar kemapanan arsitektur bangunan-bangunan UI dengan ciri khas bata merahnya.

Semoga kelak perpustakaan ini dibuka untuk umum, senyaman perpustakaan Binus di kampus Joseph Wibowo Center, Hang Lekir. Tentu saja yang lebih penting adalah buka di akhir pekan sehingga saya bisa menghabiskan Sabtu dan Minggu menenggelamkan diri di tengah-tengah guyuran ilmu pengetahuan. Ironis jika memikirkan tidak ada perpustakaan yang buka di hari Minggu, dengan suasana senyaman kafe Starbuck 😉

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

  1. ui udah punya perpustakaan yang cukup besar, namun sang rektor ingin supaya perpustakaan jadi terpusat, tidak perlu lagi perpus fakultas, cukup perpus universitas.

    sebelum perpus ini dibangun, rektor mengadakan sayembara arsitektur perpus.. herannya walaupun sudah terpilih pemenangnya dengan hadiah yang cukup menggiurkan, justru yang dibangun bukanlah seperti hasil karya sang pemenang.

    sayang sekali sepertinya perpus ini tidak akan buka di hari minggu karena keterbatasan sdm. berdoa saja supaya ui mau menambah pegawai demi terbukanya perpus ini pada hari libur.

    entahlah sampai kapan pembangunan ini berakhir. pada awalnya direncanakan pembangunan hanya sampai bulan desember 2009, sayang sekali molor sampai sekarang dan belum begitu jelas apakah betul2 hendak diselesaikan atau tidak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *