Indahnya Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango adalah salah satu taman nasional yang dimiliki Indonesia yang berada di Jawa Barat. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 2958 m di atas permukaan laut (dpl) untuk Gunung Gede dan 3019 mdpl untuk Gunung Pangrango. Gunung Gede Pangrango dapat dicapai dari Jakarta melalui tol Jagorawi, dan masuk jalur Puncak dan memakan waktu sekitar dua jam (jika tidak macet).

FLICKR (1 Juni 2007, 06:00 AM)
Gunung Gede Pangrango (tampak dari Villa Ciburial, Puncak)
Nikon D40 | Nikkor AF-S 18-55mm at 18mm

Gunung Gede sangat cocok bagi para pemula untuk mencoba melakukan pendakian pertamanya. Treknya cukup moderat, tidak terlalu berat tetapi juga tidak terlalu ringan. Gunung Gede memiliki jalur yang berkarakter berbeda-beda dan lengkap. Kami melakukan pendakian agak memutar melalui Gunung Putri karena treknya jauh lebih ringan dibandingkan dengan melalui jalur Cibodas.

Paling tidak ada beberapa trek dengan karakter yang berbeda-beda dalam jalur pendakian Gunung Putri hingga puncak, yaitu:

  • Trek tanah liat dan berbatu
    Trek ini mengawali perjalanan mulai dari villa tempat kami bermalam di Gunung Putri. Jalur ini tanah liat biasa dengan kiri kanan adalah kebun sayur-sayuran. Setelah lepas dari kebun sayur, kami disambut jalur berbatu tajam. Pada waktu berangkat, jalur ini tidak terasa berat, tetapi pada waktu pulang, jalur ini sangat terasa menyakiti kaki.
  • Trek Tangga Berundak-undak
    Setelah menyeberangi sungai kecil, deretan tangga berundak yang cukup curam menyambut kami hingga gerbang taman nasional Gede Pangrango. Jalur ini waktu naik adalah yang paling ringan, tetapi pada waktu turun menjadi yang paling berat.
  • Trek tanah dalam hutan
    Jalur pendakian berikutnya berkarakter tanah liat dengan kemiringan sekitar 10 hingga 30 derajat dengan hutan lebat di kiri kanan. Hawanya sejuk. Pandangan terbatas karena kabut sering terjebak di situ. Banyak tempat licin — saya dua kali terpeleset dan hampir terperosok. Jalur ini berakhir di shelter bernama Buntut Lutung.
  • Trek akar-akaran dengan kemiringan 40 derajat
    Wajarlah kalau shelter ditempatkan di Buntut Lutung. Setelah Buntut Lutung karakter treknya bertambah berat dan panjang. Jalur dibuat di sela-sela akar-akar pohon yang sangat membantu pendakian. Suasana angker sangat kentara. Saya tak akan berani lewat jalur ini kalau sendirian saja. Porter saya, Mas Mahmud, bercerita kalau malam sebelumnya ada pendaki perempuan kesurupan karena membuang pembalut wanita sembarangan di sini. Jalur ini berakhir di shelter bernama Simpang Maleber.
  • Trek akar-akaran dengan kemiringan 60 derajat
    Jalur setelah Simpang Maleber adalah jalur yang paling berat waktu naik ke atas. Jalur yang menguras tenaga, nafas, sekaligus persediaan air minum. Sebagian besar jalur ini dilalui dengan merangkak dan memanjat melalui akar-akar di kanan kiri. Siapa yang takabur di trek-trek sebelumnya akan dibuat takluk di trek ini.

Alun Alun Surya Kencana

FLICKR (17 Mei 2008, 03:34 PM)
Alun-Alun Surya Kencana, Gede Pangrango, Jawa Barat
Nikon D40 | Nikkor AF-S 55-200mm VR

Lepas dari trek Simpang Maleber, kami disambut padang ilalang yang dihiasi bunga Edelweiss (Anaphalis javanica) yang sangat luas. Sejatinya, tempat ini adalah kaldera kuno dari Gunung Gede. Pada salah satu letusan dahsyatnya, kaldera ini tertutup letusannya sendiri. Sedangkan kawah barunya terbentuk di Puncak Gede hingga sekarang.

Di sini kami bermalam di tenda untuk istirahat. Karena daerah ini adalah lembah yang diapit dua puncak (puncak Gede dan puncak Gumuruh), suhu di malam hari sangat dingin dan jatuh hingga 3 derajat Celcius. Bagi orang yang terbiasa di suhu 20-an derajat seperti saya, suhu seperti ini adalah sensasi yang luar biasa. Udara terasa begitu menggigit menembus lapisan sleeping bag, raincoat, jaket parasit, sweater, dan kaos oblong yang saya kenakan.

Summit Attack

Pagi hari selepas selepas Subuh, kami meneruskan pendakian ke puncak Gede mengejar sunrise. Ah, saya kurang beruntung karena tidak mendapatkan momment tersebut. Tidak mengapa. Toh saya masih mendapatkan beberapa foto yang cukup lumayan di puncak. Masih untung saya tidak kehabisan napas di puncak dan masih bisa turun dengan selamat sampai villa Gunung Putri dan akhirnya kembali ke Jakarta. Terima kasih Tuhan, terima kasih VCAT, terima kasih panitia, terima kasih Cukris, Choirul, Mas Ferdy, Mas Puntadi, kang Bedjo, Mas Aby, dan semuanya.

Foto-Foto

FLICKR (17 Mei 2008, 03:46 PM)
Model: Cukris dan Bu Bina Yuanita
Lokasi: Alun-Alun Surya Kencana, Puncak Gunung Gede, Jawa Barat
Nikon D40 | Nikkor AF-S 55-200mm VR

FLICKR (18 Mei 2008, 06:29 AM)
Puncak Gede 2958 m dpl, Jawa Barat
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

FLICKR (18 Mei 2008, 07:04 AM)
Puncak Pangrango dan Gunung Salak
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

FLICKR (18 Mei 2008, 07:15 AM)
Footprint (hayo tebak saya yang mana πŸ˜€ )
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM (taken by Mas Puntadi)

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

107 thoughts

  1. Bu Dina posenya dah mantab…cukris kurang luwes sithik…sik kethok lek lg arep di Foto wkakaka… just mai oponiyon.

    Wah jepret landscape adoh2an ngene yo mampus kameraku jeh wkakaka….

  2. foto yg laennya dunn, terutama akyuuu (teteup :p
    nice story om,
    congrats yawww, akhirnya bisa juga sampai puncak πŸ˜‰

  3. dari dulu saya ga abis pikir, gunung yang letaknya miring mengerucut kok punya tanah datar seperti surya kencana itu πŸ˜€
    btw, di surya kencana ga ketemu mahluk halus? πŸ˜€

  4. jamput…. subhanAllah… indah banget ciptaanmu ya Robb!!!!… masyaAllah…. bahagia orang yang bisa rame2 disitu.. hiks kepengen….

  5. huhuhu,,,,pingines,,,(karena pinginnya jamak tambah es)
    mas, alhamdulillah iso nek puncak,,gak tak bayangne sampean kuat,,selamat πŸ™‚

  6. deuh senengnya jalan jalan…

    Subhanallah yah bagus sekali… saya lebih suka gunung memang daripada laut..

    ahakupuninginjalanjalanyangjauhsekalianbuatmenghilangkankepenatan πŸ™

  7. Ojo mokong2 koen dan(daniel), tak uncalne teko puncak lho koen. Asli ne gag mejeng aku, cuman gag weruh kamera kuwi selalu mengarah padaku terus.
    To nra : iki gara2 arek2 LP biyen ninggalin aku, sek dendam aku biyen ditinggal.

  8. Sepertinya salah dech, untuk gunung tertinggi di Jawa Barat adalah Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan. Sepertinya anda harus mempelajari kembali Pelajaran Geografi ya…

  9. aBiz Lebaran kemaren 2008..
    gw sMa temend2 nanjak ke Gunung Gede..
    ini pendakian perdana gw yang sangad mengesankan bangeud..
    cappe bangeud…
    ggag sampe2
    tppi..
    bikin kanGen..

  10. halo salam kenal!!!!!!!!aq belum pernah ke Gde pangrango tapi aq sangat ingin kesana!!!!!!!!
    bwt semua yang baca text ini doain ya agar aq bisa segera ke sana!!!!!!!!!!!pengen banget…………..
    amien!!!!!!!

  11. Soo..Pasti sikon Gede-Pangrango Ok bangeeett..!!!
    Salam Viss/damai buat Tim ini yang kOmpak abisss..
    Tim Jakmapa yang tiap taun ngak pernah absen di Taun Barunya
    mo tunggu naek lanjutnya diatas, semoga kita bisa sua-sua tuh di Taun Baru 2009, Ok!
    JAKMAPA ucapin BRAVO VCAT, BRAVO GG.GEDE PANGRANGO, BRAVO MONTANA,

  12. gunung pangrango mang indah banget,pokoknya beda banget deh ma gugung2 yg laen,tp sayang gunung yg begitu indah hanya untuk temapt ngewe doang ma org2 yg gak bertanggung jawab,……………….apa kata dunia???????????????

  13. klo lu ngaku orang gunung.pa lg lu tnggal di jkarta.lu hrs buktiin klo lu prnh nginjek yg nma’a pnck Gede Pangrango..seumur idup lu ga bkal nyesel..

  14. Aku salut atas pengambilan poto-potonya! Bagus banget, aku aja yang sering ke Gede Pangrango, ga bisa ngambil poto sebagus ini! Tapi tolong jaganya kebersihannya!

  15. menurut gw gunung gede mang gunung paling indah ,pokonya kalau u dah pernah daki gunung gedepangrango, gw yakin ga bakal pernah terlupakan
    SALAM DARI ANAK PENCINTA ALAM

    S.A.T. SIMBANG ADVENTUR TEAM

  16. “cu SUKA BANGGGGGGGGEEEEEEETT edelweis!!
    smoga kita yg mencintai+mnikmati alam bisa mnjaga dan melestarikannya juga mmperindahnya.
    cu blon pernah ke gn.pangrangonya eng!!
    indahnya gn.gede pangrango=emang bener!!

  17. salam rimba semuanya…
    emang TNGGP memicu adrenalin,dah pemandangannya indah,sejuk enak dech pokoknya…(tapi ada usul nich wat para pendaki sampahnya jangan lupa dibawa trus sampah yg disepanjang jalur pendakiaan jg tolong dipungut jgn cuek aj…)oya jangan suka metik bunga edelwis yang pasti jangan suka carat-coret kan jadi gak enak dilihatnya…katanya pada cinta alam?????

  18. Syukur alhamdulillah sudah bisa ke TNGP….jadi kangen….gimana khabarnya pos Gunung Putri….btw…thanks untuk potonya keren habis….

  19. wah potonya top markotop meski yang landscape horizonnyah di tengah2 jadi kurang pokus. menurutkuh kalo lansdcape, horizonnya mesti ke atas lagih kalo memang yang mauh ditampilkan gunungnyah, kalo yang mauh ditampilkeun langitnye horizon di bawah. Tapi bukan aturan baku,sih *lagian dunia potograpi memangnye ada aturanye*
    but overall,poto2nyah bagus bener…*iyalah dslr,yeh* kalo kameraku sing poket elek manah bisa beginih πŸ™

    udeh sekalih ke gunung gede,tapi pas ada badai..alamak…beku,hp sampe rusak tapi senengnyah bukan maen…

  20. owh…. keren banget tuh.
    mau kesana saya, tapi lum ada temen yg ngajak.
    he2
    tengs udah ngasi tau kalo kebesaran Allah tu gada batesnya….

  21. indah si indah tetapi untuk prases pendakian butuh waktu yang ekstra, karena perlu boking 2 minggu sebelum acara pendakian, kasian rekan2 pencinta alam yang berasal dari luar daerah karena harus siap uang serta akomodasi yang buanyak karena mesti mengikuti prosedur yang salah kaprah itu!!!! benahin tuh prosedur yang salah kaprah itu

  22. indah si indah tetapi untuk prases pendakian butuh waktu yang ekstra, karena perlu boking 2 minggu sebelum acara pendakian, kasian rekan2 pencinta alam yang berasal dari luar daerah karena harus siap uang serta akomodasi yang buanyak karena mesti mengikuti prosedur yang salah kaprah itu!!!! benahin tuh prosedur yang salah kaprah itu. alesanya sih buat menjaga kelestarian hutan padahal kan,yang besiknya PA ( pencinta alam ) sudah pada mengerti tentang arti pentingnya kelestarian alam

  23. gue paling cinta banget naik ke pangranggo karena jalurnya itu masih alamai banget
    kalo ada yang mau naik gunung gede pangrango ajak2 y
    tel 083890171638
    rencana bulan mei aku mau kesana kalo ad yang mau dabung kontek2 aj
    Kandang Bhantenk
    jakarta selatan

  24. hi guys…………….

    LoE semua keReeeeeeen aBiezzzzzzzzzzzz……………
    sebagai pemula jadi ngak sabar pengin cepet2 liat alun alun surYa kenCana
    smoga gwe kesampaian dech ……

  25. fotonya indah bgt!!!!!!!! tp setiap w naek ndak pernah nyampek puncak coz temen2 w pada ndk kuat termasuk w sih!!!!he…he…he!!!
    w blh minta fotonya yeee! makasih bossss

  26. ini Gunung paling Gw Kenang seumur Hidupku kawan…
    Edan B9T!!!
    Gw n kawan2 naklukin Gunung ini pulang per9i kurang Dari 24 jam lwat Jalur Cibodas…
    KepepeT neH Gara2 urusan KuliaH…
    Mana Pulangnya Malam l9 n Senter Cuman punya 1buaH, Ud Gitu pertama Kali kegunung ini l9!!!
    Palin9 ngeri pulangnya kawan, Pas ditanjakan seTan n di Air pAnas ntu senter kaga nembus…
    huh….
    tetapi Gw n teMen2 Puas Bisa Menikmati indahny Gn. Gede Pangrango, karya kme9ahan TuHan y9 luaR biAsa…
    SumpeH deH, IndaH BuangeT!!!SamPah Dibawa lagi Yak…
    By:M@krispala “BLUE SKY” Cile90n

  27. KeReeeeeennnnnnn, gW dari dULu pEn6eN ke PangRango gak PeRnah nYamPe. Huh… Ada aJa alAsannya. Kali Ini Pun TeMen2 Mo pAda NaIk Gw Gak BiSa iKut, aDa kErJaan … Hik Hik… sEdih Bgt Tgl 8 mEi ini mU pada kE sana. gw pEngen iKut……

    BeRbahaGiaLah… BaGi KaLian yaNg dAh keSaNa.

  28. indah sekali tempatnya.
    foto-fotonya tajam.
    nanti malam, saya berangkat ke sana sm temen2 JSN…
    ini, untuk yg pertamakalinya!
    wah, –jadoel nih– kenapa ga dr dulu aja ya?? πŸ˜€
    thanks udah berbagi info, pengalaman n foto2nya πŸ™‚

  29. ada yang pada mau naek lege ga??? tanggal 4-5 juni kita pada mau kesana??? janjian di surya kencana yux !!! hehehe

  30. gw aj da sering ke sana ga bosen2,,ap karena gw di jkt x ya jadi irit di ongkos wkwkwkwkwkwk..!!maklum kantong pelajar.

  31. waduchhh………
    gunung gede tu mank saix bgd
    pkk’y ajibp bgd
    dlu w ksna ma cew w
    tp stlh tu w ptus dy ska ma tmen w
    tp gunun gede the best

  32. uhhh,subhanallah bgt…
    emank asik bgt tu klo dsana…

    fotonya gud chuy
    jd pgen lg ksana…
    tp skarang kudu pke poter,hiks,jd tmbah pengeluaran,
    jd seringnya ke cibereum aja dah..1/2nya gede
    kt demo nyo supaya ga pke poteran sgala…
    hahahaha

  33. Inilah Ciptaan Alloh Swt? tiada yang patut kita sombongkan kpd Nya…
    Alloh Swt Maha mengetahui apa yang belum kita Ketahui,…

  34. memang pling mengesankan naik gn.gede palagi dah sampae puncak dah tu bermlam d alun2…ga pernah bosen aq kgunung gede walaupun dah 4x..
    da yg mo kmri lg ajak2 ya,hehehe…

  35. emang bagussss,, walaw w dah
    = dr 27X naik ke sana ttp indahhh, tp sayang sampah nya banyak bgt,, n’ peraturannya kya mau masuk ke hotel bintang 5…

  36. pada tahun 2007 gwe pernah kesana lewat jalur cibodas…perjalanan malam hari begitu sampe puncak subhanallah indahnya alam ciptaan Allah ini…lelah dan letih terbayar dgn pemandangan ytg begitu menakjubkan susah di ungkapkan dgn kata2…Insya Allah tgl 14-15 mei 2010 ini kita mo kesana lgi lewat jalur selabintana

  37. Mas,
    Fotonya bagus-bagus .. Boleh ya minta izin pinjem foto-fotonya buat keperluan informasi pendakian untuk teman-teman alumni Smandel Jakarta ya. Nggak digunakan untuk keperluan komersial koq. Terimakasih banyak ya ..

  38. Edun foto-fotonya!

    Saya berangkat malam ini, doakan selamat sampai di tujuan hihi… Ntar cari angle yang sama ama foto-fotonya ah *kebanting ya biarin, lah emang soal kamera kan kan kan* =))

  39. kapan yach bisa ke pangrangro lagi, jadikangen nech sama keindhan alamnya,,,,,
    salam kenal gan,,,,,

  40. JANGAN KAMU KOTORI TEMPAT ITU DENGAN SAMPAH DAN PERBUATAN LAKNAT DAN NISTA!!!!! TOLONG PERLAKUKAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAIMANA ALAM TELAH MEMBERI KEHIDUPAN…. JANGAN SELALU MENYALAHKAN KEPADA YANG LAIN JIKA TERJADI SESUATU…. KARENA SEBETULNYA ITU BALASAN ATAS PERBUATAN KALIAN SENDIRI…. JANGAN MEMBUAT MALU KARENA TEMPAT ITU SEDANG DIPERSIAPKAN UNTUK TAMU-TAMU, BARAYA TERHORMATKU… SALAM KARAHAYUAN… TEDJAARUM-PEMEGANG AMANAT MENJAGA DAN MELINDUNGI GUNUNG AGEUNG

  41. subhanallah,,,banyak pengetahuan yang bisa diperoleh untuk mencapai puncak gunung..

    Gunung gede indah bgt,,gunung ceremai OK juga..

    πŸ™‚

    Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *