The Heritage

FLICKR
Lokasi: Jl. H Juanda, Bogor, Jawa Barat
Canon Ixus 120 IS

Saya membayangkan beratus tahun yang lalu, meneer-meneer Belanda mengendalikan pemerintahan Hindia Belanda di kota kecil sejuk yang tak jauh dari pusat pemerintahan di Batavia. Kota yang sejuk dan selalu hujan ini diberi nama: Buitenzorg. Kereta kuda berseliweran membawa pejabat-pejabat berseragam putih-putih dan bertopi bulat.

Saya tak tahu dulu gedung ini dipakai untuk apa oleh pemerintahan kolonial, tetapi sekarang gedung yang masih terlihat kokoh terawat itu dipakai sebagai gedung Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah 1 Jawa Barat. Letaknya persis di depan Istana Bogor, yang memang dulunya merupakan pusat pemerintahan di Buitenzorg.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 thoughts

  1. peninggalan arsitektur belanda yang modelnya tidak lekang oleh jaman.. tapi ada yang aneh, kita tidak suka dengan penjajahan belanda, tapi begitu gedung bekas belanda itu dirobohkan kok pada protes ya?

  2. @dion:
    Karena suka atau tidak suka, penjajahan Belanda adalah salah satu bagian dari sejarah dan gedung-gedung peninggalan Belanda adalah saksi sekaligus prasasti masa-masa tersebut. Sangat tidak bijaksana bila gedung-gedung tsb dirobohkan. Penjajahan dan sejarah adalah hal yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *