Eclipse BIRT Ganymede: Loncatan Lebar BIRT

Saya pernah membahas tentang beberapa mesin pembuat laporan berbasis Java (Java reporting engine) dan menahbiskan Actuate sebagai tool reporting yang paling hebat. Tapi sayangnya, lisensi Actuate tidak free alias harus membayar sejumlah uang tertentu agar bisa memakainya. Di sisi open source, saya menganggap Jasper Report dan Eclipse BIRT sebagai tool reporting terbaik yang free.

Fleksibilitas

Bussiness Intelligence Reporting Tool (BIRT) merupakan buah manis kerjasama yang cantik antara Actuate dan Eclipse. Menurut saya, ini adalah terobosan bagaimana sebuah report designer. Tidak memiliki batasan slot-slot (Actuate) atau band-band (Jasper), BIRT menawarkan fleksibilitas tanpa batas. Anda bisa menempatkan record-record berulang dimana saja (tidak harus di band detail — misalnya), cukup memasang pallete List atau Table. Sebaliknya, untuk record-record yang tidak berulang, selama Anda tidak memasukkannya pada pallete List atau Table, ia hanya ditampilkan sekali saja. Fitur ini akan sangat menyederhanakan SQL query statement ke database.

Multiple Data Set

Data Set adalah sebuah himpunan data yang akan ditampilkan dalam report. Sumber data set biasanya adalah melalui SQL query. Nah, di BIRT, kita bisa memakai banyak data set yang bisa ditempatkan di pallete mana saja dan bisa menjadi sub data set dari data set yang lain. Ini sangat memudahkan bagi mereka yang tidak bisa membuat SQL query seperti saya. SQL Query yang kompleks (crosstab segala macem) bisa dipecah menjadi beberapa query sederhana dalam beberapa data set. Menakjubkan sekaligus menyenangkan!

State of the Art: Eclipse Birt Ganymede

Versi ini sangat banyak perbaikan yang besar, utamanya di masalah performance, baik di sisi Report Designer-nya maupun runtime-nya.  Waktu masih memakai Eclipse Birt Europa, saya mengeluh tentang lambatnya respon desainer dan runtime ketika sudah dipasang di production server. Di sini, Eclipse Birt Ganymede, semua sudah diperbaiki. Respon desainer yang tanggap menjadikan lingkungan yang menyenangkan untuk pembuatan report. Ketika dipasang di production server, proses kompilasi dan hasil tampilan jadinya juga tidak terlalu lama.

Bagaimana tentang kualitas hasilnya? Format PDF tetap rapi seperti pendahulunya, dan ada perbaikan besar di format Microsoft Excel (XLS). Salah satu hal yang paling dikeluhkan para programmer adalah tidak adanya report engine yang bagus untuk hasil berformat xls. Bahkan Jasper yang paling terkenal itu pun tidak bisa menampilkan hasil report excel dengan rapi jali. Namun, Eclipse Birt Ganymede menampilkan fitur yang paling menggiurkan dengan hasil format excel yang sangat rapi. Pembuatan dan pembagian cell gridnya masih rapi seperti buatan tangan (biasanya kalau buatan report engine kacau balau) dan yang paling menarik: garis-garis bantu cell-nya masih terlihat. Sangat dekat dengan hasil buatan manual.

Sebagai penutup, saya kira saat inilah Birt telah *benar-benar* bisa digunakan sebagai reporting engine. Kalau Jasper tidak ada perbaikan berarti, bisa dikatakan inilah tool reporting berbasis Java yang terbaik sekarang. Bahkan konon kabarnya, Actuate versi yang terbaru juga menggunakan engine yang sama persis dengan BIRT sebagai basis mesinnya. Maklum, BIRT kan juga bayi-nya Actuate. 🙂

Silakan langsung menuju TKP! *ijo-ijonya gan… :beers:

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 thoughts

  1. salam kenal buat mas galih,

    saya lagi belajar bikin report pake BIRT. cuma nantinya, report itu diintegrasikan dengan program Java yang sudah ada. saya masih buta sekali bagaimana menggabungkan BIRT dengan aplikasi. apakah memakai API? bisa kasih link tutorial yang membahas itu enggak? kalau bikin project reporting dari Eclipse saya dah sedikit ada bayangan, tapi kalau integrasi belum sama sekali mas.

    regards

    Adam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *