Tour Singkat di Kampus ITB

FLICKR
Lokasi: Kampus Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
Nikon D90 | Nikkor AF-S 18-105 mm

Sekitar sembilan tahun yang lalu, inilah obsesi terbesar saya. Menjadi mahasiswa ITB. Pelaksanaan SPMB (sekarang SNMPTN atau entah apa lah namanya) masih dua tahun lagi, tetapi saya sudah tapa brata puasa ngebleng. Ribuan soal latihan saya lahap dengan nikmat. Berbagai pelajaran yang orang sibuk berdebat tentang kurikulum saya pahami sedalam mungkin. Janji saya teriakkan dalam hati: demi, saya tidak akan menegakkan kepala jika belum merasakan dinginnya hawa Bandung, memainkan jari jemari di keyboard di salah satu lab Teknik Informatika ITB! Demi kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan Ayah dan Ibu saya.

Dan memang perjalanan hidup bercerita lain. Tuhan lebih tahu apa yang menjadi kebutuhan hamba-Nya. Segalanya adalah Dia. Empat tahun berikutnya saya menimba ilmu di kampus ITS. Menghirup hawa Surabaya yang lembab. Membawa gita cinta dan sejuta rasa dan pengalaman yang luar biasa.

Adalah Ifa, sepupu saya yang membangkitkan kenangan itu ketika di sebuah sore yang berhawa sejuk mengantarkan saya berjalan-jalan di lingkungan kampusnya. Saya beruntung karena ITB sedang mengadakan masa orientasi mahasiswa barunya sehingga saya bisa mendapatkan beberapa frame jepretan yang cukup bagus.

Tentu saja ketika lewat di depan gedung bersetrip warnah merah itu, saya berhenti sejenak dan tersenyum, kemudian meminta adik saya itu untuk memotret saya di depan gedung ini. Inilah sebuah pelajaran kepada seorang anak berumur 18 tahun tentang bagaimana cita-cita menghidupkan obsesi, dan bagaimana sebuah obsesi membakar sebuah kerja keras, dan akhirnya ikhlas dan tawakkal tentang apa yang telah menjadi takdir-Nya.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

  1. Kampus ITB adalah kampus dengan arsitektur bangunan terbaik yang pernah saya kunjungi. Gedung-gedung tuanya antik sedang yang baru nyeni karena bentuknya nggak seragam. Faktanya saya alumni ITS, tapi misal dulu bisa tembus ITB, kayaknya bakal kerasan kuliah di sana 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *