Tulungagung: Gedung-Gedung Sekolah

Tentang gedung-gedung sekolah di kota Tulungagung.

Liburan lebaran yang lalu, proyek hunting saya adalah memotret segala sudut kota Tulungagung. Obsesinya sih segala sudut kota termasuk sudut-sudut perempatannya. Beberapa tempat seperti Stasiun Tulungagung sudah saya potret. Tempat wisata yang cocok buat mojok juga sudah seperti Waduk Wonorejo, Pantai Brumbun, dan Pantai Prigi.

Ternyata, jeprat-jepret ngasal begini memakan waktu juga. Padahal saya benar-benar tanpa konsep yang njlimet. Pokoknya berhenti, tanpa turun dari motor ambil kamera di tas, membidik, lalu segera pindah ke tempat lain. Empat jam habis buat muter-muter kota yang tak seberapa besar ini.

Karena cukup banyak, maka proyek ini saya bagi menjadi beberapa posting. Inilah yang pertama: gedung-gedung sekolah terkenal di Tulungagung. Diurutkan secara acak.

SMA Negeri 01 Boyolangu, Tulungagung

Dulu terkenal dengan sebutan Smada, SMA Negeri 02 Tulungagung. Salah satu sekolah paling elit di Tulungagung. Nama gaulnya sekarang adalah Smaboy. Tak heran, karena penghuni sekolah ini adalah para lulusan terbaik dengan NEM tertinggi. Seiring berjalannya waktu, kabarnya sekolah ini telah turun tahta dari sarang siswa-siswa terhebat dengan segudang prestasinya menjadi sekolah yang paling glamor dan paling modis. Sarangnya anak-anak orang kaya yang manja dan menghambur-hamburkan uang orang tuanya.

SMA Negeri 01 Kedungwaru, Tulungagung

Masa lalunya terkenal dengan sebutan Smas, SMA Negeri 01 Tulungagung. SMA tertua di Tulungagung. Nama gaulnya sekarang adalah Smaked (atau Smuked?). Bersaing ketat dengan Smaboy memperebutkan murid-murid terpandai se-Tulungagung. Inilah sekolah yang paling stabil di Tulungagung. Lempeng-lempeng saja, tidak glamor, tapi tetap berprestasi.

SMA Negeri 1 Kauman, Tulungagung

Memanfaatkan gedung sekolah tertua di Tulungagung, Sekolah Pendidikan Guru (SPG), SMA Kauman tampil anggun di pinggiran kota sebelah barat. Dulu seringkali disebut sebagai sekolah “buangan” karena siswa-siswa yang tidak lolos di Smaboy dan Smaked ditampung ke sekolah ini. Meskipun demikian, inilah sekolah paling favorit untuk anak-anak yang tinggal jauh di pelosok Tulungagung karena lokasinya yang berada di tepi jalan provinsi Tulungagung-Trenggalek.

SMP Negeri 01 Tulungagung

Tak dapat dipungkiri, inilah SMP tertua, terbaik, dan terfavorit di Tulungagung. Terletak di tengah kota, persis di tepi alun-alun Tulungagung dan berdampingan dengan kantor Bupati Tulungagung. Hanya dengan melihat aura kecerdasan yang terpancar wajah-wajah siswanya cukup membuat siswa dari sekolah lain keder dan kehilangan kepercayaan dirinya.

SMP Negeri 02 Tulungagung

Almamater saya. Banyak kenangan di gedung sekolah yang kecil dan terdesak di tengah belantara kota Kepatihan. Awal dari kebiasaan saya menjadi seorang secret admirer diawali dari sekolah ini. Di tempat itulah saya sering mencuri-curi pandang pujaan hati yang sedang menunggu angkot jurusan Pojok, Ngantru. Hehe.. kebiasaan buruk yang terbawa sampai sekarang. ;))

Eh, kok jadi curcol gini. Kembali ke laptop! SMP 2 Tulungagung hampir selalu ada di bawah bayang-bayang SMP 1. Dalam hal apapun, kalau juara 1-nya adalah SMP 1, maka juara 2-nya hampir selalu SMP 2. The second position is the first looser. Hanya beberapa kali saja SMP 2 mengungguli SMP 1.

Lokasinya paling strategis, sehingga SMP ini menjadi favorit anak-anak berprestasi yang ada di nun jauh pelosok kabupaten Tulungagung. Jl. Panglima Sudirman Tulungagung adalah jalan protokol yang dilalui semua angkutan umum. Tak heran, karena jalan ini adalah pintu utama dari luar kota menuju ke terminal Tulungagung.

Foto-foto: Flickr.
Nikon D40 – Sigma 10-20 mm HSM

87 thoughts on “Tulungagung: Gedung-Gedung Sekolah”

  1. lih membaca postingmu ini jadi pengen motret sekolahanku… huhu banyak memori tertinggal disana…. oo jadi disitu toh kamu curi-curi pandang aja.. hihihi….. loh loh sekarang masih?? hahaha… curi-curi pandang anak smp sma di jakarta aja lih….. kan banyak..

  2. rasanya kalo motret objek seperti itu ndak ada beda signifikan antara pake kamera di hp, poket sama dslr.. hehe…

    salut sat untuk kerajinanmu mengangkat tulungagung melalui blog posting. semakin sering diposting, semakin banyak pula search result di google, semakin kondang pula tulungagung di mata dunia..

    eh sat, koe nek mulih lewat ponorogo ta kediri?

  3. aduh semangatnya bikin aku pengen juga motret kampung halamanku di Gresik sono. Tapi aku sdr besar di Sorong, Papua selama 15 tahun. Huaaaa jadi pengen ksana lg, cos terakhir ksana dah 4 tahun yg lalu. Kebayang deh apa aja yg bakal kupotret, termasuk SD inpres ku yg kucintai…

    Fotonya, always apik :)

  4. Iya, bagus fotonya. Jernih. Jadi inget sekolahan dulu. Cuma sekarang kalau pulang sdh ga sempet ngliat-2 bekas sekolah dulu, sdh lupa sudut-2nya apalagi temen-2 curcolnya

  5. itu potonya SMA 1 Boyolangu tapi kok bahasannya SMA 2 Boyolangu ya :-/

    Boyolangu sebelah mananya tulungagung ya..
    [bukak gmaps]
    [udik amat tiwi nih]

  6. @tiui : dulu itu namanya SMA 2 Tulungagung, trus abis itu kan penamaan jadi berubah jadi nama kecamantannya klo ndak salah. Lha trus SMA 2 Tulungagung itu bertempat di kecamatan Boyolangu n emg satu satunya SMA disitu makanya rankingnya jadi naik dari 2 ke 1. Cmn nama belakangnya itu jadi Boyolangu.

    * sok tau mode on *

  7. SMPN1 Tulungagung, mantan calon sekolahku dulu..hehehe…, sekarang lebih glamour kesannya (mesti nglewati pas pulang dari stasiun sih…)

    SMUN 1 Boyolangu, kalo ni almamaterku.., tapi iya ni.., sekarang pamornya beda!! ga’ garang kaya’ dulu lagi….

  8. Mas boleh minta foto sebuah gedung di Jl Ki Mangun Sarkoro. Tepatnya di depan sekolah apa saya lupa MAN mungkin yah…sy dulu sempat di Tulungagung tahun 2002. Dulu katanya mau buat gedung PBB. Thank you…before

  9. nambahin,…

    “Tak dapat dipungkiri, inilah SMP tertua, terbaik, dan terfavorit di Tulungagung. Terletak di tengah kota, persis di tepi alun-alun Tulungagung dan berdampingan dengan kantor Bupati Tulungagung. Hanya dengan melihat aura kecerdasan yang terpancar wajah-wajah siswanya cukup membuat siswa dari sekolah lain keder dan kehilangan kepercayaan dirinya.”

    selain itu alasanya krn siwa-siswi smp1 tulungagung terkenal nekad dan pemberani,… dan sedikit ngawur seperti saia,.. :)
    lho,.. kok?
    ya iya,.. lah massa, ya iya donk,..
    krn gedung sekolah SMP1 ini dulunya bangunan penjara jaman kolonial belanda, makanya sedikit angker dan winggit
    heheheh

  10. Waaa……. jadi terharu membacanya….. Emang ada datanya ya kalo sekarang smuboy turun tahta????? Kok agak nggak rela ya “mendengar”-nya…. Terus apa donk yang bisa kita lakukan sebagai alumni smuboy untuk memperbaikinya? Opo ya kang fatso??? Pokoke nggak rela… nggak rela … nggak rela…. :(

  11. Penayangan sekolah2 di Tulungagung dapat membangkitkan memoriku waktu aku sekolah dulu. Kebetulan aku alumni SMP 1 Tulungagung lulusan 1984, alumni SMA 1 Boyolongu/d.h. SMA 2 Tulungagung. Saat ini aku merantau di Ibukota, dan meniti karirku di pendidikan juga. Thanks atas penayangan ini. Aku tunggu foto2 menarik lainnya yang membangkitan memoriku akan kota kelahiranku.

  12. hai hai hai …
    sapa bilang yang sekolah di smubuy cuma anak-anak manja dan suka menghabiskan uang orang tuanya,
    gak gitu semuanya,
    apa’an sii, nag smuboy juga terkenal akan olahraganya, basket itu terutama,
    sapa sii yang nilis berita gak bener ini,

  13. aku dulu alumni smada/smuboy tulungagung ’93.now my hum at jakarta.bingung nee cari info ttg alumni smada’93…profesiku skarg guru sman di jaktim…

  14. Wah sama mas. AKu juga alumni smp2 tulungagung. tapi itu uda 10 tahun yang lalu…..

    jadi keinget lagi………….. SMP-ku . Juga kota TULUNGAGUNG

  15. pinter-pinter jadi tki ya mas?. berapa ekor yang ketrima di ITB ? UI? UGM ?.
    smuboy, smuked, smukau……..tulungagung ? jauh gak dari surabaya

  16. saya adalah seorang konsultan,ada investor mau menanamkan modal untuk pembuatan laboratorim diSMA yang ada diTulungagung.berminat hubungi sy 081219461337

  17. Wah, bacan lihat foto2 sekolah di dulu jadi kepengin pulang kampung nih. Hampir 20 tahun tinggalkan kota kelahiran jadi kangen ketemu teman2. Apalagi lihat SMP 1 dan SMUKED nya. Dulu suka bolos dan …biasa kenangan masa SMA. Aku tinggalkan SMUKED th 1989 trus hijrah deh…ke Kota Apel…

  18. hallo, salam kenal. Kaya’nya ada yang ketinggalan buat di jepret tuh,om…Smpn 3 kan, tinggal maju dikit trus belok kiri dari smpn 2. Kan aku jg pingin tau wajah almamaterku kini..he..he..

  19. ngomong ngomong soal smu boyolangu, meski rsbi kenapa gak lebih unggul dari smu kedungwaru. dengan kauman dan gondang juga gak jauh beda prestasinya

  20. All…

    Iseng2 buka inet nemu ini…. Sapa pemiliknya ya?? Salam kenal ya…
    Kenalin nih, aku singgih prayoga, alumni SMUBOY, lulus th 99….
    alumni SMPN 2 TA, lulus 96

    YM : singgih_prayoga

    cu… Thx, Yoga

  21. ….gedung sekolah yang kecil dan terdesak di tengah belantara kota Kepatihan.
    yappp!!!!!!!!!!!!!!this is my lovely scul.sekarang aku kelaz 7.
    cayooooo EMPERO

  22. peh…q g trima masak SMANSAKA disebut sekolah buangan….meskipun sampai sekarang sulit dipungkiri bahwa jika tidak masuk SMABOY atau SMUKED pasti lari ke SMANSAKA…tapi,,,output SMANSAKA tidak kalah bersaing dengan SMUKD atau SMUBOY…contohnya angkatan 2008 asa yang diterima di PLN,angkatan 2009 diterima di STAN,STT Telkom,ITS,UM,UGM

  23. Bwat yang ngaku ALUMNI SMUKED apa lagi yang di bawah tahun 2004 (adik kelas) bahwasannya di bawah tahun tersebut bukan lagi SMU KED

  24. sekedar bagi2 pengalaman ja.. pas skul d SMUKED tu q bnr2 puas bgt. dimana kita bnr2 difasilitasi. Q yang mang dari ” ndeso” alhamdulillah lumayan g GAPTEK.. dalam artian disini bkn cuma mslh teknologi aja,, tp jg kita bisa manfaatin lab2 na.. thanks..pak Rusli.. thanks bu Hartini… n thanks wat Bu Is… ohya… wat oma jua..

  25. SEKarang sman 1 boyolangu bagus loch.
    sekarang jadi sekolah SMA bertaraf internasional pertama Sakaligus terbaik n terfavorit di tulungagung
    sekarang smaboy jadi dambaan masyarakat tulungagung
    hidup smaboy (
    SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG ( in the best lah )

  26. Halah SMABOY bertaraf internasional apanya…yang anak2 sekarang…emang setelah lulus go internasional tak?ato ngendok di kampung aja…
    HIDUP SMARIDUTA…gara2 SMARIDUTA bisa masuk ITB…Alhamdulillah

  27. Salam kenal,
    Kami dari nicnic tour menawarkan jasa liburan ke Bali.
    kami menawarkan paket Study tour dengan konsep wisata arkeologi. paket tersebut memang kami siapkan bagi para pelajar sekolah maupun mahasiswa yang berminat ke bali yang ingin lebih dari sekedar jalan2.
    info lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.kaskus.us/showthread.php?p=148136184 atau telp kami di 085235864646. untuk harga bisa dibicarakan lebih lanjut.

  28. i think smaboy is the best school of many senior high school in Tulungagung.
    Now, i am a member of smaboy, and i hope i can be the succes people from here… Aminnn

  29. hidup SMABOY,,,

    mang skr Smaboy bnyk perubahan,,,
    susah kita jumpai green campus yg dulu,,,
    kangen bgt ma smaboy yg dulu,,,
    mskipun msh bntr meninggalkannya , tp kenangan yg ada ibgin diulang kembali,,,

    bt aluminus SMABOY,,,
    maybe bs join di group fb “Setuju kah Dengan Smuboy sekarang?”
    di situ kita bs lihat SMAboy yg sekarang,,,
    dengan orng2 baru yg gag ngerti arti kenangan,,,
    egois sesuka hati,,,

    Terimakasih,,,

  30. GMn kalo mas ngekspose SMP 1 yang skrang..tampilan benar2 berbeda dari yang mas foto..
    wahhh..itu bisa jadi the last memory picture of SMP 1 yang dulu..wew..

    aku jadi kangen ma skolahh…ihiks :'(

    however, walaupun smaboy namanya sudda agak “turun tahta” namun tak apalah.
    roda kan slalu berputar..(tapi agak sedikit gag rela sii)
    tapi gmn lagi..Whatever will be will be..
    Keteledoran yang harusnya diperbaiki..SEMANGADh..

    smoga smaboy tetap menjadi yang d’best..

  31. bapak bapak atau ibu..
    maaf sebelumnya..
    jangan memfonis seenaknya dong..
    disini smaboy dijatuhin sekolah lain..
    dijunjung tinggi..
    ga bisa gitu dong..

  32. kalau kamu bisa mengekspos smpn 2 tulungagung yang terbaru dan juga smaboy yang terbaru itu lebih baik dan tolong informasinya siapa kepsek smaboy skrang/////// pa masih pak sawari yang guru hitung dagang dulu???????[ alumni angkatan 86]

  33. DI TULUNGAGUNG SEKOLAH yang ditetapkan SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL sampai tahun 2009 APA ini :
    1.SDN KAMPUNGDALEM 1 TULUNGAGUNG
    2.SMPN 1 TULUNGAGUNG
    3.SMPN 3 TULUNGAGUNG
    4.SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  34. pakdhe………
    bongkar terus tulungagung versimu……
    uplot terus…………

    bsa senyum2 ndiri pas liat2..
    tengkiu berat y..

  35. hi … salam kenal dulu dech…
    aku juga jauh dari TA jd seneng bgt nemuin foto-foto asli TA, tapi ada yang kurang SMP Negeri 3 TA blm ke foto lhoo … thanks.

  36. halo lih?wah,jadi inget remaja nih.Aku alumni SMPN 2 TA,eh itu billiard samping sekolah msh tak ya?aku di batam sekarang

  37. halo lih,wah jadi inget remaja nih.aku alumni 98 SMPN 2TA.eh,itu tempat billiard samping sekolah msh tak ya?

  38. meskipun smuboy agk menurun prestasinya tapi bagaimanapun juga tetep terbaik se tulungagung. . .

    gak usah jauh2 liat prestasinya gmn. . .

    liat aja lulusannya diterima dimana saja

  39. SMAN 1 Boyolangu Telah Berstatus RSBI Sejak Tahun 2009.. dan Merupakan Satu-satunya SMA yang berstatus RSBI di Tulunggaung..
    PPDB RSBI SMAN 1 Boyolangu membuka 3 jenis kelas RSBI Pada Tahun 2011, \:
    1. RSBI ( 8 Kelas @ 32 Siswa )
    2. RSBI Akselerasi ( 1 Kelas @ 10 Siswa )
    3. RSBI Science Olimpiad ( 1 Kelas @ 32 Siswa )
    ( Pendaftaran Mulai Tanggal 11-14 April 2011 )
    Buruan DAFTAR …..
    Inilah Sekolahh TERBAIK dan TERFAVORIT di TULUNGAGUNG atau Kota MARMER
    Dijamin TIDAK menyesal Sekolah di SMAN 1 Boyolangu…
    Alhamdulilah…. Setiap Tahun Siswa SMAN 1 Boyolangu selalu ada yang masuk di ITB dan UI, UGM, UNAIR, UB, ITS, STAN dan Masih Banyak Lagi……

  40. Biarpun saya sudah tidak tinggal lagi di Tulungagung, tapi saya masih ingat waktu masih ada SPG ( Sekolah Pendidikan Guru ) di Balerejo dulu kalau pas perpisahan kelas 3 pasti rame banget. Kebetulan aku juga ada teman seangkatan yang sekolah di SPG alumni tahun 1976 dan langsung dapat Inpres pengangkatannya di Madura. Mohon teman-teman minta informasinya donk! kalau bisa saling kasih alamatnya dan kalau bisa kita kumpul-kumpul alumni SPG tahun 1976 tsb.

  41. aku lahir di tulungagung loh…….
    tapi sekolah di tarakan, kal-tim..
    bdw,,di tarakan juga ada loh smp yg pernah jadi smp terbaik se asia tenggara..
    SMP NEGERI 1 TARAKAN…
    fasilitasnya kayak hotel bintang 5 atau maybe kayak gedung kampus modern..
    pokok e fasilitas+prestasi+tenaga pengajarnya ngetooopp abiss..
    aku alumni smp 1 tahun 2009/2010..
    siapa tertarik menuntut ilmu di smpn 1 tarakan…???

  42. Satu-satunya sekoah yang Berstandar Internasional RESMI yaitu SMPN 3 Tulungagung. yang lainyya tidak resmi . Sma – sma nya pun juga tidak resmi

  43. aq anak SMA 1 ngunut alumi thn 2008-2009,….
    semoga di SMA q tmbh eboehhh ajaaaaa,…
    buat alumi SMA 1 ngunut semoga sukses selalu???

  44. SD aq di SD Tanggunggunung 1 bukan favorit cih ..ndk kyak yg diatas
    SMP aquh di SMPN 1 Tanggunggunung , di plosok jg cih…
    Trus SMA aquh di SMA PGRI Campurdarat ..mgkin skrang udah glung tikar…. ..
    trus Kuliah aquh di UNITA ….
    .
    .
    .
    tpi alhamdulillah skarang aquh udah sukses menurut ukuran aquh… udah bisa naikin haji Kedua ortuku n nenek kakek aquh… Kesuksesan bukan dari mana kita mennutut ilmu tpi dari kemempuan qt membaca situsasi dan memperdayakan kemempuan kita ..trima ksih

  45. Beneran keder lihat anak SMP 1 Tulungagung (yang sekarang). Entah kenapa auranya jadi beda,terkesan glamour(padahal saya alumni situ juga). Ada sedikit rasa tidak nyaman (atau kurang bersahabat) saat saya dan seorang teman mengunjungi tempat tersebut, lebih pada sekolahnya sih. jadi males mau ke sana lagi, walau sekarang jadi lebih bagus….

  46. Wahhh…..saya juga alumni SMP Negeri II , lulusan tahun 70 an…. Wah….sudah tua banget yach…..

    Dimana temen-temen seangkatanku ya?.

  47. aku alumni empero t.agung 2009….
    skrng tinggal di bali…

    bnyk bgt kenangan manis,pahit,indah maupun getir…
    teringat saat ngutil jajan di kantin. sembunyi di wc krna malas ikut upacara. dihukum bersama sekelas. dihukum jalan jongkok gara” plorotin clana tmen saat pljrn renang. menempuh ujian semester di ruang guru gara” korupsi uang spp,dll smua mnjadi suatu kenangan konyol, lucu, bercampur haru bila ku kenang..
    terlepas dari itu, disanalah tempat q mengenal cinta. bahkan first kiss pun disana..
    sahabat” karib yg ku kenal awalnya adalah tman sekelasku di empero.

    main bilyard. ngonthel bareng. sengaja naik kol sendang karna yg naik cewe nya seksi”. smua q jalani dg hepi..

    aku sllu ingat saat” itu.

    np: project pop – kenanglah hari ini

  48. saya pernah bersekolah di smp 1 tarakan pada tahun 7oan dan di sma berau dan sekarang saya berada di malaysia . now i have four children. and i still remember my classmate and teachers. i hope who know me they call me romi (nick name) i also have brother and sister in berau,i miss you so much…

    ‘RUMIARSA YASIR’

  49. dan saya pernah depan smuboy menunggu bidadari pujaan hati, ternyata bukan, hanya kisah yang diambil hikmahnya, satu lagi yang membuat kangen tulungagung masjid agung, dan jalan kaki di krikil taman tulungagung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>