Memperkenalkan: XML-RPC

XMLRPC adalah akronim dari eXtensible Markup Language – Remote Procedure Call. Sebuah spesifikasi XML yang menjelaskan mengenai mekanisme pemanggilan prosedur jarak jauh dengan menggunakan XML. Bisa dikatakan, XMLRPC adalah salah satu bentuk webservice yang disederhanakan dari standar yang konvensional. Dua sistem yang benar-benar terpisah dan berbeda platform serta lingkungan bisa saling berkomunikasi lewat sarana file XML.

Protokol komunikasi yang digunakan adalah protokol standar yang paling populer di dunia: HTTP. Request yang dikirim lewat HTTP harus menggunakan method POST. Prosedur yang akan dipanggil beserta parameternya dibungkus dalam file XML dalam spesifikasi XMLRPC. Demikian pula return value-nya, sebelum dikirim akan dibungkus dulu dalam bentuk XML dan ditransfer diatas lalu lintas protokol HTTP di internet.

Gambaran besar secara sederhana bisa dijelaskan dalam gambar di bawah ini:

Spesifikasi yang dibuat oleh tim XMLRPC sudah cukup lengkap, misalnya bagaimana cara mengirim parameter dan mengembalikan return value. Termasuk pula data type standar XMLRPC juga disertakan.

Implementasi spesifikasi XMLRPC telah diterapkan secara luas di berbagai lingkungan pemrograman. Di Java sendiri, tim dari Apache telah membuat library yang compliance dengan spesifikasi XMLRPC. Hal ini memudahkan kita untuk tidak perlu repot-repot berurusan di level rendah seperti pembuatan parser untuk mengolah data dari XML. Semua telah dibungkus dalam level yang lebih tinggi dalam bentuk class-class library. Misalnya, setiap objek java.util.Date akan  dikonversi menjadi tipe data standar XMLRPC secara otomatis. Dan banyak lagi kemudahan-kemudahan yang lainnya.

Saat ini, beberapa layanan populer telah mendukung XMLRPC. Yang paling mencolok tentu saja adalah layanan blogging. Kini setiap mesin blog saling berkomunikasi satu sama lain (trackback, pingback) dengan menggunakan standar XMLRPC. Dengan XMLRPC ini, beberapa layanan baru untuk mengelola blog di luar software standar muncul. Contohnya adalah WordPress API dan Blogger API. Kini kita bisa menulis posting blog dengan software berbasis desktop (Microsoft Word 2007 bisa melakukannya) tanpa harus terkoneksi dulu ke internet.

Akankah XMLRPC akan berkembang sebagai alternatif dari standar yang sudah ada macam SOAP,  UDDI, dan WSDL? Kita tunggu saja. πŸ™‚

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

15 thoughts

  1. Wes pokoknya bisa diakses dari aplikasi yang kita bikin tanpa harus banyak mikir udah bagus, Lih.
    Aku kan kerjanya di level aplikasi, bukan di level yang ngurusi yang begituan.

    Standar nggak penting, yang penting bisa dipakai πŸ˜€

    Pragmatis mode : on

  2. Mas, mau tanya. Katanya XML RPC itu bisa bikin web update pada bagian tertentu tiap saat. Nah, itu gimana ya? Terima kasih banyak..

  3. Salam kenal.

    Iya yah…. Koq spertinya xmlrpc ngg berkembang lagi. Ap mungkin udh mentok sgitunya y…?

    Kbetulan tahun 2007 dulu saya pernah ngerjakan app. servernya chat system yg implement xmlrpc d tempat saya OJT dulu. Tp skr koq kyknya ngg populer lg tu xmlrpc. Tp lumayan jg tuh efektifitas transport lewat http nya utk chat system….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *