Flash Commander, Nikon D90

FLICKR
Lokasi: Pernikahan Nida-Hanif, Patra Graha Cilacap, Jawa Tengah
Nikon D90 | Nikkor AF-S 18-105 mm VR
Nikon Speedlight SB-600 dan internal flash

Salah satu fitur yang saya suka dari Nikon D90 adalah kemampuan flash internalnya yang luar biasa. Berbeda dengan flash internal pada umumnya, dia bisa mengukur cahaya dengan cerdas sehingga cahaya yang ia keluarkan tidak harsh, dan masih bisa mendapatkan ambience light dari background. Kesalahan saya tidak menunggu sedikit lebih lama untuk mengetahui kesaktian flash kecil ini, saya terlanjur menambahkan flash eksternal Nikon SB-600.

Tidak hanya itu saja, flash kecil ini juga memiliki kemampuan menjadi commander dari sistem pencahayaan flash eksternal. Jika Anda pernah datang ke pesta pernikahan dan melihat lampu-lampu digantung di atas tripod tinggi dihiasi payung kecil, itulah sistem flash eksternal. Nah, untuk mengendalikannya, perlu alat tambahan khusus bernama wireless flash commander atau speedlight eksternal semacam Nikon SB-800 atau SB-900. Dengan Nikon D90, alat tambahan itu tidak diperlukan lagi.

Foto di atas saya ambil dengan “mencuri” lighting-nya tukang foto. Saya set commander di channel 2 (setelah saya coba-coba dengan channel 1 dan 3). Hasilnya: like a pro! Jika saya memotret ke arah panggung, SB-600 bebas tugas saya kantongi. Bahkan flash internal saya bikin underexposed -1.7 EV supaya saya benar-benar mendapatkan efek cahaya samping dari sistem lampunya tukang foto.

Untuk Knip dan Nida, selamat menempuh hidup baru, selamat membangun keluarga yang penuh cinta kasih yang selalu dirahmati Allah SWT. Amiin…

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *