Upgrade WordPress ke Versi Terbaru (2.8.4) Pada Distro Debian versi Stabil (Lenny)

Ini gara-gara blogosphere dengan heboh memberitakan adanya security hole yang sangat serius di WordPress sebelum versi 2.8.4. Setelah lubang keamanan berupa akses lupa password dari URL yang dibuat sedemikian rupa, lubang keamanan terbaru adalah kemungkinan membuat administrator tersembunyi.

Ada satu sistem yang cukup krusial untuk tetap dijaga keamanannya karena menyangkut dengan citra. Hal ini membuat saya merasa perlu untuk melakukan upgrade WordPress. Masalahnya, sistem tersebut memakai sistem operasi Debian versi Lenny (release/stable) dimana WordPress-nya adalah versi 2.5.x dan tidak bisa diupgrade ke 2.8.x. Versi ini sudah ada di Debian Sid (unstable), tetapi tentu saja saya tidak mau hanya gara-gara WordPress, keseluruhan sistem harus diupgrade — apalagi ke versi yang belum stabil.

Solusinya adalah membuat paket installer *.deb sendiri untuk Lenny. Saya membuatnya di Debian Squeeze (testing) dan cukup sukses ketika diinstall secara manual tanpa apt-get di Lenny. Dan menurut etika dunia open source, ketika saya memperoleh ilmu dari sana, adalah kewajiban saya untuk menularkan ilmu itu.

Silakan download panduannya di sini. 

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *