Menuju Dunia Nyata

FLICKR
Lokasi: Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah
Nikon D40 | Sigma 10-20 mm HSM

Matahari mulai condong ke arah barat ketika kami melepaskan bayi-bayi penyu itu dari penangkarannya ke lautan bebas. Bayi penyu itu bernama Tukik. Masing-masing dari kami yang memegang tukik diminta memberi nama dan melepaskannya ke pasir putih sambil menyoraki mereka. Awalnya tertatih-tatih, bayi-bayi penyu yang lucu itu merangkak berusaha meraih jilatan ombak. Sontak tiba-tiba, mereka dihajar ombak yang tiba-tiba datang dan segera terseret diombang-ambingkan ombak. Namun, talenta mereka adalah berenang dan menyelam meskipun usia mereka baru beberapa hari. Tukik-tukik itu segera beradaptasi dan meluncur ke lautan luas.

Dari sekitar seratusan tukik yang kami lepas, entah berapa yang akan bertahan hingga besar nanti. Entah apakah mereka sudah siap atau belum untuk menghadapi dunia nyata yang keras setelah beberapa hari berada di penangkaran yang nyaman. Apakah mereka tersungkur di batu karang, dimakan predatornya, ataukah selamat? Entahlah, hanya Tuhan yang tahu.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

8 thoughts

  1. who… dan dia menuju ke dunianya yang nyata dengan bekal kemampuan berenang yang langsung mahir.. padahal tiada pernah berlatih sebelumnya..

    sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan alloh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *