Romantisme Tragis di Balik Perang Bubat

Perang Bubat adalah salah satu tonggak sejarah yang sangat penting yang mewarnai perjalanan Nusantara. Perang yang mengawali kehancuran Majapahit itu menyisakan luka yang amat dalam bagi Jawa dan Sunda. Ini adalah akhir konflik kerajaan Majapahit dan Sunda Galuh, sekaligus kesalahan fatal Mahapatih Gajah Mada di akhir karier-nya yang gilang gemilang.

Sumber permasalahannya sebenarnya adalah kecantikan yang membawa luka. Adalah seorang sekar kedaton Sunda Galuh bernama Dyah Pitaloka Citraresmi memiliki kecantikan yang luar biasa yang terdengar hingga pelosok nusantara. Pada saat itu pula, Prabu Hayam Wuruk sudah cukup umur untuk memiliki seorang permaisuri. Tim intelijen dikerahkan untuk mencari gadis cantik yang cocok dijadikan isteri sang raja, dan salah satunya adalah Dyah Pitaloka.

Namun demikian, ketika antar keluarga saling menyetujui, Mahapatih Gajah Mada memiliki pemikiran lain. Ia memandang bahwa Sunda Galuh harus takluk saat itu juga dan Dyah Pitaloka dianggap sebagai putri seserahan, bukan sebagai calon isteri yang berderajat sama. Perang berkobar yang berujung pada bunuh dirinya Dyah Pitaloka, menyebabkan konflik pribadi Prabu Hayam Wuruk dengan Gajah Mada.

Mengapa Dyah Pitaloka Sampai Bunuh Diri?

Nampaknya tidak ada sumber sejarah yang menerangkan hingga detail apa motivasi Dyah Pitaloka bunuh diri. Pemahaman umum yang berkembang adalah karena putus asa karena semua keluarganya yang bertempur dengan gagah berani telah dibunuh pasukan Bhayangkara Majapahit. Celah ini, seperti ketika novel-novel bercerita tentang kisah cinta Gayatri (permaisuri Rajapatni — isteri Raden Wijaya/Kertarajasa Jayawardhana), dimanfaatkan oleh penulis untuk memasukkan drama romantis yang tragis.

Langit Kresna Hariadi, dalam novel Perang Bubat, mengisahkan bahwa Dyah Pitaloka sebenarnya sudah terlanjur jatuh cinta kepada seorang rakyat jelata bernama Saniscara. Saniscara telah menumpahkan perasaan cintanya dengan cara yang paling mengagumkan yang bisa dibayangkan wanita mana pun: lukisan. Goresan-goresan dalam kanvasnya ditorehkan dengan penuh gairah. Dan ternyata cinta yang paling murni dari dua anak manusia ini bersambut, tetapi tidak mungkin bersatu karena faktor politik dan kedudukan serta derajat yang berbeda. Ini memberikan ruang bagi pembaca untuk bereksplorasi tentang apakah cinta harus dihalangi oleh norma-norma seperti itu.

Saya membayangkan, biar bagaimanapun juga, Dyah Pitaloka adalah seorang putri raja. Saya membayangkan ia adalah gadis yang dewasa (kenapa novel selalu melukiskan putri raja itu cantik dan manja?). Ia menyadari ia adalah kunci politik yang berharga dalam hubungan diplomatik dua negara. Jika pernikahannya dengan Prabu Hayam Wuruk bisa menyelamatkan Sunda Galuh dari posisi takluk sebagai negara jajahan, ia akan menekan segala perasaan dan mengutamakan kepentingan rakyatnya di atas kepentingan cinta pribadinya. Toh, Prabu Hayam Wuruk kan raja yang tampan juga.

Jika ternyata kemudian ia telah ditelikung, dicurangi oleh Mahapatih Gajah Mada, dan keluarganya habis terbunuh, harga dirinya lah yang membuat ia lebih baik mati daripada harus menjadi putri seserahan. Jika keluarganya telah bersikap patriotik heroik, mengapa ia tidak melakukan jalan yang sama? Berdasarkan ini, saya memaklumi putri Sunda yang cantik itu mengambil keris kecil dan menusuk dadanya sendiri.

Tinggal Prabu Hayam Wuruk yang termenung sendirian. Ia memang telah dibakar oleh cinta pada pandangan pertama. Bagaimana pun juga, ia adalah negarawan yang masih berusia pemuda. Masih bergejolak. Itulah awal konfliknya dengan Gajah Mada. Dan mundurnya Gajah Mada dari kancak politik membuat Majapahit tidak menemukan negarawan sehebat dirinya. Itulah awal kemunduran kejayaan Majapahit yang akhirnya runtuh dan digantikan rezim kerajaan-kerajaan Islam (Demak Bintoro).

Referensi: Langit Kresna Hariadi - Gajah Mada: Perang Bubat. 2008. Solo: Tiga Serangkai.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

212 thoughts

  1. hahahaha, embuh, kompak karo dion, aku cuma ngambil intisari yang ini, kenapa putri dan pangeran itu selalu cantik dan tampan, ya kalo gak gitu ceritanya gak laku, hahahahaha … ada juga pangeran kodok akhirnya turns up jadi pangeran tampan juga :))

  2. @detx:
    Hehehe… pengen wae 😀

    @Fenty:
    Bener juga fent :))

    @luxsman:
    Bukan, ini opini pribadi. Referensi opini ini adalah dari novel sejarah Perang Bubat karangan Langit Kresna Hariadi.

  3. Konon, karena peristiwa perang Bubat-lah sentimen Jawa-Sunda muncul, bahkan (masih ada sisa) sampai sekarang. Salah satunya di bandung (jawa barat) tidak ada nama jalan : hayam wuruk, gajah mada.

  4. its apart pf history,,,,
    napa orang jawa dilarang menikah dengan orang jawa,,,,begitu sebaliknya
    karena dari leluhurnya sudah mendarah daging,,keras kepala,,,,,
    jawa sang penakluk ( sampai sekarang kuat jiwa perantaunya,,,,,)
    sunda sang bestari ( keturunan cantik,,,,gaul,,modisss )
    jawa adi nigrat,,,,sampai kapanpun darah jawa adalah jiwa pemimpin negara,,

    tapi itulah manusia,,,akhirnya terlena oleh kemolekan wanita,,,,
    hancurlah suatu dinasty,,,,karena WANITA DAN KESERAKAHAN…..!!!!!!

    HIKMAHNYA : TETAPLAH MEMIMPIN DENGAN BIJAK

  5. Panglima tiang feng berucap ,Dari dulu beginilah cinta deritanya tiada akhir,.sunda dgn sgala kemolekanya untuk merayu ,menebar pesona guna mendapatkan material…jawa slalu berjiwa ksatria,pemimpin.

  6. @tunggul ametung: ksatria dan pemimpin? yang ada halalkan segala cara demi keserakahan. sadar kalo dengan jiwa ksatria tidak bisa kalahkan sunda dengan curang dan tipu muslihat baru bisa… inikah ksatria?

    1. Kenapa jadi pada berantem sih.. Aq aja yang campuran jawa-sunda santai2 aja.. Hahaha.. Weslah… Mau jawa or sunda atau makassar atau bugis sampai papua juga tetap INDONESIA. Jangan liat sukunya tapi liat Bendera Merah Putihnya… HIDUP INDONESIA

  7. ti baheula urang sunda loba di licikan, euw caritana lamun sunda kudu jadi nagara jajahan !!!!!!
    tong ngimpi

  8. Setiap suku punya sifat and karakteristik masing-masing..,tp itu ga terlalu mutlak.Konyol rasanya bila orang jawa merasa superior dibanding suku lain(sunda,batak,minang,papua),klo org jawa punya pemikiran seperti itu ga jauh beda seperti Bani/Suku Israel yg merasa dirinya golongan makhluk Tuhan yg palig istimewa,akhirnya diadzab Tuhan kan and dibenci umat manusia yg lain ampe sekarang kan??? .
    jgn sombong hanya karena udah ada 4 presiden berasal dari jawa,trs gmn hasilnya Indonesia sekarang dengan 4 presiden yg berasal dari jawa..??,bandingin dgn negara lain…??
    Bisa jadi bumerang buat org2 jawa..
    Bisa jadi kesempatan akan datang dengan presiden org sunda,batak,minag,papua,dll,Bangsa ini lebih maju..

  9. Wah…wah…koq sudah menjurus ke rasis neh diskusinya. Apapun suku bangsa kita, kita tetap Indonesia. Dan dimata Tuhan bukan suku bangsa yang derajatnya lebih tinggi tapi keimanan…..jadi sejarah mang tak bisa dilupakan, tapi kta bisa belajar darinya, yang baik diambil yang jelek diabaikan…

  10. hmmm kurang setuju klo cew sunda dibilang cantik2,cew jawa juga banyak yang ayu2,bahkan smart,klo dibilang suku jawa sok pemimpin dan ksatria,salah besar, semua juga dikasih ksempatan yang sama untuk jadi pemimpin,cuma knapa orang jawa yang terpilih,kembali ke kita sebagai bangsa Indonesia, kan pemilu kita yang milih. Knapa cew sunda ga ada satupun yang duduk di MPR,DPR atau jadi menteri?kecantikan bukan segalanya, ayu,cantik,geulis it dominasi dari hati,otak n attitude, kalu cm punya salah satunya aja,menurutku belum bisa dibilang cantik,bangga sbg cew jawa ^^,peace for cew sunda,kita semua sama,ayo buktiin ke Gajahmada klo orang sunda n jawa bisa bersatu

  11. belajar dari My name is khan
    cuma ada 2 manusia,insan yang baik n insan jahat,yang lain ga bisa bedain
    kita orang jawa g smbg kok, nyatana dipimpin orang non Jawa p.Habibie skali,malah kita usir,g ada yang maksa orang Jawa jadi presiden,kita yg milih,maaf ga fair klo komen anda aa aa skalian dari tanah sunda begitu sentimen terhadap orang jawa

  12. orang jawa punya jiwa penakluk, keras kepala dan jiwa kepemimpinan….ya barangkali ada benarnya juga…darah moyang mengalir karena gen itu pasti menurun kepada cucu walau berselang jauh jaraknya..

    tapi ya itulah sehebatnya penakluk bisa kalah ama wanita…pelajarannya, jangan mengulangi sejarah…

    gadis jawa gadis sunda…
    blasteran jawa sunda..
    sama seperti blasteran kalender Islam dan kalender jawa,,,

  13. Rupanya perlu diluruskan disini bahwa kisah PERANG BUBAT itu 100% fiksi. Sebenarnya tidak pernah ada perang di lapangan desa Bubat. Tidak pernah ada rencana raja Hayamwuruk mempersunting putri Sunda. Tidak pernah ada kunjungan tamu dari kerajaan Galuh/Sunda ke Majapahit. Tidak pernah ada raja Galuh/Sunda terbunuh di Majapahit.

    Perang Bubat hanya sebuah kisah fiksi yang ditulis oleh para pujangga Bali pada abad 17 (3 abad setelah era Hayamwuruk) dalam Kidung Sunda/Sundayana dan Pararaton, untuk tujuan membendung pengaruh Mataram (Sultan Agung) yang saat itu sedang meluaskan kekuasaannya. Dengan ditulisnya kisah tsb diharapkan pada saat itu muncul penentang kuat dari Sunda.

    Adanya hal-hal yang buruk pada Kidung Sunda/Sundayana dan Pararaton, pihak Mataram kemudian menerbitkan “buku putih” yaitu Babad Tanah Jawi, dengan menghilangkan data sejarah kerajaan Singhasari, meninggikan posisi Majapahit dan Mataram, merendahkan kesultanan Demak, dan membengkokkan sejarah asal-usul pendiri Majapahit (Raden Wijaya) seolah sebagai keturunan Padjadjaran.

    Jadi, sangat tidak afdol, jika timbul sentimen kesukuan antara Jawa-Sunda pada saat sekarang, apalagi hanya karena sebuah dongeng belaka.

  14. @Tunggul amentung: komentar bodoh anda telah memancing permusuhan,!! jika anda orang jawa yang katanya ksatria, harap anda secara ksatria meminta maaf..!!
    @Ruli: saya setuju, jika di zaman sekarang, sentimen kesukuan sudah tak perlu lagi.,apalagi jika diawali dari komentar bodoh Tunggul amentung tadi..!!

  15. Karya-karya fiksi sejarah memang bisa memiliki daya tarik luar biasa kepada setiap pembacanya. Dengan memanfaatkan latar belakang sejarah, dibangunlah imajinasi dan fantasi si pengarang tanpa banyak memikirkan resiko, karena dianggapnya kejadian yg diceritakannya itu terjadi jauh sebelum pembaca lahir.

    Namun terbukti, bahwa cerita fiksi sejarah sangat efektif meracuni pola pikir dan pandangan obyektif para pembacanya. Hanya karena terhanyut akan dramatisasi dan romantisasi yg dibangun si pengarang, pembaca secara tak sadar kehilangan kekritisan berpikir. Dianggapnya apa yg dibaca adalah gambaran kejadian yg sesungguhnya.

    Kisah Perang Bubat ini adalah salah satu contohnya. Betapa kisah fiksi ini telah meracuni pola pikir dan pandangan awam sejak dipublikasikan pada abad 17, dalam karya sastra Kidung Sunda/Sundayana dan juga Pararaton. Terlebih lagi di tahun-tahun belakangan ini para novelis justru mengangkat kembali kisah fiksi tsb dengan tambahan-tambahan kisah romantisme berlebihan. Ibarat racun ditambah racun.

    Yang lebih mengherankan lagi, kisah fiksi diatas fiksi tsb seringkali jadi topik utama dalam beberapa forum diskusi. Dianggapnya semua itu fakta-fakta sejarah. Bahkan sempat pula untuk diangkat menjadi film daerah oleh pemerintah, namun (untungnya) digagalkan oleh para wakil rakyat.

  16. Napa sih kita meributkan perang bubat, perang bubat adalah sejarah perjalanan kerajaan baik majapahit maupun sunda dan itu merupakan perjalan nenek moyang baik org sunda maupun org jawa kenapa kita jadi generasi muda tidak melihat sisi positif nya aja toh semua itu sudah terjadi, jadi ada dan tidaknya peristiwa itu jangan sampai membuat kita generasi muda ini terutama org sunda maupun org jawa terpecah belah karena kita ini satu Bangsa jadi sekarang waktunya kita untuk berbuat unutk Bangsa dan Negara ini, OK teman2 mohon maaf kalau ada yg ngk berkenan dengan tulisanku ini, makasih …..

  17. @ Raden Sudarsono
    Betul sekali pak, sekarang waktunya untuk berbuat bagi bangsa dan negara.
    Namun justru itulah, karena ini forum tentang Perang Bubat, kami justru berupaya meluruskan sejarah dan opini publik terutama kepada generasi sekarang, agar bersikap kritis dan memiliki pemahaman yang benar.
    Sekali lagi, marilah berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta. Hilangkan rasa saling curiga, rasa saling sentimen kesukuan hanya karena dongeng belaka.

  18. Kayanya terlalu dini kalo kita menyimpulkan Gajah Mada sebagai biang keladi dari perang bubat ini, karena jangan salah lho sebelum Gajah Mada mengembara ke Jawa bagian timur dia sempat menjadi pegawai Istana Kerajaan Sunda bertahun-tahun. Menurut sumber dari Sumedang kalo ga salah, ketika Gajah Mada jadi pegawai istana Kerajaan Sunda dia cukup dekat dan akrab dengan Dyah Pitaloka. Coba deh explore lagi dari versi orang Sumedang kalo ga salah….

  19. Rully@ Jadi begini silsilahnya:

    Ken Arok-Ken Dedes punya anak namanya MAHISA WONGATELENG, MAHISA WONGATELENG punya anak namanya MAHISA CEMPAKA, MAHISA CEMPAKA punya anak namanya DYAH SINGAMURTI.

    RAKEYAN JAYADARMA adalah Raja Sunda yang ke-26 menikah dengan DYAH SINGAMURTI, trus dari pernikahan itu lahirlah RADEN WIJAYA. Mungkin disebut keturunan Padjadjaran karena RADEN WIJAYA lahirnya di PAKUAN (pada waktu itu PAKUAN adalah ibukota Kerajaan Sunda). Jadi sebenarnya RADEN WIJAYA juga adalah penerus yang sah tahta RAJA SUNDA yang ke-27. Hanya saja Raden Wijaya memilih tinggal dan jadi penguasa di tanah jawa, sementara tahta Raja Sunda yang ke-27 diteruskan RAKEYAN RAGASUCI, saudaranya RAKEAN JAYADARMA atau pamannya RADEN WIJAYA.

    Btw peristiwa bubat ini sumbernya bukan cuma Kidung Sunda/Sundayana dan Pararaton lho, tapi ada juga ditulis dalam naskah Carita Parahiyangan dan Pustaka Nusantara, penelitinya kalo ga salah Prof Dr.C.C.Berg dari Belanda. Kidung Sunda itu sendiri sebenernya yang merencanakan pembuatannya juga kan HAYAM WURUK, niat baik HAYAM WURUK untuk menyelesaikan masalah bubat agar diambil hikmahnya.

    Jadi dari silsilah itu tidak ada yang perlu diributkan antara Jawa dan Sunda karena bubat bukan cuma Jawa VS Sunda tapi juga Sunda VS Sunda, dua kubu di perang bubat dua-duanya masih sama2 satu keturunan masih sesama saudara, strategi perangnya Majapahit dan Sunda juga sama2 bersumber dari Kitab Pustaka Ratuning Bala Sarewu…….Bahkan jika memang otak peristiwa bubat itu adalah Gajah Mada toh Gajah Mada juga orang Sunda, ayahnya Cina-ibunya Banten, nama Cinanya Ma Fong Hoe, nama Sundanya Ramada, nama Jawanya dikenal Gajah Mada.

    Jadi buat orang Sunda jangan memiliki rasa sakit hati sama orang jawa ya, lebih baik koreksi diri sendiri!!! Kalo orang Jawa banyak yang sukses jangan iri ya, koreksi diri sendiri!!!

    1. bener bgt. Majapahit emg msh bsaudara dg Kerajaan Sunda mlalui garis kturunan R.Wijaya. ini jg salah satu alasan knp hayam wuruk dan gajah mada tidak mnggunakan kekuatan angkatan perang Majapahit utk mnaklukan tanah Sunda.

  20. Klo lihat postingan terakhir dari Rully bener juga hampir seluruh anggota kerajaan pada saat itu berasal dari Pasundan bahkan Adityawarman yang menguasai sumatera sebanarnaya nama sunda, bahkan nama Galuh (kerajaan sunda pada saat itu) hingga kini banyak dipakai orang tua untuk memberi nama putri2nya di jawa yang pada asalnya untuk menghormati dan mengharapkan putri nya akan mendapatkan kecantikan yang sama dengan Dyah Pitaloka dan pada saat itu pula nama Diah mulai memasuki tanah Jawa yang jelas suasana masyarakat di dua kerajaan pada saat itu sangat penuh dengan suka cita bahkan nama Galuh sendiri di sunda sudah tidak akan ditemukan. yang jadi bahan pemikiran adalah manusia cenderung mempahlawankan yg tidak semestinya menjadi pahlawan.

    Richard The Lionhart sepantasnya diberi nama Richard The Butcher (penjagal), Colombus the Finder harusnya diberi nama Clombus the destroyer, juga Gajah mada sepak terjangnya di bumi nusantara sangat mengerikan terlalu banyak intrik tipu muslihat dan darah untuk melaksanakan tujuannya yang jelas Nusantara saat itu lebih banyak diklaim dibawah maja pahit ketimbang perang terbuka secara langsung.

    Kelakuan Gadjah Mada tidak hanya membahayakan kerajaan Sunda dan Jawa namun juga bertanggung jawab atas terjadinya penjajahan Barat ke Indonesia selama lebih dari 400 tahun mengingat apabila pada saat itu Majapahit tetap kuat dan Solid Negeri, penjajahan dari barat tidak akan berlangsung dengan mudah dikarenakan harus menghadapi sebuah kerajaan yang kuat.

    Satu hal lagi yang harus dicermati oleh Orang Jawa dan Sunda bahwa kelakuan Gajah Mada ini bukanlah representasi dari orang Jawa bahkan ditentang habis Oleh seluruh keluarga kerajaan Majapahit jadi sangat tidak masuk akal apabila kedua suku besar ini pecah hanya karena kelakuan Patih Jelek yang satu ini.

    Penaklukan wilayah sumatera oleh Majapahit tidak pula terlepas dari dukungn kerajaan Pasundan, dalam hal ini sangat jelas tidak mungkin majapahit menaklukan daerah barat ini tanpa dukungan logistik dan akses dari tetangganya.

    Buat masyarakat Jawa janganlah kalian terlalu mengagungkan patih yang satu ini toh pembenaran dan keadilan harus terukur dari sisi kemanusiaan dan kebudayaan, bahkan harus bisa dipertanggung jawabkan disisi Tuhan, buat orang Sunda toh kelakuan Gajah Mada ini bukanlah representasi dari Kerajaan Majapahit ataupun masyarakatnya (pada saat itu) justru pada masa kini yg saya lebih khawatirkan.

    Jadi menurut pemikiran saya Ketika Sunda dan Jawa bersatu dalam satu barisan, Nusantara dapat mereka kuasai, ketika Jawa dan Sunda Bersatu Republik ini meraih kemerdekaan (Ingat long mars Siliwangi) dan ketika Jawa dan Sunda bersatu PKI dapat dihancurkan dan yang terpenting Alhamdulillah saya menapatkan seorang Istri yang cantik dari Pekalongan (ketika Sunda dan Jawa bersatu)

    1. hmm.. MahaPatih “jelek” itulah yg memberi wawasan nusantara ptama kali dan dijadikan dasar bg founding fathers kita utk mmbangun NKRI. so’ show some respect.

      1. NKRI bukanlah yang terbaik dan belum tentu keinginan setiap manusia yang tinggal didalamnya. Melihat keegoisan jawa, ingat indonesia bukan hanya jawa, ada ratusan suku lain (sunda, minang, batak, bali, dll.), tidakkah itu menimbulkan kecemburuan daerah lain? Sehingga berapa banyak daerah yang ingin memisahkan diri dari nusantara? Apakah seandainya malaysia atau singapura bergabung dgn nusantara maka akan semaju seperti sekarang?

    1. Belum tentu nkri yang sekarang ini adalah yang terbaik dan yang diinginkan setiap manusia yang tinggal didalamnya. Berapa banyak daerah yang ingin memisahkan diri dari nusantara? Apakah seandainya malaysia bergabung dgn nusantara maka akan semaju seperti sekarang?

  21. mempelajari sejarah hukumnya wajib, tapi menggulanginya adalah haram, karena kita manusia tidak mungkin akan jatuh pada lubang yang sama….

    apapun kebenarannya, apapun versinya, yang perlu di perdebatkan bukanlah siapa benar siapa yang salah,. ambil hikmahnya buat kita semua…

    lagi pula sampai sekarang saya masih bingung, apakah cerita yang sekarang beredar adalah cerita sebenarnya atau bukan, karena yang saya tau berbagai sumber cerita yang kita ketahui itu di temukan oleh orang belanda pada masa penjajahan,. bisa saja cerita ini di jadikan alat buat mereka meruntuhkan keutuhan nusantara, dengan politik devide et impera mereka…

    yang perlu di cari sekarang adalah kebenaran sejarah, bukan mendewakan sejarah, karena saya yakin, semua punya keyakinan bahwa sejarah masing2 lah yang benar…

    tapi menurut saya yang benar adalah yang bisa mengambil hikmah dari sejarah tersebut…

  22. Yang tadi cuman buat si congkepak ya, anjing …. dari Sabang sampai Merouke juga jijik dengan komentar anjing yang satu ini sombong belagu biang kerok, lihat dari se-Indonesia melawan penjajahan dan di Genoside tapi kalian cuman bersekutu dengan penjajah memeras rakyat sendiri dasar feodal bahkan Pangeran Diponogoro seorang raja yang Sah-pun kalian korbankan dan diganti dengan koek pengecut yg dijadikan raja …. dasar golongan Soeharto CS penjajah bangsa sendiri.

  23. klo aku presiden RI, NKRI aku bubarin, persetan negara besar, silahkan tiap etnis memerdekan & membentuk negara sendiri. Singapura negara secuil aja makmur loh jinawi. Hanya orang2 TNI etnis jawa yang tidak terima merdekanya Timor Leste & otonomi khusus Aceh

  24. Kalo menurut aq sih.. siapapun yang mengarang buku ini dan menyebarluaskanya hanya untuk memcah belah persatuan Indonesia. Feodalisme yang diwariskan ke masyarakat Indonesia sangat kental.
    Mungkin butuh waktu yang panjang, karena pananaman feodalisme lebih dari 300 tahun diterpkan oleh wong londo.
    Pokok namah ieu teh feodalisme lah anu diwariskeun ku kompeni. tos sakitu wae iyong wis ngantuk n kencot.

  25. bagaimanapun sejarah adalah rentetan peristiwa masa lampau…. di belahan dunia manapun banyak terjadi moment ber-sejarah… di dalam kerajaan sunda n kerajaan galuh sendiri sering terjadi konflik berdarah…. makanya orang sunda bercermin diri dong… enak aj ngaku sanjaya, ngaku r. wijaya…. mikir sia orang sunda …sanjaya dan wijaya pun TIDAK BETAH hidup di sunda yg notabene orang2nya licik2..

  26. apapun yang terjadi di masa lalu perlihatkanlah…bukti2 sejarah temukanlah…demi ilmu pengetahuan yang benar dan warisan budaya yang benar …jangan di tutup tutupi dan di buat kabur … Jayalah Negeri ini … teu apal jeung raden galuh,raden siliwangi…teu apal sajarah,cik aya ahli sajarah ti sunda nu rada bener geura .. jadi sajarah teh sajarah lain dongeng nu di papais,dimamanis atawa di papait nu antukna jadi rujit ….

  27. dasar orang sunda sok plin plan klo ngomong.. dari jaman mandiminyak pun udah main selingkuh sesama orang sunda.. di situlah kecurangan terjadi.. kebohongan.penipuan,kemunafikan,pengingkaran.. sanjaya katanya berhak atas tahta sunda dan tahta galuh, tp mengapa tidak di ambil, jawabannya karena sanjaya tidak suka hidup di antara orang2 licik picik berakal bulus..kalo ngaku sanjaya kenapa jg tamperan, banga sampai di bunuh…

      1. hahahaa… masukan aja sbg referensi, kalo mau tau ttg suku jawa dan suku sunda, ada baiknya kita baca buku SUMA ORIENTAL karangan orang luar (Baca : independen/bukan jawa bukan sunda). setuju dg urang sunda kalo yg waras boleh diskusi di sini

  28. orang sunda mengatakan dyah pitaloka mati bunuh diri.. trus org sunda yg lainnya bilang yg mati bunuh diri itu dayangnya dyah pitaloka yg menyamar… dasar orang sunda sok bisa bermain kata sok berakal… sprti halnya yahudi yg pintar berstatement….

    1. emang siapa yang bilang gitu? jangan ngarang dech! Sejarah bilang gajah mada licik, tapi orang jawa bilang gajah mada cerdik. haha.. cari pembenaran. ksatria itu berani engakui kesalahan dan introspeksi diri, bukan membenarkan segala cara dan menutupi kebenaran.

  29. jangan jadi konflik dong, saya amati sunda ko lebih santun yah…, yang arogan biasanya ingin menang jadi tidak objektif.

  30. utk horas, anda belum merasakan sendiri hidup di tanah sunda…. temen temen gw, org batak/ medan sendiri gk suka tabiat org sunda yg pengecut dan plin plan… justru, di balik berlagu santun itu org sunda menyimpan kebohongan….

    1. @aing aing, si ujang katro, galuh kawali, borneo, : ga usah fitnah dan sok pake nama sunda ya (saya curiga sebenarnya ini satu orang tapi pake bbrp nama). komentar anda mencerminkan seperti apa anda yang sebenarnya.

  31. wow..lg iseng2 browsing, koq nongol yg bginian y?
    tp bener koq, sayah juga urg sunda asli..dan saya sndiri kurang suka dgn beberapa tabiat buruk urg sunda.
    Manis di depan, di belakang nusuk. Jarang ada yg fair. Dan klo org sunda merantau, uh skill ngeboong nya sangat berguna (hehe berhubung lagi merantau nih).

  32. Ti baheula urang sunda geus LICIK, CHAUVINIS.. raja galuh, Darmaraksa [891-895] ge di podaran ku mentri sunda… ku sabab urang sunda mbung di parentah ku Raja galuh kawali, nu sah jadi Raja sunda…. Dasar urang sunda we sok narsis, sok suci, sok hebat….

  33. weeeeeeeeewwww… orang sunda emang besar kepala .. isinya cuma angin kyk balon tuuuhhhh, sampai2 orang sunda terbang melayang gk menginjak tanah yang notabene di sebut pulau jawa itu….

  34. Putri Dyah Pitaloka.. my Hero
    Orang Sunda tipe bangsa cinta damai..
    (sayang di negara ini ada orang yang berprilaku seperti yahudi/amrik)

  35. kalau bisa kilas balik, perang bubat idealnya ga usah terjadi, kalau gajah mada bisa menahan diri, biarkan saja hayam wuruk dan diyah menikah sesuai dengan adat istiadat yang berlaku tanpa dicampur aduk urusan politik semacam sumpah pocong, sumpah palapa atau sumpah serapah sekalipun, adapun gajah mada ingin nusantara ini bersatu, keinginannya akan terkabul kok..sesaat setelah hayam wuruk dan dyah menikah, maka bersatulah nusantara ini, dua keluarga kerajaan ini konon silsilahnya ketemu di Raden Wijaya raja majapahit pertama, apalagi kalau ibu kota kerajaan majapahit pindah ke galuh, sama2 satu keturunan ini kok. Makin hebat aja tuh kerajaan Majapahit. Sejarah membuktikan NKRI ibu kotanya di jakarta yg nota bene adalah wilayah kerajaan sunda/pajajaran, sampai detik ini masih tetep NKRI. Jawa Barat adalah daerah yang paling strategis. Hidup Indonesia.

  36. sejarah membuktikan jakarta adalah kota bekas peninggalan belanda, dan belanda adalah salah satu bangsa di dunia yang terkenal jago membangun, tidak ada kaitannya sama sekali dengan sunda/ pajajaran. mana ada sih peninggalan kerajaan sunda yang bisa kita saksikan sampai sekarang.

    1. hmm, Sungai CItarum yg besar itu adalah peninggalan kerajaan Tarumanegara. piramida Gunung Padang adalah peninggalan org Sunda. jd masalahnya bukan tidak ada peninggalan mlainkan sudah sbrapa jauh kau mncari tau informasi ttg peninggalan org sunda?

  37. ga bahas masalah peninggalan, aku menitik beratkan pada daerahnya siapapun yang menempatinya ga jadi pokok bahasan , sejak jaman purba daerah jawa bagian barat jadi pilihan berbagai rejim untuk dijadikan pusat pemerintahan, dari mulai tarumanagara 358 m (pendirinya apa benar asli orang pribumi sunda ga usah bahas juga) sampai Pajajaran, terus dari mulai jaman belanda sampai indonesia sekarang, daerah jawa bagian barat jadi pilihan untuk di jadikan pusat pemerintahan. andai saja Majapahit pindahan ibu kotanya ke daerah jawa barat, sesaat setelah raja hayam wuruk nikah sama dyah pitaloka ga salah juga wong punya mertuanya kok.

  38. g perlu berandai andai.. sejarah mencatat, sanjaya/ raja mataram yg notabene keturunan setengah sunda, tidak di sukai di galuh.(sunda galuh ).. wijayapun tidak betah hidup di sunda… sanjaya ataupun wijaya bukanlah apa apa selama mereka hidup di sunda, tetapi mereka menjadi besar setelah mereka hidup di mataram dan majapahit.. …

    1. @ bon : tapi kenyataannya jaman sekarang sebagian orang indonesia lebih suka tinggal di jawa bagian barat, gimana donk?

  39. satu nusa satu bangsa… saling mangsa… sudah tabiat bangsa ini. gak jawa gak sunda semua sama aja, pada susah ngelihat orang seneng dan pada bahagia ngelihat orang susah.

    Aing mah javanese loves sundanese… keturunan dyah pitaloka memang bohay2 i love it!!! my girl is sundanese and i feel like a king when i’m making love with her. she’s my princess… free sex princess… oh yes…

  40. sengaja aku gunakan kata berandai andai toh judul tread ini ada kata “Romantisme…bla…bla…bla…” setidaknya paham hal yang berkaitan dengan nostalgia, cerita masa lalu, kenangan masa lalu, dsb, adapun sanjaya, wijaya adalah pelaku sejarah masa lalu, apakah bisa eksis di jawa bagian barat ataupun timur adalah pilihan pelaku itu sendiri, pada akhirnya waktu membuktikan, daerah jawa bagian barat ini di samping lokasi ibu kota negara karena memang tempatnya sangat strategis, juga salah satu daerah tujuan investasi dan mencari nafkah. keluarga besarku yang multi etnis, sumatera, sunda, jawa dan flores sementara ini lebih memilih daerah jawa bagian barat ini….btw…yoshi..bilang…keturunan dyah pitaloka bohay2..ha..ha….aku salah satu penggemarnya hhmmmmmm……..

  41. hanya sayang seribu sayang raja hayam wuruk sampai akhir hayatnya ga kesampaian meminang mojang galuh yang bohay2 termasuk si jelita dyah pitaloka…entah apa yg aku lakukan terhadap maha patih gajah mada andai aku jadi hayam wuruk….tingkat kesabaran yang manakah yang aku harus lakukan……tingkat ketabahan yang macam apakah yang aku harus jalani….mengingat kegagalan cinta yang sangat memilukan……jujur aku saat ini…beristrikan…turunan mojang galuh……hhmmmmm….menurutku…sesuai selera….he..he…he

  42. Jadi ni perang tuch benar2 fiksi?
    Trus klo pengen meluruskannya, bagaimana? Sedangkan data-data yang ada hanya sedikit.

  43. Disinilah titik kelemahan bangsa kita yg bisanya saling menghujat satu sama lain dan meninggalkan nilai-nilai luhur warisan tradisi nenek moyang pendahulu kita. Sejarah, hikayat, legenda bahka dongeng sekalipun seyogyanya kita manusia yg berakal budi pekerti yg luhur dapat menarik hikmah dari setiap kejadian dari masa ke masa, ataupun dari jaman ke jaman, yang mana itu semua dapat dijadikan suatu cerminan untuk bangsa ini lebih maju ke depan dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yg telah dilakukan oleh para pendahulu kita.

    Benar atau salah itu adalah sesuatu hal yg nisbi dan terkadang imagener, karena kebenaran yg hakiki adalah milik Tuhan YME, benar atau salah menurut versi manusia terkadang jauh dari objektifitasnya dikarenakan selalu ditunggangi dengan suatu kepentingan-kepentingan pihak-pihak tertentu.

    Cobalah kita renungi, untuk apa kita memperdebatkan pepesan kosong, kenapa pula kita tidak isi kehidupan berbangsa dan bernegara ini dengan lebih bermanfaat.

    Ingat semboyan persatuan NKRI “BHINEKA TUNGGAL IKA” hilangkanlah rasa superioritas atau inferioritas diantara kita. Marilah kita merubah sikap atau perubahanlah yang akan menggilas kita….HIDUP INDONESIA!!!

    Mohon maaf jika ada salah dalam berkata-kata dikarenakan saya pribadi hanyalah manusia biasa citaan Tuhan YME.

    Salam Hormat,
    Keturunan Galuh Pakuan Pajajaran dan Majaphit/Demak/Pajang

  44. Yuk kita pake akal sehat pake pikiran dingin
    kita sama-sama bersatu fokus lawan/brantas :
    – Premanisme
    – Kebodohan dan pembodohan
    – Korupsi
    itulah musuh kita bersama ! Viva Indonesia!

  45. kebenaran perang bubat sampai sekarang masih diragukan.
    sebagai bahan pertimbangan :
    kitab pararaton yg dijadikan pijakan tidak kuat dasarnya karena penuh dgn cerita2 mistik dan kesalahan2 penanggalan maupun keterangan2 lain tentang peristiwa2 penting masa itu. siapa yg bisa memastikan bahwa data2 dalam pararaton benar adanya ? bahkan penciptanya pun tidak jelas, begitu pula tahun pembuatan.
    bagi yg menggunakan pararaton sebagai dasar pemikiran harap membaca dulu terjemahan pararaton sebelum berkomentar.

  46. Jawa koek…jawa edan…mikirna tara make otak tapi make dengkul…gak ada yang berhak mengemban superior di dunia ini…kecuali Allah SWT Sang Maha Segalanya…jadi jangan arogan lu jawa….

    1. s’mua manusia pny sifat spti itu. mw dy org jawa, sunda, papua, kalimantan. tgantung ketakwaan msg2 saja lah, gak perlu bkin streotip suku ini, suku itu. ok?

  47. buat orang sunda : anda smua saudara saya terlepas dgn bnar tidaknya kisah tragis kidung sunda. saya orang jawa cm bisa memetik hikmah bahwa seandainya kisah itu benar maka kita harus belajar memahami isi cerita itu. biang kesalahannya adalah NAFSU, GENGSI, INGIN BERKUASA ATAS ORANG LAIN , MERASA MAMPU SENDIRI, dan itu bukanlah representatif dari orang jawa. itu gajah mada pribadi yg terobsesi dgn mimpi – mimpinya. POWER SYNDROM.

    BUAT ORANG JAWA : Jangan mengkultuskan seseorang manusia. kelemahannya lebih dominan di banding kehebatann yg di suarakan. tak ada yg HEBAT diatas muka bumi ini kecuali orang yg mampu rendah hati kepada siapapun.

    buat kita smua: sudah cukuplah pertumahan darah yg sama skali ga penting. sejarah ataupun cerita di buat untuk di renungkan bukan buat dasar pembenaran untuk menciptakan peperangan baru.

    SALAM PERSAUDARAAN HANGAT ARI KAMI ORANG JAWA UNTUK SAUDARA KAMI ORANG SUNDA. SMUA PUNYA KEHORMATAN YG SAMA

  48. TAMBAHAN : JANGAN SUKA BERSUMPAH!!!!! TRUST ME. Nabi Muhammad SAW pernah ditegur hanya gara2 berjanji. jadi kita yg awam ini jgn skali2 merasa yakin mampu memenuhi sumpah kita. MULUTMU ADALAH HARIMUMU

  49. sangat di sayangkan hanya karena kidung sunda yang tidak jelas asal usulnya, terjadi pemahaman yang salah di antara orang indonesia.

  50. kidung sundayana di ragukan asal usulnya, melihat dari bahasa yang dipakai dalam naskah tersebut, yang menggunakan bahasa jawa pertengahan. kalaupun kabarnya naskah tersebut di temukan di pulau bali, bisa di pahami juga kalau bali pernah di kuasai belanda setelah melalui perlawanan dari kerajaan bali dengan perang puputan yang terkenal itu. bisa saja naskah kidung sundayana adalah skenario ciptaan belanda dalam usahanya menjajah nusantara, karena berbagai macam cara di lakukan oleh belanda untuk menjajah nusantara. isi kidung sundayana lebih berbentuk dongeng semata, karena ditemukan banyak kejanggalan dengan keseluruhan isi ceritanya. coba lihat juga NASKAH BUJANGGA MANIK yang di tulis sekitar akhir tahun 1400-an atau awal 1500-an. seorang tohaan/ pangeran pajajaran yang melakukan perjalanan ke alas jawa, kemudian memasuki daerah daerah majapahit tanpa prasangka atau perasaan TRAUMA atau antipati kepada majapahit, seolah olah bujangga manik tidak mengetahui kejadian bubat. atau memang TIDAK PERNAH ADA TRAGEDI BUBAT. tidaklah jauh perbedaan jarak waktu antara perjalanan bujangga manik dgn tragedi bubat itu. seandainya tragedi bubat benar terjadi, mungkin saja bujangga manik akan dengan sedihnya menulis itu di naskahnya, sewaktu dia melanglang buana sampai daerah majapahit…. intinya, naskah kidung sundayana hanyalah naskah dongeng semata.

  51. TVRI bandung pernah menayangkan ulasan mengenai sekelompok masyarakat di daerah ciamis/garut. yang tiap tahun menyelenggarakan ritual memperingati perang bubat. masyarakat tersebut meyakini kalau perang bubat itu terjadi di daerah/ kampung mereka. upacara ritual itu di adakan dengan meletakan sesajenan di tempat tempat seprti sungai yang di yakini di situlah banyak prajurit sunda yang gugur. APAKAH KEYAKINAN MASYARAKAT INI BISA DI PERCAYA????

    1. hmm, kpercayaan masyarakat tradisional, bukanlah hal yg aneh jika sesuatu btentangan dg logika. spti msalnya larung laut (seserahan sesajen k laut) yg dilakukan oleh org Jawa, APAKAH KEYAKINAN MASYARAKAT INI BISA DIPERCAYA?

  52. Saya orang jawa tulen tapi saya juga punya temen orang sunda. Jawa dan Sunda sama saja yang membedakan adalah perilaku masing-masing. Gak bisa dipukul rata.

  53. bukan sara dan bukan provokatif hanya ingin mengingatkan saudara2 kami dari sunda stop menghujat orang jawa,,,kami tidak mengerti masalah kalian apa?yg pasti kami kalau hanya perang bubat gak beralasan sunda dan jawa bermusuhan,saya hanya ingin menjelaskan persepsi salah orang sunda dgn orang jawa,,kalau kita liat akar maslahnya sepele yakni rasa iri saudara kami dengan kemajuan dgn keuletan orang jawa lantas mengangkat masalah masa lalu yg sudah berlalu dan belum tentu kebenarannya..pertama kalau kalian menganggap majapahit dari jawa benar tapi tidak lantas majapahit bisa mewakili orang jawa,banyak kerajaan2 lain dijawa yg bermusuhan dgn majapahit terutama singosari( wilayah kekuasaan malang),selain singosari banyak kerajaan2 lain ditanah jawa yakni mataram(wilayah kekuasaan semarang),,yg saya benar2 heran kok ada yg menganggap jawa itu sepenuhnya majapahit lantas saudara kami orang sunda melihat semua jawa itu majapahit,,SALAH?? jawa itu berbeda2 ada jawa ngapak(tegal,brebes,banyumas,dll),ada jawa keraton(semarang,solo,jogja,serta jawa bagian tengah),jawa tapal kuda yakni(banyuwangi,bondowoso,probolinggo)yang terakhir jawa suroboyoan (sekitar wilayah surabaya termasuk mojokerto,gresik,sidoarjo)..jadi cukup selesaikan masalah ini,kasian anak banyak orang jawa yg gak tau klo sesungguhnya saudara2 mereka orang2 sunda banyak yg benci mereka karena selama ini orang 2 jawa tidak pernah memikirkan masalah ini..kesimpulannya jawa itu banyak dan berbeda2 jgn mudah mengambil kesimpulan kalau jawa seluruhnya jelek ato buruk…

    1. hmm, setau saya Singasari itu kerajaan bawahan Majapahit degh mas. stlah raja t’akhir Singasari, Sri Kertanegara tewas akibat serangan raja Gelang2, Singasari runtuh dan digantikan oleh Majapahit, sdgkn Singasari b’alih mnjadi bagian dr kekuasaan Majapahit. PLEASE, saya stuju dg sbgian point2 yg anda berikan tp setidaknya berikanlah informasi yg tepat sesuai sejarah. ok?

  54. Suku Jawa memang sedang melakukan jawanisasi Indonesia (contoh misalnya di daerah kami SumUt, penamaan daerah2 yg menggunakan istilah Jawa pada daerah2 transmigrasi).
    Selain itu, terhadap saudara terdekatnya sendiri (orang Sunda), suku Jawa melakukan pemaksaan kehendak, misalnya untuk merubah nama2 tempat di daerah Jawa Barat (Sunda) dengan penulisan & pengucapan suku Jawa. Misalnya:
    Ciledug, di_Jawakan menjadi Cileduk
    Gadog, di_Jawakan menjadi Gadok
    Nagreg, di_Jawakan menjadi Nagrek
    dan masih banyak lagi.
    Kemudian Jawanisasi bahasa Indonesia, misalnya:
    Istilah leyeh-leyeh, empat menjadi ampat, enam menjadi anam, Gudeg, menjadi Gudek, semakin menjadi semangkin, dll.

    Kami yg di luar Jawa, teramat muak melihat orang2 Jawa. Kami lebih menyukai orang Sunda yg memiliki keramahan alamai / natural, makanya di Sumatera, tentara Siliwangi yg mayoritas orang Sunda sangat diterima (terutama di Aceh) & Papua. Lain halnya dengan TNI yg orang2 Jawa, kami sangat benci dengan aroganismenya, bahasanya yg bletak-bletuk nggak enak didengar.

    1. HAHAHAHAHA! itu sih bukan jawanisasi tp LEBIH KARENA aksen/logat bicara org jawa yg khas yg akhirnya menimbulkan penyebutan spti itu, BTW, contoh yg anda sebut d lafal formal ttp tidak b’ubah. Ciledug ttp pke “G” bkn “K”, Gadog dg “G” dan Nagreg dg “G”. so’ BUKANLAH hal yg luar biasa, tlbh sbg org Batak anda psti bcara dng logat yg khas pula khan? jd penasaran klo anda pke logat Batak saat bcara hal2 mengenai suku lain. BISA@ anda dikatai sedang ingin “BATAKNISASI” Indonesia lg! HAHAHAHAHAHA!!

  55. gak nyambung bgt klo cuma gara sebuah nama lantas benci..karena klo diliat sama siapa aja orang sunda ini gak akan pernah cocok..gw lebih milih jawa orangnya ulet mau bekerja keras..berani merantau,gak mudah ngeluh,dan gak malu dengan pekerjaan apapun..coba liat sunda,,apa mau mrantau jauh2 jadi pembantu,jadi penjual,ato jadi kuli bangunan,banyak yang harus dipelajari orang sunda dari orang jawa bukan bisanya protes…protes…protes…masih mending ibukota berada diwilayah jabar,klo ibukota di kalimantan ato ditanah jawa,jadi apa orang sunda..?bukti kemajuan klo manfaat ibukota berada diwilayah jabar….bekasi,bogor,depok kini bisa menjadi daerah yang maju karena dekat dengan jakarta,bahkan ibukota jabar pun ikut maju karena banyak fasilitas yang diberikan ibukota,,,justru banyak daerah yg iri sama provinsi jabar,karna segala sesuatunya bisa ditopang jakarta,, gw rela ibukota ada dimana aja tapi klo pemerataan pembangunan tidak menyebar lebih baik ibukota dipindah dan daerah itu ngurusi daerahnya sendiri2..

    1. Ah ga juga. Gue keturunan sunda, tapi buktinya gue ga pemalas, ga suka ngeluh, dll. yang lo sebutin di atas. Jangan memandang sesuatu secara objektif terus. Think out of the box.

  56. gak masuk diakal klo orang sunda iri dengan orang jawa cuma masalah gitu aja..karena dimana pun orang sunda gak akan pernah cocok dengan suku2 yg lain,selain sombong dengan menganggap diri mereka paling sempurna dan paling lebih baik segalanya dibanding yg lain..padahal ilmu yg dipunya hanyalah tampang yg mereka anggap sempurna dan dipakai utk eksis..gak hanya tampang yg diperlukan utk bisa maju,,contoh orang jawa gak malu mau bekerja kasar,gak malu bekerja rendahan,,tuhan menciptakan kaum sesuai dgn kemampuannya masing2,jawa dgn keuletan dan ketangguhannya gak dipunya oleh org sunda,,yang bisanya protes…protes…protes… gw setuju kenapa kasus yg sdh lama ini harus diungkit2 lagi,,masih byk yg harus dikerjakan klo cuma sekedar mengungkit masa lalu..seharusnya orang2 jabar khususnya sunda bersyukur diberikan keidahan alam yg indah lantas digunakan sebaiknya karena didaerah lain tidak memilinya..dan yang paling membuat daerah lain seharusnya iri karena dijabar ada ibukota..dimana ibukota ini byk sekali membantu ekonomi jabar sehingga bisa maju dan berkembang,misal bekasi,bogor,dan depok yg menjadi kota satelit jakarta,betapa majunya kota ini meski pembangunannya kurang didukung ibukota jabar,, apalagi byk org jawa yg bekerja membangun didalamnya..klo saja ibukota gak ada di jabar melainkan di kalimantan atau ditanah jawa mungkin orang2 sunda akan lebih protes lagi,gw tw forum ini milik orang2 sunda..mengapa forum ini dibuat yang jelas utk menjatuhkan org jawa..jadi daripada iri yg gak jalas mau dan keinginannya apa mending diselesaikan saja,,orang sunda sudah byk eksis didunia hiburan dan kesenian jadi cukup disitu saja bidangnya karena itu memang menjadi daya tarikya tersendiri..

    1. shhmm, setau gw banyak jg orang sunda yg bkerja ekstra keras utk mnyambung hidup bahkan sampai rela merantau kluar negeri. tp klo anda mengeneralisir smw org sunda spti itu apa bedanya anda dg org2 yg anda cela td?

  57. masalahkayak gitu aja kok di ributin,alloh itu menciptakan manusia itu sama, entah sunda entaah jawa,pokoknya sama derajatnya,sukses tidak nya seseorang itu kan dari usahanya,klu berusaha dengan tekun gak kenal putus asa ya pasti sukses, masalah jaman dulu kayak gitu kok dipermaslahkan
    kitakan hidup berbngsa dan bernegara,sama kok jawa ama sunda ,q kenal orang sunda tu baik2 aja sebaliknya orang sunda juga gitu.nah klu dah kodrat and ketentuan yang diats ya gimna lagi
    mohon gak ada yang rasis anda jelek2in satu sama lain,makasih

  58. mau bener mau piksi yah kitakan ndak tau wong kita hidup di masa NKRI bukan masanya kerajaan
    Bung karno mengatakan jas merah memang benar jangan sekali – kali lupakan sejarah namanya sejarah mah bagai mana orang yang memimpinya jangan ruksak perdamayan kita karena leluhur kita ……….. kita satu bangsa indonesia

  59. “STOP MENGHUJAT SATU SAMA LAIN” berkacalah pd diri kita masing2, sesungguhnya sikap saling bermusuhan hanyalah akan membawa kita pd jurang kehancuran …. “STOP RACIST” Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat dari sisi itu semua….tetapi Allah hanya melihat dari keimanan dan ketaqwaan manusia saja terlepas dia dari bangsa mana, suku, ras dsb …. Janganlah nafsu angkara murka membutakan mata, hati dan pikiran kita yang mana akan membawa kita semua kepada kenistaan baik di dunia maupun di akhirat nanti…Na udzu billah summa naudzu bilah minzali ….. ingat kisah Izazil (Iblis yg durzana), hanya karena kesombongannya maka dia terusir dari surga dan akan kekal di dalam neraka …. maka sesungguhnya orang2 yang sombong dan membagakan diri adalah para pengikut iblis, karena kesombongan hanyalah pakain Allah SWT yg merajai segalanya…..

  60. gw sadar 100% semua makhluk tuhan itu sama sampai gw sekostan ama dua org jawa yg kalo lg ngumpul anggep yg disekitarnya “invisible” karena mereka sibuk berdua berbahasa jawa tanpa menenggang org sekitar yg ingin ikut gabung ngobrol

    salah satu dr mereka bahkan pernah mengeluarkan kalimat ofensif yg bikin kita sebagai org BUKAN jawa merasa terendahkan…

    gw kecewa mengapa org jawa suka merasa paling hebat ya? apa karena mayoritas?

    1. saya pernah sekosan ma satu orang bandung sunda dan satu orang batak yang dibesarkan di sukabumi. dan kalo ngobrol bertiga, teteh bandung suka pake bahasa sunda yang kakak batak emang ngarti. saya mah nyaman2 aja sekalian belajar bahasa laen. (meski suka blank kaga ngarti)paling sering teteh itu teriak “cepetan!! aku mau ngabbrusut!!” pas ngantri mandi. entah apa artinya tapi aku akan cepet2 keluar kamar mandi ^_^

  61. Satu saja yang saya tangkap dari sejarah/kisah ini.

    Komitmen, sumpah dan ambisi saja tak cukup untuk menundukkan Nusantara.
    Menundukkan pun tak mampu, apalagi menyatukannya.

    Itulah yang menenggelamkan gemilang Tan Amukti Palapa.

    Terlepas dari banyaknya yang membanggakan Majapahit dan “Nusantara”-nya, bagi saya itu adalah KEBANGGAAN SEMU yang ditanam dan dipupuk rezim yang berpihak padanya.

    Dan rezim ini pun telah runtuh, sama seperti “sumpah agung” itu.

  62. tuk si ujang katro. kalo kamu bilang ….”sayah juga urg sunda asli..dan saya sndiri kurang suka dgn beberapa tabiat buruk urg sunda.” ini menunjukan tabiat kamu lebih buruk dari kamu tuduhkan.
    ini yang namanya mengina, merendahkan dirinya sendiri, sok asa pangbenerna. tabiat ujang katro sudah nampak jelas buruknya, ya kan.
    ngaca ujang, istighfar

  63. Assalammu’alaikum Wr.Wb
    Selamat Pagi Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

    Saudara-saudarku SeBangsa dan Senegara yang ber Bhineka Tunggal Ika,
    dari pada kita meributkan Pepesan kosong Sejarah yang tidak pernah kita alami
    yang sebenarnya sudah ada SUNATTULAHnya, yang pertama dicontohkan oleh
    Putra dan Putri Nabi ADAM A.S , yaitu HABIL dan KABIL , Pertumpahan Darah Anak Manusia Pertama di Muka BUMI ini.
    Jadi Marilah Kita Ambil Hikmahnya Saja dari Semua Sejarah dari Nabi ADAM sampai Zaman Kerajaan di Bumi Nusantara, hingga saat ini, Semoga Kita Menjadi Manusia yang RAHMATTAL LIL ALAMIEN ( Berguna/Bermanfaat Bagi Sesama Manusia dan Makhluk ALLAH TUHAN YANG MAHA ESA di Muka BUMI dan BUMI PERTIWI INDONESIA , TANAH AIR & TUMPAH DARAHKU ini.

    Wassalammua’laikum Wr.Wb

    1. BENER BGT INI. KLO ORG MUDA INDO MAYORITAS BPIKIRAN SPTI ORG ‘GELO’ D SITUS INI, BISA AMBRUK NKRI INI DAN KITA SIAP2 DIJAJAH ASING LG.

  64. Orang sunda adalah pengarang nomor wahid di negeri ini buktinya :
    1. Sanjaya & Wijaya keturunan sunda. Tidak ada sumber sejarah di sunda yang menerangkan hal tersebut, hanya cerita lisan. Dyah Lembu Tal digambarkan sebagai perempuan padahal Dyah (Dian/Dyan) adalah bukan nama melainkan gelar yang apabila ditambahkan dengan kata Ra (The (Inggris)/ Si (Indonesia)) akan menjadi Ra Dyan dan akhirnya berubah menjadi Raden. Sedangkan lembu tal adalah laki2 bandingkan dengan Kebo Anabrang, Lembu Peteng, Lembu Sora dll, tidak ada perempuan bernama depan Kebo, gajah, lembu dll
    2. Di atas ada yang menulis Rakean Jaya darma raja sunda yang ke-26, terus berapa tahun kerajaan sunda berdiri sampai ada raja yang ke 26, sedangkan sejarah sunda sendiri sumbernya kebanyakan dari naskah2 yang dibuat tahun 1700an dan lisan (apakah otentik)
    3. Siapa sebenarnya prabu siliwangi, raja yang ke berapa? sejarawan sunda masih memperdebatkan karena tidak adanya sumber tertulis yang ada hanya cerita lisan turun temurun yang banyak versinya.
    4. Ada tulisan di atas yang menyebut penyerangan R. Wijaya ke sumatera pasti dibantu kerajaan sunda karena yang punya akses adalah tetangganya, secara logika itu benar,tetapi kalau tetangga itu belum takluk apa dia mau membantu (diperintah) seperti halnya Sultan Agung Hanyokro Kusumo yang akan menyerbu Batavia memerintahkan Adipati Ukur, adipati Ukur mau membantu penyerangan tersebut karena tatar Ukur sudah takluk ke Mataram.
    5. Di jaman modern ini Jawa Barat mengklaim angklung sebagai kesenian asli jawa barat. Angklung di Jawa barat diperkenalkan di Jawa Barat oleh Daeng Sutisna dan Ujo pada awal thn 1900an padahal kesenian Reyog Ponorogo yang lahir jaman raja Majapahit terakhir telah menggunakan angklung sebagai salah satu pengiringnya. Di daerah lainpun angklung berkembang seperti di Bali dan Suku Osing di Banyuwangi yang tentunya tradisi angklung di sana lebih tua daripada di Jawa barat karena suku Osing di Banyuwangi adalah Suku yang mempunyai kebudayaan dan bahasa yang lebih dekat ke Majapahit daripada ke Jawa Modern karena Banyuwangi tak pernah dikuasai Mataram.

  65. ha,ha,ha..kenapa gajah mada menyerang rombongan kerajaan galuh di bubat? karena gajah mada seorang gay, gajah mada jatuh cinta pada hayam wuruk, itu sebabnya di kitab negara kertagama tragedi perang bubat tidak dicantumkan, raja terakhir majapahit brawijaya 5 meninggal karena penyakit spilis, sejarah keraton di indonesia memiliki sejarah yang kelam, sama dengan keraton-keraton atau kerajaan di seluruh dunia. kerajaan pertama di jawa adalah taruma negara,,setelah taruma negara runtuh banyak orang-orang taruma negara hijrah kejawa tengah dan jawa timur hingga bali, mereka mendirikan kerajaan, di jawa tengah ada kerajaan yang bernama kalingga, setelah runtuh muncul kerajaan mataram hindu, mataram hindu runtuh muncul kahuripan , kahuripan pecah jadi dua panjalu dan jengala, sesudah itu muncul singasari setalah singasari runtuh muncul majapahit, setelah majapahit runtuh muncul demak, demak runtuh muncul pajang,pajang runtuh muncul mataram, diperjanjian gianti mataram dibagi 2, dari 2 keraton pecahan mataram muncul lagi beberapa keraton . kalo mau jujur bahasa sunda halus dan jawa halus itu mirip. Masa lalu boleh kelam, tapi sekarang kita adalah satu bangsa yaitu bangsa indonesia, jika orang jawa dan sunda ribut terus siapa yang tertawa girang tidak lain tidak bukan adalah belanda, karena tujuan mereka berhasil untuk memecah belah bangsa indonesia, semoga indonesia atau nusantara selau jaya….

  66. saya orang jawa asli….gak kaget membaca respon ini …. tanah indonesia dahulu kala bernama sundaland…ada sunda besar dan kecil…pergeseran penafsiran tetntang sejarah sangatlah lumrah..sebenarnya bangsa barat lebih mengenal tanah indonesia ini dengan sunda…jadi awal muasal gak ada hubungan sunda,jawa or etc abaout sukuisme….menarik sekali tentang sosok gajah mada yang bagi sebaian orang merupakan tokoh protagonis dan antagonis……dalam literatur yang saya baca sosok gajah mada adalah seorang putera yang berdarah batak….si aji donda tatautan…..yang menerima nama Mada di kerajaan minang setelah menuntut ilmu di jawa di beri nama gadjah mada ……..mengenai raja di nusantara gak ada orang pribumi yang bisa memimpin suatu awal dari alexander agung yang familiar disebut syaelendra lah semuanya terjadi..urang sunda bilang bahwa sukunya yang memiliki darah suci keturunan syeaelendra…begitu juga orang jawa………..perang bubat..merupakan intrik politik yang di perankan gadjah mada…..mahapatih luarbiasa yang disegani dunia….keinginan hayamwuruk memperistri dyahpitaloka pun bisa menjadi konsumsi politik itulah hebatnya seorang gajah mada …dalam pikiran gadjah mada nusantara adalah segalanya…bila di bagian barat terdapat george washingthon di timur lah lahir sosok gajah mada……dengan segala hormat gadjah mada menanamkan bibit persatuan…
    jawa sunda adalah sebagian kecil yang seharusnya gak perlu di pertentangkan….cuma satu indonesia nusantara……….dari patih gadjah mada.

  67. Empu Tantular merasa getir dan merindung ketika akan menuliskan kisah perang bubat karena ini tragedi yang maha dasyat yang pernah ada di pulau jawa (beliau bersemedi, berfikir, mencari jalan yang baik , …. lama berfikir ….. dan akhirnya kisah perang bubat tidak dimuat di kitab nagarakertagama, untuk menghindari konflik antara sunda dan jawa, itulah awal mula mengapa di kitab nagara kertagama tidak dituliskan kisah tentang perang bubat.

  68. aing mah mahluk Allah…… Lamun hayang jadi ras paling hebat silahkan…..toh dihadapan Allah kalian bukan siapa2……perang bubat tidak akan menjadikan kalian punya nilai plus dari sang maha pencipta siapapun yg menang….yg jelas meraka yg terlibat semuanya akan di pinta pertanggungjawabannya di hadapan Allah……. Termasuk para pemimpin negeri ini yg arogan dan tidak punya hati mereka orang pertama yg akan di pinta pertanggungjawabannya….. Siap2 z karena umur seorang manusia d bumi takan lebih dari 80th……

  69. klo ujung2nya cuma ada saling ejek dan saling maki berarti politik devide et impera smpai sekarang masih ampuh…. payah….

  70. Saya adalah org sunda asli tulen 100% dan saya bangga dengan kesundaan saya.
    Melihat komentar2 diatas yg sebagian mendiskreditkan ras sunda terutama dr org jawa saya ckp prihatin dgn itu. 
    Diakui memang sebagian besar pemimpin negeri ini berasal dr ras jawa, tp muncul pertanyaan apakah kegagalan para pemimpin kita (yg sebagian besar berasal dr ras jawa) dalam mengelola pemerintahan negeri ini jg berani dipertanggungjawabkan dengan ksatria? Kalo ternyata ras jawa adalah ras pemimpin, sudah ada dimanakah posisi negeri ini sekarang di mata dunia? Apakah rakyatnya cukup makmur? Apakah sudah tdk ada kelaparan di negeri yg org jawa pimpin ini? Apakah tdk ada korupsi di negeri yg org jawa pimpin ini? Kalo semua pertanyaan tersebut terjawab dengan negatif berarti maaf dgn berat hati saya berkesimpulan bahwa org jawa telah gagal menjadi pemimpin, kalo timbul pertanyaan “ras manakah yg paling bertanggungjawab atas kegagalan negeri ini?” maka jawabannya sudah pasti jawa. Apakah anda org jawa berani bertanggungjawab dgn ini?
    Skrg gadjah mada yg anda bilang pemersatu nusantara, pemersatu? Mohon diingat bahwa motivasi gadjah mada bukan mempersatukan nusantara tp menaklukan nusantara menjadi wilayah jajahan yg secara rutin membayar upeti kepada majapahit, itu jelas karakter penggila kekuasaan.
    Maaf saya tdk bermaksud mendiskreditkan org jawa, tp ingin mengingatkan utk lebih berkaca diri, disaat mengaku sbg ras superior dan byk menghasilkan pemimpin, lihat dulu hasilnya spt apa, kalo msh amburadul ya ga usah terlalu bangga. Hatur nuhun.

  71. Dr gw SD guru2 gw bilang OI (orang indonesia) gampang di adu domba ama belanda ama devide et impera nya. Ampe SMA gw masih denger sejarah devide et impera. Tp stelah gw gawe, adu domba neh udah ada dr nenek moyang kita. Banyak yg pengen eksis aduin satu ama laennya, sembunyi tangan senyum tipis licik penuh kemenangan. Inilah orang2 yg bner2 maonya untung sendiri persetan orang laen, persetan suku bangsa dan agama. Jangan ampe yg ktnya dongeng, omongan orang apalagi bisik2 tetangga……itu cuma nguntungin musuh qta aja. Mo jawa, sunda, padang n laennya itu khan cuma identitas diri, jgn disambungin ama masalah pribadi.

  72. garelo kabeh, percaya kana sejarah di indonesia sejarah campur dongeng yang ngak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Geus lah tong sok nejo katukang mari lihat kedepan masa depan yang semakin penuh tantangan, urusan sukses dunia dan akhirat lain ku urusan suku bangsa tapi kaimanan jeung katakwaan. dasar jelema barodo katipu!!!!

    1. yah org SUnda jg buktiin dunk klo mrka bsa lbh maju dr org Jawa. klo mnurut anda org Jawa aja payah atuh kumaha dg urang sunda??

  73. sunda gak bisa kerja,bisanya cuma kritik dan iri aja,yg bisa dibanggain dari orang-orang sunda cuma tampang doang,selebihnya tidak,padahal diluar negeri tampang itu,tampang menarik itu hal yg biasa

  74. aing urg sunda kasian urg sunda…sdh bloon,miskin,katrok…kl inget perang bubat malah tmbah sengsara aduh kumaha ieu..

  75. dari seluruh provinsi diindonesia mayoritas penduduknya didominasi org jawa,termasuk jabar jdi klo bicara menjelekkan jawa itu hati2,disekitar kita itu byk org jawa,lebih baik saling menghargai dari pada bersikap persaingan,karna sampai kapan pun sunda itu gak bisa lewati jawa dari segi apapun baik jumlah penduduk,mentalnya,kepintarannya,keuletannya,semangatnya,jadi sudahlah hentikan semua ini…

    1. Hahahahaha! tp sifat org2 spti anda mas Dodi ALASAN KENAPA bangsa kita bs ribut2 antar sesama saudara s’tanah air. intropeksi please….

  76. orang jawa aslinya dulu berasal dari sunda, jika jawa dan sunda saling ejek yang seneng adalah belanda karena mereka berhasil mengadu domba orang indonesia

  77. ckckck..artikel dari taon 2009 mpe sekarang masih aja rame komentar saling ejek…bukti bahwa indo nih msh blom bisa bersatu..hny slogan2 pepesan kosong. mau pemimpin orang jawa, sunda, batak, padang, dayak, dompu, makassar, ambon, papua..ga bakalan maju negeri ini…karena faktor kebanggaan kesukuan masih kental.

    yang aneh di negara ini…katanya kita harus cinta indonesia..nasionalis..tapi juga harus melestarikan budaya daerah(alias budaya kesukuan) dimana didalamnya terpahat nilai2 yang kadang berbenturan antara suku satu dengan suku yang lain.

    skrg coba, mana ada negara kuat yang penduduknya terdiri dari orang2 yg saling membanggakan kesukuannya..suku laen mah lewatttt….

    cina, korea, jepang, mongol yg secara fisik sama aja mendirikan negara yang berbeda. eropa? sama aja

    tetapi gw salut dgn sodara2 kita yg ada di luar negeri. disitu baru terlihat begitu rekatnya tali persaudaraan saling memiliki dan membantu satu sama lain dibawah naungan 1 kata, Indonesia. karena hal tsb mrpkan salah satu sifat dasar manusia dimana terdapat suatu rasa solider satu kesamaan identitas.

    tp klo merantaunya masih di dalam negeri, identitas kesukuan itulah yang muncul.

    1. BENER BGT. KLO DILUAR BRU BRASA BGT SEMANGAT NASIONALISME DAN PERSAUDARAANNYA. MNGKN BANGSA KITA MSTI DISERBU PIHAK ASING DLU KALI SPY SADAR BAHWA MREKA SAUDARA YG HIDUPNYA SALING BETERGANTUNGAN.

  78. Nyasar ke blog ini..eh baca komen2nya kok jadi perang antar suku begini??!! Ga begitu peduli ama sejarah,mau jawa apa sunda kek yg salah..hidup HARI INI donk!! Ribut buat hal yg ga jelas.HARI GINI MASI BAWA2 SUKU?SALING NYALAHIN?PANTES NEGARA INI KAGA MAJU2. Btw,saya keturunan sunda n jawa..ga begitu peduli karakter suku saya itu gmn..lebih peduli ama karakter PERSONALITY!!
    GAUL DONK SODARA2..BUKA WAWASAN!!KELUAR NEGERI SONO..BIAR GA DA WAKTU NGEJELEK2IN BANGSA SENDIRI..!!*fiuh kebw emosi sayah*

    1. heehehehe… sama saya jg mas.. klo mayoritas org Indo bpkirian spti d blog ini, bisa bubar Indo dlm waktu 30 tahun kedepan.

  79. validitas sejarah ditentukan pihak pihak yang berkepentingan, sikapi dengan bijak informasi yang ada , informasi tertulis pun tidak 90% terbukti kebenarannya apalagi informasi lisan. sejarah sebagai kaca besar untuk maju ke depan mengepakan sayap bukan untuk bersemayam dalam tempurung saja. sudahlah siapkan diri untuk menyongsong perang dunia ketiga ( dalam bentuk luas ) terima kasih

  80. LHA WONG SUNDA NIH GIMANA SIH, MASAK IKUT-IKUTAN SAMA AJARAN SUATU “AGAMA”. APA ITU

    DOSA WARISAN.

    MASAK KESALAHAN LELUHUR (KALAUPUN ITU BENAR) HARUSKAH SECARA TURUN MENURUN DITANGGUNG OLEH GENERASI BERIKUTNYA?????

    BODOH NGGAK ORANG ITU?????

  81. Iya sih, emang bener katanya fiksi tapi………..
    kenapa : rata-rata kalo misalkan orang jawa kawin ma orang sunda suka kurang harmonis, mang jodoh ditangan tuhan, yaa itu kenapa… tau lah

    tapi aneh bin ajaib
    Bobotoh persib dulu anti bonek (sunda jawa kan)
    bisa bersatu (bisa dikatakan dua kerajaan yg bersatu)

  82. dimanapun, menilai diri sendiri merasa lebih superior, apalagi dengan memandang rendah orang lain adalah sikap kurang elok.

    hidup di zaman sekarang, pandangan racist udah ga laku, menilai suatu hal dan berkesimpulan menggeneralisir secara subjektif, ditambah rasa benci, membanggakan diri dan menganggap orang lain bodoh.

    kita manusia sengaja diciptakan berbeda suku dan bangsa, dan kita diciptakan hanya untuk beribadah.

  83. 40% rakyat indonesia adlh suku Jawa, wajar klo ada dimana mana. Tp TIDAK ADA sukuisme yg berlebihan apalagi Jawanisasi. Kita bs bandingkan dgn Philipina, Malaysia, Vietnam, Jepang, Myanmar, Laos, India, Dll bhkn negara2 barat mereka (negara2 tersbt) melakukan politik suku mayoritas. Tp hal trsbt tdk ada di Indonesia.

    Jawa dan Sunda eta berasal dri satu Embah. Jawa dan Sunda skrg adalah keturunan dari perkawinan antara Tarumanegara dan Kalingga. Jadi Jawa n Sunda eta sodaraan dri dulu nya.

  84. aku org sunda asli.. bagi yang menghina org2 sunda hati2, kata siapa org sunda besar kepala? kata siapa org sunda arogan? gak peduli jawa gak peduli batak atau suku lain ayo klo berani. org sunda gak bakalan diem apalagi ada yang udah ngehina karuhun dan nenek moyang sunda….. dan satu lagi, perang bubat bukan fiksi tapi asli. bila perlu kalian yang tidak percaya perang bubat, tinggal datang aja k kawali ciamis (jawabarat). tapi jangan coba2 bagi org jawa datang k daerah ini karena prajurit2 siliwangi masih menunggu kalian……………………………………………………………. aing siliwangi sima aing sima maung, saha2 nu wani ngaruksak pajajaran, dituar siah ku aing…….. jawa barat siliwangi dan siliwangi adalah jawabarat……

  85. TAHUN 1628 DAN 1629 SULTAN AGUNG MENYERANG BATAVIA, DALAM PENYERANGAN TERSEBUT SULTAN AGUNG DI BANTU OLEH ORANG-ORANG SUNDA, MESKIPUN SULTAN AGUNG KALAH BELANDA MENGALAMI KERUGIAN YANG BESAR, SETELAH ITU BELANDA MULAI BERFIKIR BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT JAWA DAN SUNDA SALING BERMUSUHAN AKHIRNYA DIHEMBUSKANLAN CERITA ATAU MITOS PERANG BUBAT, SULTAN AGUNG KALAH DI KARENAKAN ADANYA PENGHIANATAN DAN PENGHIANAT ITU BUKAN ORANG SUNDA TAPI DARI PIHAK SULTAN AGUNG SENDIRI….SAYA MELIHAT DI TV ONE RIDWAN SAIDI MENGATAKAN BAHWA SUNDA ADALAH BAHASA PORTUGIS YANG ARTINYA TELUK

  86. gw asli jawa tapi lama dikalimantan,cuma mw pengen tau ini forum apaan sih?kok dari ceritanya mendeskreditkan orang jawa..supaya perlu diketahui orang jawa itu byk ada sekitar 100 juta penduduk jawa diseluruh indonesia, jgn cuma gara2 cerita yg gak jelas pengen ngejatuhkan jawa,masih byk yg bisa kita lakukan,jujur orang jawa dikalimantan berbaur baik dengan orang aslinya maupun diprovinsi2 lainnya kenapa saya melihat dijabar masih ada seolah2 yg skeptis sama orang jawa..?klo pembahasannya masalah antara perang bubat,jgn bawa2 nama jawa dong,kerajaan dijawa itu byk,ada mataram,ada singosari,yg semuanya asli dari jawa,juga pernah berperang dgn majapahit,klo cuma karna majapahit prang lawan pajajaran lantas dikaitkan dgn org jawa keseluruhan ini sdh menghina dan sentimen,masalahnya majapahit itu kerajaan dijatim, sementara jateng dan jogja itu punya kerajaan sendiri2..

  87. Jawanisasi kah? ada yg nganggep tuduhan ini berlebihan…tapi coba jawab ini…sebagai bangsa kita pernah berjanji 1 bangsa 1 bahasa bukan?! Trus kenapa sumpah prajurit, slogan kesatuan militer/polri, slogan departmen harus dalam bahasa jawa? kenapa pancasila?kenapa ga lima sila? kenapa bhineka tunggal ika?kenapa ga berbeda2x tetapi satu? kenapa budi utomo?kenapa bukan Syarekat Islam? kenapa Tut wuri handayani? aku sebagai orang indonesia ga ngerti..Udah aja tulis make bahasa indonesia biar orang lain ngerti… ini negara sapa sih sebenernya ?

  88. ini bukti ke tidak mampuan kita dalam menelaah segala masalah,,masalah yg sepele dibahas sehingga gak pernah ada keseragaman didalam berbangsa maupun bernegara?apa inikah bangsa besar, dijaman yg sudah maju,kita masih aja iri,baik itu antar suku yg satu dgn suku yg lain, hanya karena pengen suku atau rasnya juga pengen dipandang,,jawanisasi kenapa gak sundanisasi gitu maksudnya kang,,hahaha
    ,,,kita gak bakal maju2 klo hanya mengurus urusan yg gak perlu dan gak penting?karna hanya akan menguras tenaga dan pikiran kita,,masalah jawanisasi kenapa gak dibahas dijaman soeharto ato sokarno kenapa era sekarang,,?maunya gimana pake bahasa sunda,, PENTING GAK SIH..

  89. ane orang asli jakarta ane asli jawa,,dijakarta ada sekitar 3,5 juta orang jawa…ato mayoritas penduduk kota jakarta,,aneh aja klo orang sunda iri atao apalah sama orang jawa..?apa karna jawa makmur, jawa pintar,jawa pemimpin,,mau diapain emang gtu kenyataanya..apa karna urang sunda gak bisa ngeliat suku ato rasnya dinomor duakan pengennya menonjol pengennya seperti jawa,hahaha, orang jawa gak hanya dipulau jawa aja kang..?dimana2 diseluruh indonesia orang jawa byk tapi baek2 aja tuh..gak ada masalah tuh disumatra,dikalimantan,disulawesi,banyak orang2 jawa yg ditunjuk memimpin daerah itu,dan mereka merasa orang jawa memiliki jiwa kepemimpinan yg baek,,klo merasa sdh pintar gunakan kepintaran dgn baek kang..?bisa membangun apa aja didaerahnya dari pada iri yg gak penting…

  90. Kebanyakan urang sunda kalo Saya tanya masalah ini, sama sekali tidak peduli, karena memang tidak terpikir sama sekali walaupun tau sejarah itu. Yang Saya tidak mengerti kok ada bahasan rasial ini. Ternyata jiwa bangsa ini kerdil….pantas saja di hina banyak bangsa. ketika Saya di Amerika,di sebuah forrum …, saya bilang Indonesia Indah…rakyat nya ramah …tapi mereka bilang..” Saya tidak tertarik dengan bangsa Anda” …jangan terlalu cepat merasa bangga…katanya….

    menyakitkan..memang..sementara yang bilang adalah orang Francis yang sering ke Indonesia…dia bilang Indonesia Bangsa Bodoh…selalu ingin di puji dan cepat merasa bangga…Saya sampai sekarang masih merasa terhina

  91. Satu lagi info dari Saya…
    Orang luar Sana…terutama pengamat politik..dan mahasiswa..sering menanyakan masalah ” SINDROM MATARAM” yang pernah di blow up oleh salah satu presiden kita gusdur…dan opini ini telah menjadi bahan penelitian kebenarannya…
    kesimpulan nya menakjubkan

    ini..hasilnya…survey..di kepulauan nusantara

    Sikap “SINDROM MATARAM” telah menjadi virus yang menular ke setiap orang..dari kaum politikus sampai ke tukang beca… telah terjangkit virus SINDROM MATARAM…dominan di salah satu suku…

    Saya Budianto jawa sunda….Percayalah orang sunda tidak pernah berpikir serendah itu…dan tidak pernah berpikir latar belakang sejarah…khususnya orang sunda jaman sekarang.

    jangan tersinggung demi kebenaran dan kesatuan bangsa..dan jangan sampai di jadikan senjata oleh pihak asing untuk memecah belah bangsa ini.

  92. CERITA SAMPAH GAK PENTING..GAK JELAS..ASALNYA, tapi yang jelas menurut Ane.. Cewek Jawa maupu Cewek Sunda CUANTIK-CANTIK, seksi, bahenol, ramah2x KABEH….HEHEHEH…itu yg membuat kami orang batak Betah di Pulau JAWA…..

  93. yaaa …. hari gini kok masih suku2an … suku yang bego jadi pemimpin ya tetap bego, enakkan dipimpin ama suku papua yang pinter dan jujur biar rakyat makmur sentosooooo, yo poraaaaa …. hayooo Papua …. pimpin Indonesia …. buat rakyat Indonesia makmur dan adil biar kapok para suku yang sok pinter dan suka korup itu

  94. Saudara2ku junjunglah semangat bhineka tunggal ika,,,,
    apa untungnya sih bertengkar sesama indonesia..ckckck

  95. kesimpulan gw JAWA : -sebenarnya sosok gajahmada adalh sosok yang licik, menghalalkan segala cara demi ambisinya sampai sampai rajanya sendiri pun dia ingkari. pertanyaanya? kenapa sosok gajahmada selalu diagung2kan oleh orang jawa?? karena orang jawa telah mewarisi doktrin seorang gajahmada! dan lihat apa yg terjadi saat ini di NKRI?? negara ini hancur lebur karena para pemimpinya mayoritas jawa yg mengadopsi paham gajahmada!!
    sumpah gw bingung kenapa orang jawa merasa lbh unggul ketimbang suku lain?? apa karena kebanyakan pejabat dr jawa?? memang, tapi tolong lihat realitasnya sekarang…? seperti apa negara ini skr yg notabene mayoritas kekuasaan didominasi jawa?? seharusnya kalian maluuuuu…! tidak bermoral! perusak bangsa ko malah bangga!!!

    1. semua politisi itu bgtu mas. bukan licik tp pragmatis demi kepentingan negaranya sdri. dari zaman Firaun, Julius Cesar, Sultan Mehmet 2 smp Obama karakternya sama. HARAP ingat GUbernur jenderal Hindia Belanda ptama J.P. Coen yg dikutuk sbg penjajah d Indonesia tp di negerinya sdri (Belanda) dianggap pahlawan besar, (dibuatkan patung, diabadikan sbg nama jalan dan gedung dsana)

  96. ane orang jakarta cuma pengn ngebandingkan aja antara sunda dan jawa,abiz ane liat urang sunda ngeyel bgt gtu dari orang jawa,apa penegnnya diliat,,pertama dari jumla penduduk jawa 100 juta jiwa,sunda cuma 30 juta jiwa,jumlah kota dan kabupaten dijawa semua ada 70 kota dan kabupaten dijabar cuma 20 kota /kabupaten..dijabar kota besar yg dibangga2kan cuma bandung? dijawa,ada surabaya, malang, semarang, solo, jogja magelang,jember,pekalongan,dan masih byk lagi,sama seperti kota dijawa klub sepak bola jga nyebar ada persebaya,arema,persela,deltras,persik,persibo,persema,persis solo,persiba bantul,pss slman,psis semarang,dijabar cuma persib doang,gua bukan mrasa ngebanding2kan cuma realistis aja,,kenapa orang jawa bangga dgn gajahmada karna dia adalah sosok yg besar bagi orang jawa,sementara sunda gak keliatan tuh siapa yg dibanggakan..orang jawa gak malu kerja susah sementara orang sunda disuruh kerja susah sdh mengeluh..orang jawa daripada mikirin orang sunda mending mikirin negara, karna dalam kamus orang jawa yg berlalu biarlah berlalu,gak dipikirkan.. sementara orang sunda disuruh mikirin negara malah ngurusin orang jawa…..

    1. dpt info drmna anda bisa blg org Jawa 100 jt jiwa? informasi anda mnyesatkan. OH BTW, mayoritas org Jawa Timur gak mw disebut org Jawa krn konotasi ke Jawa Tengah. mrk lbh suka dsebut bdasar region asalnya mereka. msalnya arek Suroboyo, arek malang, cak Madura dll.

    2. Kata siapa? Gue keturunan sunda, tapi sekarang gue punya beberapa karyawan orang jawa. Kalo sunda pemalas, tukang ngeluh, dll., lantas kenapa orang jawa yang jadi karyawannya (di tempat usaha gue)…? Bukan gue yang notabene si keturunan Sunda. Kakek gue punya darah jawa, tapi gue ga suka suku sunda di diskreditkan semudah itu. Jangan sekali-kali asal memvonis suatu golongan kalo lo belum begitu kenal akan golongan itu. Main lo kurang jauh, pulang lo kurang malam.

    3. Ya beginilah ciri orang jawa, salah satunya udin petot ini, lihat aja komentarnya, begitu memuji diri setinggi langit dan merendahkan yang lainnya. Udahlah, basi, anda tidak akan terangkat dengan merendahkan orang lain.

  97. yah sudahlah,,,mau percaya atau gak sama sejarah perang bubat,,,menurut ramalan jayabaya juga bahwa ratu adil berasal dari dekat gunung perahu,,,

  98. uing urg sunda, saeunggeus maca kabeh komentar ti luhur sampe ka handap ceuk uing mah ampir kabeh berelegug (tp aya oge nu henteu), komo mun komentarna jd parasea beuh.. etamah BLG BGT (belegug banget) jelemana. tuluy aya nu asa pangnyahona padahal manehna oge nyaho can puguh bener, tuluy aya nu ngagogoreng suku nu lain beuuh.. nugelo budug hatena tah jelema kitu mah..

  99. ..hanya satu kesimpulan..”mudah skali ya qta di adu domba…??”..bgmna nasib dan masa dpan bangsa ini…???

  100. yang namnya perang dimana mana menyisakan hal negatif…yang menang dan yang kalah sama sama korban dari suatu kepentingan…yah..jadi hikmah sajalah

  101. udin tolol urang sunda ga bisa dibanding-banding dengan dengan yang lain apalag i dengan orang jawa goblok orang sunda paling hebat!!!!!jakarta dulu wilayah pajajaran ngarti teu sia!!!

  102. bismilahirohmanirohim,,,,,
    beristigfharlah kita semua mohon ampun sama Allah swt,,, kita diciptakan bukan untuk saling bermusuhan,, tp untuk saling melengkapi dalam menjalankan kekhalifahan di muka bumi ini,,
    setiap suku bangsa punya norma dan adat yg harus dijunjung tinggi oleh masyarakatnya…. saya suka bersahabat dgn suku bangsa manapun, dan org sunda sangat welcome karna kami diajarkan untuk menghargai tamu/orang lain….selama tidak mengusik ketentraman kami,,,, buktinya orang pendatang tenang2 saja hidup di tatar pasundan… selama untuk tujuan baik,,,
    marilah kita saling menghargai dalam persamaan harkat dan martabat demi leluhur dan keturunan kita,,, bila ada kesalahpahaman cobalah kita saling koreksi diri bukan cari kesalahan yg dibesar2kan,,,
    salam…

  103. woooy MAU SUNDA MAU JAWA jangan rasis donk, ane keturunan sunda cirebon,menuntut ilmu 6 tahun di jogja,sebelumnya keluarga merantau di papua 25 tahun bokap dinas disana,
    jd yg bilang orang sunda ga berani merantau salah besar,apalagi gengsian..,begitu juga orang jawa,menurut saya orang jawa sopan2 baik2 lemah lembut klo bicara,jd tolong jangan suka mencari22 kekurangan masing2 suku..mari bersatulah,jangan mau di adu domba..bhineka tunggal ika

  104. wahai rakyatku smua, akulah hayam wuruk, janganlah kalian berseteru satu sama lain, marilah kita bersatu padu utkmemerangi korupsi. koruptorlah musuh kita bersama. mari bangkitlah!!! mari bersatulah.!!! kalian pasti bisa!!!

  105. jawa koek teu gableg ka era, jawa koek jelemana jarorok.. amun dagang sangu, mereanna sok pake leungeun leuheung leungeunna teh beresih..
    jawa koek aing jiji ka sarasia, jelema lalaicik, jelema garoblog.. jawa koek te beda yahudi..

  106. ini blog hebat benget dari September 2009 sampe sekarang masih banyak yang ngasi komen, bersatulan Nusantara Indonesia, Hidup NKRI

  107. sewaktu masih tinggal di jakarta saya pernah pacaran sama gadis sunda dan gadis jawa, keduanya baik2 meskipun kedua tidak jadi jodoh, tapi sampai sekarang suer sunda dan jawa masih melekat dihati saya

  108. meski nkri pernah DIJAJAHh selama 3,5 abad lo lo masih pada g nyadar nyadar uga jawa tu lakukan ekspansi bukan untuk kejayaan sukuismenya sendiri tapi mengajak rekan rekan suku lain bersatu untuk jadi kuat .. JAWA pada jaman sultan agung sebelum menyerang batavia yang dikuasai belanda terlebih dahulu menyatukan surabaya ,blitar dll di daerah jawa sendiri baru menyerang batavia karena bisa mengancam kesejahteraan baik sunda atu jawa . dalam suku jawa ini ada satu catatan penting bahwa tidak semua orang jawa yang bissa memikirkan kesejahteraan “rakyat banyak”. ada juga yang penghianat,bajingan.sunda juga punya pemimpin , suku suku lain punya pemimpin bedanya dengan lo suku sunda para pemimpin yang lahir dari jawa bisa membuktikan ucapan dan mimpi mereka . DI AKUI ATAU TIDAK karena itu fakta bagi lo lo yang waras ..contoh gajdah mada sukses, jend sudirman sukses,sukarno sukses merdekakan nkri SUHARTO SUKSES MENUMPAS G30 SPKI meskipun tentara sunda ad yang berperan tapi hanya bermodal tentara tanpa pemimpin yang baik dan berkualitas mustahil kita bisa wujudkan semua itu. kalo nggak lo lo sunda paling masih jadi buruh di kebon kebon kopi, cewek lo yg ktnya cantik jadi pemuas nafsu belanda n antek anteknya ..begitu juga dengan rakyat jawa tidak akan sejahtera..orang orang it lahir dari suku mana ?jawa .dijaman gdjah mada penentang politik yang hanya bisa omomng doang waktu sumpah palapa langsung dibunuh dengan tanganya sendiri. karakteritu sama pada masa orba SOEHARTO.jadi lo lo pada yang hanya banyak omong n bikin pecahnya persatuan pantesnya emang dibunuh ..jadi g mengganggu kestabilan politik antar etnis.
    bales di email

    1. hmmm, setau gw soeharto itu org jawa yg lo bangga2in itu? so postingan lo itu kontradiktif. makanya belajar dlu sana sblm jd “petarung internet”

    2. di lampung banyak saudara situ, namanya daerahnya way kambas, kalo diliat2 emang sih mirip situ.. yups bener lo anda mirip GAJAH2 LAMPUNG yang sekolah di way kambas.

  109. suku jawa dan sunda kapan terbentuknya? apa orang menggunakan bahasa jawa mesti jawa, sunda begitu juga, bedakan ras dan bahasa, desaku ciroyom, kecamatan cilongok deket curug cipendok banyumas, aku orang banyumas love u full sunda

  110. Sohibul hikayat dulu dulu sekali nusantara ini bernama sundaland atau tanah sunda,dengan kehidupan yang tata tentram loh jinawi, sekarang penamaan sunda hanya tinggal selat sunda dan orang sunda yang makin terkepung dalam dialektika politik yang semakin kotor

  111. untuk kemerdekaan perjuangan kami memang berat karena melawan bangsa lain (penjajah) tapi perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri (nusantara),,RI 1

  112. anjing sia ….ngajak ribut hayuh urang sadayana kita tawuran wae.perang bubat aya di jaman sekarang.gara fiksi malah jadi nyata.bleguk sia anjing

  113. pengaruh otoritarian…dr zaman ordebaru..

    yang merasa ras nya lebih tinggi dr pd yg lain cuma bangsa ‘aria’ gak patut org indonesia ngikut2 kaya bgitu. takabbur tau.. sunda jawa dan smua suku di indonesia memang beda tp itulah kekayaan bangsa indonesia. bersyukur lah.. agakceramah.com hehe

  114. Kalo berbicara tentang ras, ras mana yang paling mumpuni atau suferior itu salah kaprah, karena di hadapan Alloh Swt tidak ada mahluk yang lebih baik kecuali amal dan takwanya kepada Alloh Swt, kalau kita selalu primodialisme, kalau kita merunut kepada geneologi semua manusia yang ada di dunia ini adalah berasal dari Bapak Adam dan Ibu Siti Hawa. hanya mungkin di sini mengenai tentang prestasi yang ditorehkan oleh manusia itu sendiri dalam hidupnya, ada yang berhasil ada yang belum berhasil, kita sudahi saja kontroversi tentang PERANG BUBAT toh itu sudah menjadi perjalanan sejarah bangsa Indonesia,dan kita jangan melupakan sejarah , itu semata-mata untuk kita dari tadabur dari peristiwa sejarah yang baiknya bisa kita terapkan untuk masa kini sepanjang hal itu sesuai dan bermanfaat, yang tidak baiknya ya kita tinggalkan ( saya Orang Galuh Kawali sebuah kota di mana Putri Dyah Pitaloka dilahirkan.

  115. saya pernah membaca buku kuno,dengan judul jayakusuma.mengenai sejarah literatuq perang bubat.pada masa itu banyak sekali yg sirik dgn gajah mada.dan banyak sekali yg ingin menjatuhkan gajah mada..dan di antaranya adalah seorang yg dekat dgn keraton istana.dia berambisi ingin menjadi raja.namun mencari celah bagaimana caranya.maka ia pun menyusun sekenario,untuk menjatuhkan gajah mada.dan menyingkirkan prabu hayam muruk.dia berhasil ! Walaupun pada akhirnya dia dapat di tumpaskan .dan perang bubat sudah terlanjur terjadi..sejak saat itu maha patih gajah mada pun mendapat pukulan hidup yg sangat berat.yg pada akhirnya beliu mengundurkan diri dari maha patih.dia lebih memilih mengasingkan diri dan bertapa sampai akhir hayatnya..pada masa itu gajah mada selalu di salahkan.di hardik,dicaci maki,dan di hina..namun maha patih gajah mada lebih memilih menyepi..ingat sejarah kerajaan jawa,dari jaman dahulu,selalu terjadi konflik interen.yaitu memperebutkan tahta.dan gajah mada adalah termasuk korbanya…

  116. Dina waktu keur nungguan bingbilangan kana tujuh poe, nya aya nu daratang nu ngakukeun utusan ti majapait, ti dinya kajadian gunem catur antara anu ngakukeun utusan ti Majapait jeung ti pihak karajaan Galuh. Ti pihak karajaan Galuh tetep ngadagoan nepi ka 7 poe sakumaha anu geus dirarancang tea, sedengkeun ceuk utusan nu ngakukeun ti Majapait kudu harita indit ka karatpn Majapait kalawan nembongkeun surat anu dicap karajaan . Ku lantaran dina adu renyom eta pada-pada embung eleh, nya antukna kajadian garelut anu kiwari disarebut Perang Bubat.
    Dina ieu hal urang lenyepan kumaha posisi Gajah Mada anu sabenerna? Nu datang ka eta tempat teh utusan anu ngaku-ngaku Patih Gajah Mada . Patih Gajah Mada anu asli harita disamunikeun ku kelompok nu ngayakeun makar ka dirina, kadatangan rombongan ti karajaan Galuh Kawali anu tujuanana rek ngadahupkeun antara Raja Hayam Wuruk jeung Putri Sunda, dijadikeun kasempetan ku maranehanana. Ieu hal dilantarankeun aya intrik politik anu memang teu resepeun kana ketak pulitikna Gajah Mada anu mangsa harita keur ngagedurkeun sumanget persatuan Nusantara.

  117. MENGAPA DI KOTA BANDUNG TIDAK ADA JALAN BERNAMA GAJAH MADA DAN HAYAM WURUK ?

    Sejatinya nenek moyang orang Sunda tidak berpendapat, bahwa di kota Bandung tidak ada jalan bernama Gajah Mada dan Hayam Wuruk sebagai akibat dari Tragedi Bubat, melainkan didasarkan kepada argumentasi dari kronologis perjalanan sejarah yang terjadi di tatar Pasundan.
    Dari mulai berdirinya kerajaan Salakanagara pada abad kesatu Masehi, yang kemudian diteruskan pada era Tarumanagara, sampai kepada masa berdirinya 2 kerajaan kembar yaitu Kerajaan Sunda di sebelah barat sungai Citarum, dan Kerajaan Galuh di sebelah timur sungai Citarum yang wilayahnya sekarang bernama Provinsi Jawa Barat. Diceritakan sampai kepada era kerajaan Galuh Kawali yang sejaman dengan Kerajaan Majapahit di sebelah timur, sekarang bernama Provinsi Jawa Timur, bahwa Kerajaan Galuh (Sunda) tidak pernah dikuasai oleh Majapahit. Kerajaan Galuh yang pada masa itu berpusat di Kawali , merupakan sebuah kerajaan yang merdeka dan juga tidak ada pitutur yang menerangkan bahwa kerajaan yang berdiri di wilayah tersebut, selain tidak pernah berada di bawah kekuasaam Majapahit, juga tidak pernah menguasai/menjajah wilayah lain , kecuali daerah Kandaga Lante yang mengakui kedaulatan kekuasaan kerajaan baik Sunda, Galuh, atau Pajajaran. Oleh karena itu pada rembukan untuk menamai jalan di kota Bandung berdasarkan argumentasi , bahwa pada saat itu Sunda tidak berada pada kekuasaan Majapahit sekaligus terlepas dari Sumpah Palapanya Gajah Mada. Kesimpulannya, tuduhan terhadap orang Sunda, yang katanya “PENDENDAM”, adalah tidak tepat.

  118. Busyet 2 jam sayah baca coment2 disini.rame jg..
    Sbenernya,orang jawa baik2 kok,tapi sifat dasar mereka memang sama,yaitu merasa paling tinggi budayanya dari suku lain.conto,waktu mau menikah,saya dikatain budaya jawa itu lebih luhur/tua,sedangkan budaya sunda mah masih kemarin sore.jadi keluarga kami sami sekali tidak berhak menentukan segala urusan..kami terima aja,asalkan bisa rukun..dan 4 tahun sampai sekarang mereka masih begitu..dan yg menyakitkan,mereka selalu mengakui semua budaya yg ada di sunda adalah warisan jawa,,tapi ada yg lucu,mereka ga mau disebut orang gunung kidul,ingin nya disebut jogja..padahal saya tau persis kehidupan disana..hahaha…tiwul.

  119. emang org jawa itu ulet jadi pantes aja byk jd pemimpin selain itu orgnya gak mudah ngeluh,dan mmg org jawa berperan besar bagi bersatunya indonesia,jadi gak salah bila org jawa byk memiliki peran penting di pemerintahan,dan byk pengusaha jadi suku jawa,perbedaan lainnya org jawa mau berbaur dgn suku lain sementara org sunda hanya mau berbaur dgn sesama org sunda,gak ada pernah saya liat di jateng atau jatim org sunda menonjol,coba liat dijabar orang jawa ttp menonjol,mungkin itu yg dimasalahkan org2 sunda yg takut budayanya tertutupi budaya jawa.

  120. jadi simpel aja sih masalahnya skrg, orang jawa gak pernah mikirin orang sunda karna orang jawa berpikiran luas dalam berbangsa dan bernegara dalam ikatan luas dalam kesatuan NKRI,sementara orang sunda sibuk mikirin orang jawa dari jaman sejarah sampai jaman sekarang dari yang terkecil sampai yg terbesar dari orang jawa di amati org sunda ,jadinya orang sunda belum bisa memimpin negara karna jangkauannya belum nusantara masih ngurusin orang jawa, itu aja sih masalahnya di era modern ini makanya jarang presiden gak ada dari orang sunda..

  121. kalau diliat yg komen orang sunda semua kayaknya nie forum khusus bahas orang jawa, gini sebenarnya kalau dilihat orang jawa itu kenapa banyak jadi presiden,karna org jawa lebih memikirkan urusan negara yang cakupannya lebih luas dari pada ngurusi sejarah orang sunda, sementara orang sunda sibuk dgn kegiatannya ngurusi orang jawa,dari sejarah kerajaan dijawa, sampai yang terkecil ke yg terbesar..orang jawa mentalnya berfikir kedepan bukan kebelakang karna karna berfikir kebelakang gak akan membuat kita maju, ya meski kita gk boleh melupakan sejarah. makanya orang sunda kurang bisa menjadi presiden karna terlalu membawa masa lalu kedalam era yg sudah modern ini, dari kaca mata simpel? mungkin ada kekurangan dari mental2 orang sunda, lebih banyak yang gak mau merasa kalah karna ingin selalu yang terbaik meski memiliki kelemahan, maaf kalau kata2 kurang berkenan mmg itu yg saya amati.lebih baik kita mengoreksi diri sendiri dari pada buat pembahasan yang gak ada manfaatnnya ini yg justru nantinya mendeskreditkan suku tertentu lebih baik kita sama2 memikirkan negara daripada sibuk melihat2 kelemahan suku lain..

    1. Pa Harmoko yang terhormat…, mohon maaf jangan mengeneralisasi tidak menutup kemungkinan ada jga orang Sunda yang berpikiran modern, setiap manusia ada kelemahan dan kelebihannya itu sudah menjadi fitrahnya manusia sebagai mahluk ciptaan. Jadi kalau kita sedini mungkin menjustifikasi terhadap salah satu suku bangsa di negara kita tercinta ini, ya itu kurang bijaksana juga, orang Sunda mungkin punya alasan untuk demikian, yang saya amati sebagai orang Sunda pituin tidak demikian halnya, mengapa demikian karena orang Sunda tidak poporose, demi menjaga kedamaian daripada ribut berkepanjangan, contoh dalam hal kepemingpinan ya kalo tidak sesuai dengan hati nurani dalam rangka menuju ke sana lebih baik mundur dan mengalah, mungkin ini salah satu karakter dari orang Sunda yang cinta damai, bukan kami tidak memiliki integritas dalam frame kenasionalismean, itulah orang Sunda daripada ribut memeperebutkan pepesan kosong, mungkin ada yang lebih dicari yang nilainya jauh lebih dari itu. Di dunia ini tidak ada yang superior selain Alloh SWT, karena manusia tiada daya dan upaya kecuali kehendak Alloh SWT, dan tolong jangan salah persepsi mengenai hal ini.

  122. Siapa pula yang ngebahas rang Jawa, nggak toh, cuma barangkali dari orang Jawanya sendiri yang selalu mengaku paling super gitu loh …dari suku-suku lain …just about it …

  123. dasar jawa anjing , ngadon ngaheurinan wungkul di tanah sunda.. Ke mun lobaran tong baralik dei sia ! Ngajedog weh di lembur kehed. Taitain lah jawa , tewakan ku aing sia nu ngece urang sunda. Di rerab ku aing.

  124. buktinya aja,diluar jawa barat orang sunda itu gak pernah di anggap karna mental yg dimiliki itu cenderung ngariung,yg hobi menceritakan kejelekkan orang lain,dijawa cari aja sendiri tdk ada org jawa yg hobiya gitu,ceuk urang sunda wanian di rumahnya sendiri alias jago kandang,dijogja kasian liat org2 sunda banyak yg dianiaya dan tdk dianggap,karna ilmunya gak ada alias modal tampang..

  125. Sebenarnya kalau di lihat,di jawa barat aja masih byk masalah,penyebabnya gak lain kecemburuan akan deerah di jawa barat yg melihat jawa barat hanya tergantung dari bandung,dulu sudah banten yg lepas dari jawa barat,dan ada daerah seperti bekasi dan depok yg masuk wilayah jakarta,sekarang giliran wilayah cirebon yg mengancam pengen melepaskan diri dari jawa barat,sungguh ironis ditengah2 warganya yg selalu sibuk dengan masalah yg kaitannya dengan orang jawa eh malah di dalam provinsinya sendiri memiliki masalah yg sangat serius,bukan tidak mungkin kedepan akan byk provinsi dijawa barat yg ingin melepaskan diri,karna tadi kecemburuan akan pembangunan di jawa barat yg cenderung fokus di kota bandung tapi tidak menyebar..

  126. Pa Harmoko yang terhormat kayanya Anda itu seorang yang arogan, kalo mo penelitian yang akurat donk jangan lantas estimasi Anda dijadikan rujukan yang akurat, apa yang Anda estimasikan itu tak serta merta 100 % benar, Anda hanya melihat orang Sunda di Jogja saja.

  127. emang bisa apa org sunda tanpa orang jawa,toh yg byk membangun jabar dan sekitarnya orang jawa,yg menikmati perkembangan jabar cuma orang sunda,bahasanya terlalu berani sok mengusir emang sapa loh,bocah kemaren sore sok lagak komen,gua yakin umur loe di bawah 19 tahun,kasih tau alamat dan no hp loe gua bantai loe sekarang..

  128. emang bisa apa org sunda tanpa orang jawa,toh yg byk membangun jabar dan sekitarnya orang jawa,yg menikmati perkembangan jabar cuma orang sunda,bahasanya terlalu berani sok mengusir emang sapa loh,bocah kemaren sore sok lagak komen,gua yakin umur loe di bawah 19 tahun,kasih tau alamat dan no hp loe gua cari loe skrg

  129. Kalo mo adu argumen yang ilmiah donk yang membangun karakter bangsa,bangsa lain udah memikirkan planet lain dalam penelitiannya, bilamana planet bumi dah sumpek ma manusia, ini mah yang diargumenkan ego dan ambisinya masing-masing lepas dari misi dan visi sebagai warga NKRI, kalo begini terus anak-anak bangsa Indonesia, gimana mo maju, pantesan aja orang Malaysia semakin berani, toh kitanya gontok-gontokan.

  130. 2 jam Baca semua komen segini panjangnya.. Kalo menurutku kok agak nyelentang ya, pokok bahasan disini kan perang bubat, kenapa jadi perang antar ras? Kalau emang mau debat, baiknya pakai bahasa yang sopan, pakai pemikiran yang logis jangan ngomong karna kebawa emosi aja itu yang buat semuanya pecah kaya gini.. Ok sorry kalo terkesan menggurui, disini aku cuma pengen ngingetin aja biar nggak semakin panas, thank you..

  131. Pesan Prabu Siliwangi dalam Uga Wangsit Siliwangi”ULAH NINGAL KATUKANG” artinya jgn melihat ke belakang, sejarah yg pahit, jgn mendendam jadikan pelajaran, kenapa karena sejarah Nusantara banyak yg diputar balikan tujuanya ya agar Indonesia pecah, seperti perang bubat aja banyak versinya, masing2 melakukan pembenaran, jadi generasi kita sekarang ini yg bingung yg mana nih yg bener, dan disebutkan pula nanti bakal anda yg meluruskan ketidak benaran Sejarah ini yg disebut BUDAK ANGON atau kalo Orang Jawa Satria Piningit.. krna pd dasarnya Sunda & Jawa atau Nusantara itu dahulunya masih satu Keturunan

  132. kelemahan orang sunda , suka iri gak jelas, pengen menonjol tapi gak punya kredibilitas dan kerja keras, susah bersaing tapi pengen jadi boss, terlalu berfikir masa lalu karna sifatnya yg masih sempit..

    kelemahan orang jawa, terlalu sabar sehingga gampang dipermainkan org lain, tidak mudah dendam apalagi mengungkit2 sejarah, suka berterus terang dan memeiliki sifat klo tidak suka katakan tidak..

    hal yang dipandang orang jawa terhadap orang sunda :
    matre, gak punya prinsip hidup jelas, gampang kawin cerai,doyan hal2 yg bersifat duniawi, punya masalah gak berani diungkapin secara terbuka dan cenderung main belakang

    hal yang dipandang orang sunda terhadap orang jawa : terlalu ambisius padahal memang kemampuan org jawa pemimpin, terlalu superior yah memang karna berani ambil resiko

    ini adalah perbedaan nyata org sunda dan jawa silakan nilai sendiri, klo mmg tidak suka berarti mmg itu sifat aslinya klo setuju ya dirubah jangan ..

  133. yang perlu diketahui org sunda, jgn samakan org jawa itu dipengaruhi majapahit, jateng itu itu kuat dipengaruhi mataram, dan jatim dipengaruhi majapahit, jateng dan jatim sama2 suku mayoritas jawa tapi kerajaan yg dominan justru beda, klo ada sentimen dgn org jawa karna majapahit berfikir anda kalian org sunda, jawa itu luas jateng jg jawa pesisir jabar juga jawa.. perjelas motivasi anda dan fikiran anda sebelum milhat org lain..

  134. @urang sunda: kata siapa orang Jatim gak mau disebut Jawa?? Ane sebagai arek suroboyo jadi tersinggung tau!! Ane menuntut ilmu di jogja, temen2 ane kebanyakan dari jatim juga! Dan mereka ngaku kok kalo mereka orang Jawa!

    Bukti nyata:

    cak lontong, akbar, mc danny, cak kartolo, cak nun, dll

    mereka semua orang Jatim dan ngaku Jawa!!

  135. Ga ada suku superior. Jawa? Mana buktinya? Dari sejak zaman kerajaan sampai hari ini, suku jawa bisa dibilang masih gagal memimpin tanah ini.
    Sunda? Kalo belum bisa membuktikan diri, jangan terlalu ribut. Diamlah, belajar lagi sampai bisa naik ke tampuk kepemimpinan tertinggi untuk melakukan pembuktian. Kalo masih gagal, maka semua sama. Kalian ini saling hujat, suku A bilang kalo suku B begitu, suku B bilang kalo suku A begitu. Apa bedanya antara jawa sama sunda kalo begitu? Ga ada nasionalisme disini. Kalo mau liat siapa yang super, kenapa ga sekalian kalian balik ke zaman kerajaan lagi? Bubarin negara ini, lalu kalian semua perang sampe ga ada suku lain yang tersisa kecuali san pemenang perang. Coba, lakuin.

  136. Sungguh menyedihkan….

    Ada perasaan tertekan yg sy tangkap dr bbrpa komen teman2 di sini.Apapun stereotip buruk yg dituduh org kpd kita,rileks….hehehe
    Lebih penting utk mnjawab hal2 buruk yg dituduhkn td,pling mudah tanyalah hati kita….benarkah?
    Kl iya, perbaiki…..kl tidak ya tidak perlu merasa inferior
    Tuh ada contoh di atas : ” ah sy bkn pemalas,buktinya sy bisa ini itu bla bla..”
    Ada pepatah : musuh kita adlh informan terbaik kelemahan kita

  137. Maaf, sy tdk ingin mggunkan kata musuh.itu hnya ujar2 yg sy kutip dr buku teori ……hehehe piss yah.sing sabar dak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *